Diduga Simpan Harta Karun, Rumah Tua Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting Film Suzanna

Rabu, 30 Desember 2020 14:05 Reporter : Shani Rasyid
Diduga Simpan Harta Karun, Rumah Tua Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting Film Suzanna Rumah Tua Jatingaleh. ©2020 liputan6.com

Merdeka.com - Sebuah rumah tingkat bercat putih yang berada di Jalan Teuku Umar, kawasan perbukitan Jatingaleh, Kota Semarang itu sudah berusia lebih dari satu abad. Dibangun sejak tahun 1910, rumah itu merupakan peninggalan Gwi Tian Ji, seorang warga keturunan Tionghoa yang kaya raya pada masanya. Konon, walau kaya raya, namun Gwi Tian Ji sebenarnya tidak bekerja.

Dilansir dari Liputan6.com, ada asumsi yang menyebutkan kalau Gwi kaya berkat harta karun yang ditemukan di sekitar rumahnya. Harta karun itu konon merupakan peninggalan tentara Hindia Belanda pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Jan Williem Janssens pada tahun 1811.

Pemilik rumah saat ini, Kolonel Purn Nursahit membenarkan cerita tersebut. Bahkan dia mengaku pernah didatangi seorang purnawirawan asal Prancis, Jean Kneal untuk mencari tahu keberadaan harta karun itu.

“Jean Kneal menduga kalau di sekitar rumah ini tersimpan harta karun tentara Prancis. Pastinya, saya kurang tahu karena selama puluhan tahun tinggal di sini juga enggak pernah sepeser pun menemukan harta karun itu,” kata Nursahit dikutip dari Liputan6.com.

Lalu sebenarnya apakah benar bahwa rumah itu menyimpan harta karun? Berikut selengkapnya:

Baca Selanjutnya: Jejak Prancis di Kota Semarang...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jateng
  3. DIY
  4. Berita
  5. Semarang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini