Curriculum Vitae adalah Dokumen Penting Melamar Kerja, Ketahui Cara Pembuatannya

Selasa, 17 November 2020 13:01 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Curriculum Vitae adalah Dokumen Penting Melamar Kerja, Ketahui Cara Pembuatannya Ilustrasi curriculum vitae. ©Shutterstock/Constantine Pankin

Merdeka.com - Dalam melamar sebuah pekerjaan, tentu setiap orang perlu menyiapkan berbagai macam dokumen penting sebagai data diri. Berbagai macam dokumen ini bisa berupa KTP, ijazah sebagai sebagai dokumen tanda tamat belajar, transkrip nilai, hingga dokumen sertifikat kegiatan atau kursus yang menunjukkan kemampuan diri.

Bukan hanya itu, dokumen penting yang harus ada dan tidak boleh dilupakan saat melamar pekerjaan adalah CV. CV atau singkatan dariCurriculum Vitae adalah dokumen penting yang merinci pengalaman profesional dan riwayat pendidikan atau akademis yang telah didapatkan. Bukan hanya itu, CV ini juga mencakup beberapa informasi lainnya yang menunjukkan data diri serta berbagai pencapaian dan kemampuan yang dimiliki.

Dengan begitu, dapat dipahami bahwaCurriculum Vitae adalah dokumen yang merangkum beberapa informasi penting yang dibutuhkan sebagai data pelamar kerja. Dengan menyimak dokumen ini, pemberi kerja atau HRD suatu perusahaan dapat memahami data diri pelamar kerja beserta riwayat pendidikan dan pengalaman kerja yang sebelumnya didapatkan. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk menyeleksi pelamar kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Bagi Anda yang merupakan lulusan baru dan akan memasuki dunia kerja, perlu memahami beberapa informasi mengenai CV berikut. Anda bisa memahami pengertian CV, berbagai informasi yang wajib ada dan perlu dituliskan dalam CV serta beberapa tips untuk membuat CV yang menarik. Dilansir dari situs Indeed, kami merangkum beberapa informasi mengenai Curriculum Vitae adalah sebagai berikut.

Baca Selanjutnya: Pengertian CV...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini