Cegah Corona, Ini 4 Cara Supaya Tidak Sering Menyentuh Wajah

Minggu, 15 Maret 2020 13:00 Reporter : Ani Mardatila
Cegah Corona, Ini 4 Cara Supaya Tidak Sering Menyentuh Wajah 10 Pertanda dari wajah kala tubuh terserang penyakit. www.boldsky.com

Merdeka.com - Sembari menunggu vaksin untuk virus corona atau COVID-19, World Health Organization (WHO) beserta seluruh otoritas kesehatan di setiap negara yang terjangkit virus tersebut terus mengimbau untuk melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut.

Guna menghindari kepanikan namun tetap waspada, mereka menyarankan untuk tinggal di rumah apabila sedang sakit, menghindari keramaian terutama di wilayah yang diduga memiliki tingkat penyebaran tinggi, tidak terlalu dekat dengan orang yang sedang batuk, disiplin mencuci tangan, dan tidak sering menyentuh wajah.

Namun, menyentuh wajah merupakan hal yang kerap paling susah untuk diingat, terutama karena kita memang sering tidak sadar saat melakukannya.

"Hampir setiap orang terbiasa menyentuh wajah mereka," kata David Cutler, M.D., dokter pengobatan keluarga di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, CA, seperti yang dikutip dari Health.

"Dan ini sangat berbahaya ketika ada wabah infeksi seperti virus corona saat ini. Karena menyentuh wajah Anda (yaitu mulut, hidung, dan mata Anda) memungkinkan kuman di tangan Anda mencapai jaringan permukaan yang lembap dan berpori tempat kuman dapat masuk ke tubuh Anda dan menyebabkan infeksi,” lanjutnya.

"Kulit yang utuh di tangan Anda cukup tahan terhadap infeksi, tetapi jaringan mukosa yang melapisi mata, hidung, dan mulut Anda tidak begitu kuat."

Baca Selanjutnya: Penyebaran Virus Corona...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Berita Jateng
  3. Jateng
  4. Ragam
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini