Cara Mudah Mengajari Anak Rawat Kesehatan Gigi dengan Baik

Senin, 17 Februari 2020 14:28 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Cara Mudah Mengajari Anak Rawat Kesehatan Gigi dengan Baik CARA MUDAH MENGAJARI ANAK RAWAT KESEHATAN GIGI DENGAN BAIK. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Gigi merupakan bagian yang memainkan peranan cukup penting pada tubuh manusia. Sebagai salah satu bagian dari organ pencernaan, gigi dibutuhkan untuk mengolah makanan menjadi lebih halus sebelum masuk ke dalam lambung. Jika proses mengunyah dalam mulut ini tidak dilakukan dengan baik, lambung dan organ pencernaan lainnya pun akan bekerja lebih berat.

Demi menjaga fungsi gigi tetap optimal, penting untuk memperhatikan kesehatan gigi dengan baik. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga perlu merawat gigi dengan baik sedari kecil.

Ini memang bukan hal yang mudah diterapkan. Sehingga diperlukan kesabaran dan ketekunan bagi orang tua dalam menumbuhkan kesadaran anak untuk mulai menjaga kesehatan gigi dengan baik.


Berikut Merdeka.com merangkum cara-cara mudah yang bisa diterapkan kepada anak:

1 dari 4 halaman

Rawat Gigi Si Kecil Saat Sudah Tumbuh

cara mudah mengajari anak rawat kesehatan gigi dengan baik

2020 Merdeka.com/ ilustrasi

Saat si kecil masih bayi dan mulai tumbuh gigi, sudah waktunya untuk mulai merawat dan menjaga kebersihan gigi si kecil. Walaupun gigi susu yang tumbuh nantinya akan berganti dengan gigi permanen, tidak salah merawatnya sejak sedini mungkin.

Merawat dan menjaga kebersihan gigi bayi bisa dilakukan dengan menggunakan kain halus yang dibasahi air, lalu usapkan secara perlahan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi si kecil.

2 dari 4 halaman

Berikan Pengertian Pentingnya Merawat Gigi

cara mudah mengajari anak rawat kesehatan gigi dengan baik

2020 Merdeka.com

Sedari kecil mulailah untuk memberikan pengertian kepada anak tentang pentingnya menjaga kebersihan dan merawat gigi dengan baik. Mudahnya gunakan setiap kesempatan yang baik untuk menjelaskan bahwa gigi perlu dibersihkan setiap kali selesai makan dan sebelum tidur di malam hari.

Atau bisa juga, saat anak makan-makanan manis seperti permen atau coklat, berilah pengertian bahwa makan-makanan manis seperti itu bisa menyebabkan gigi berlubang jika tidak dibersihkan dengan baik.

3 dari 4 halaman

Ajarkan Menggosok Gigi

cara mudah mengajari anak rawat kesehatan gigi dengan baik

2020 Merdeka.com/ ilustrasi

Saat membantu anak mandi di pagi dan sore hari, akan lebih baik libatkan anak untuk belajar menggosok gigi sendiri. Walaupun belum sempurna, inilah waktu yang baik untuk mengajarkan anak bagaimana menggosok gigi yang baik dan benar.

Ketika anak mempraktikkan sendiri cara menggosok gigi, berikan arahan yang jelas langkah demi langkahnya. Akan lebih baik, jika orang tua juga ikut menirukan gerakan menggosok gigi, supaya anak dapat melihat contoh yang jelas.

4 dari 4 halaman

Biasakan Menggosok Gigi Secara Rutin

cara mudah mengajari anak rawat kesehatan gigi dengan baik

2020 Merdeka.com/ ilustrasi

Setelah mengajarkan anak cara menggosok gigi yang baik dan benar, lebih lengkap bila kebiasaan menggosok gigi tersebut dilakukan rutin setiap hari. Kebiasaan menggosok gigi ini dapat dilakukan setiap kali mandi dan di malam hari sebelum tidur.

Membiasakan anak menggosok gigi di malam hari menjelang tidur memang bukan suatu hal yang mudah. Tetapi orang tua bisa mengajaknya untuk menggosok gigi bersama. Dengan demikian, kebiasaan menggosok gigi pun dapat dilakukan dengan menyenangkan. [ayi]

Baca juga:
Rasa Nyeri dan Sakit di Gigi Ternyata Merupakan Mekanisme Pertahanan
Benarkah Scaling Bisa Membuat Gigi Menjadi Lebih Tipis?
Efektifkah Berkumur Air Garam untuk Mengatasi Sakit Gigi?
Kenali Odontophobia, Ketakutan untuk Datang ke Dokter Gigi, Kamu Mengalaminya?
Obesitas Bisa Jadi Penyebab Munculnya Penyakit pada Gusi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini