Cara Mulai Gaya Hidup Sustainable yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang

Selasa, 18 Februari 2020 05:24 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Cara Mulai Gaya Hidup Sustainable yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang Berkebun, salah satu aktivitas menyenangkan dan ramah lingkungan saat Earth Day. ©2012 homegardeninghowto.com

Merdeka.com - Dampak kerusakan lingkungan dan perubahan iklim dunia semakin hari semakin terasa. Berbagai macam kejadian di seluruh penjuru dunia yang terjadi beberapa waktu terakhir ini, seolah menjadi bukti nyata dari kerusakan bumi. Seperti peristiwa kebakaran hutan Amazon dan Australia yang sangat masif telah menghancurkan sekian hektar ekosistem alam. Sedangkan di Indonesia, bencana banjir yang melanda sejumlah kota besar beberapa waktu lalu juga menjadi contoh adanya kerusakan lingkungan.


Peristiwa bencana alam yang di terjadi berbagai belahan dunia tersebut, tidak lain disebabkan karena belum adanya kesadaran penuh manusia dari setiap perilaku yang dilakukan. Di Indonesia contohnya, perilaku hemat energi masih belum dipahami dan diterapkan oleh setiap individu. Seperti mengisi daya baterai smartphone yang terlalu lama, tidak mencabut kabel elektronik dari colokan listrik, semakin banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi, atau mandi dengan air yang berlimpah.


Bahkan Indonesia saat ini masih menghadapi masalah besar yang belum terselesaikan yaitu sampah. Dikatakan bahwa Indonesia merupakan negara terbesar kedua setelah China sebagai penyumbang sampah di dunia. Terutama sampah plastik. Dari segi harga yang murah dan mudah didapatkan, plastik menjadi sampah sekali pakai yang sering terbuang begitu saja setelah digunakan. Walaupun beberapa daerah sudah menerapkan regulasi, namun penggunaan plastik beberapa daerah lain masih digunakan secara bebas.


Ini kemudian menjadi suatu kesadaran bagi sebagian masyarakat untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan. Salah satu yang menawarkan tujuan ini adalah gaya hidup sustainable. Sustainable living merupakan gaya hidup yang penuh kesadaran untuk meminimalisir dampak buruk terhadap lingkungan.


Merdeka.com merangkum beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk memulai gaya hidup berkelanjutan atau sustainable living.

1 dari 6 halaman

Menjadi Conscious Consumer

cara memulai gaya hidup sustainable yang bisa kamu lakukan dari sekarang

2020 Merdeka.com

Memulai langkah awal untuk hidup yang lebih ramah lingkungan, bisa dilakukan dengan belajar menjadi conscious consumer. Menjadi conscious consumer perlu mengubah pola pikir kita dalam kegiatan konsumsi. Setiap hendak mengonsumsi sesuatu atau membeli barang baru sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu dengan penuh kesadaran. Apakah barang itu sesuatu yang dibutuhkan atau hanya keinginan. Apakah barang itu dapat digunakan secara berkelanjutan atau tidak. Apakah sudah mempunyai barang lain yang serupa dan berfungsi sama. Apakah kita dapat bertanggung jawab dengan sampahnya jika sudah tidak terpakai.

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu perlu ditanyakan kepada diri sendiri sebelum membeli atau mengonsumsi sesuatu. Supaya nantinya barang atau apapun yang dikonsumsi tidak berujung menjadi sampah dan terbuang begitu saja ketika sudah tidak terpakai.

2 dari 6 halaman

Kurangi Penggunaan Plastik

cara memulai gaya hidup sustainable yang bisa kamu lakukan dari sekarang

2020 Merdeka.com

Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk memulai hidup sustainable adalah dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dalam keseharian. Langkah ini bisa dilakukan dengan membiasakan membawa tas belanja ketika berbelanja di supermarket maupun di pasar tradisional. Walaupun sebagian besar pasar tradisional secara otomatis memberikan kantong plastik kepada pembeli, tetapi bisa diusahakan untuk menolak setiap kali hendak diberikan kantong plastik.

Selain itu, juga dapat menghindari atau mengurangi pembelian botol minum plastik sekali pakai. Ini dapat disiasati dengan membiasakan diri membawa botol minum yang dapat dipakai secara terus menerus. Walaupun awalnya akan terasa sulit, tetapi jika dibiasakan lama-lama akan mudah dijalani. Dalam hal ini bukan berarti harus sempurna, jika beberapa kali gagal dimaklumi. Yang menjadi hal penting adalah mau mencoba untuk memperbaiki diri.

3 dari 6 halaman

Membiasakan Perilaku Hemat Energi

hemat energi

hemat listrik

2020 Merdeka.com

Hal lain yang bisa dicoba sebagai langkah awal adalah membiasakan perilaku hemat energi. Misalnya mematikan lampu jika tidak lagi digunakan, menghemat daya listrik dengan mencabut kabel elektronik selesai digunakan, tidak mengisi baterai smartphone terlalu lama serta menggunakan mesin cuci atau setrika setiap hari.

Selain itu perilaku hemat energi juga dapat dilakukan dengan memilih berjalan kaki ketika akan ke luar rumah dengan jarak yang tidak jauh. Atau bisa mencoba menggunakan kendaraan umum ketika berangkat sekolah atau ke kantor. Jika perilaku ini bisa dibiasakan dalam kegiatan sehari-hari, artinya sudah turut berkontribusi menurunkan suhu panas bumi. Apalagi manfaat ini akan lebih terasa jika banyak orang yang mulai melakukan.

4 dari 6 halaman

Mengurangi Konsumsi Sumber Daya Alam yang Berlebihan

cara memulai gaya hidup sustainable yang bisa kamu lakukan dari sekarang

2020 Merdeka.com

Dalam sehari-hari sering kali kita makan terlalu banyak yang kemudian tidak habis dan terbuang begitu saja. Atau juga kebiasaan mandi dengan air yang melimpah menjadi perilaku buruk yang berdampak pada pemborosan konsumsi sumber daya alam. Hal ini juga menjadi perhatian dalam gaya hidup sustainable, yaitu perlu membiasakan sikap cukup pada hal-hal yang digunakan sehari-hari. Ketika makan sebaiknya mengambil secukupnya agar tidak membuang makanan jika tidak habis.

Begitu juga saat mandi, perlu dibiasakan untuk mengurangi penggunaan air yang berlebihan. Sama halnya dengan kegiatan mencuci baju dan piring. Selain itu kebiasaan lain yang perlu dilakukan adalah mematikan aliran air jika sudah tidak digunakan. Hal-hal semacam ini dilakukan agar tidak membuang sumber daya alam dengan sia-sia.

5 dari 6 halaman

Mengelola Sampah dengan Baik

tempat sampah

2020 Merdeka.com

Mulai mengelola sampah dengan baik juga dapat dilakukan untuk hidup yang lebih ramah lingkungan. Bisa dengan cara memisahkan berbagai sampah ke dalam tempat yang berbeda. Ini bisa dilakukan dengan menyediakan beberapa ember atau tempat sampah yang nantinya diberi nama sesuai jenisnya, seperti sampah organik, plastik, kertas, kaca, dan elektronik.

Sampah-sampah yang sudah terpisah sesuai jenisnya tersebut akan memudahkan dalam pengelolaan selanjutnya. Misalnya sampah organik yang sudah dipisahkan kemudian dapat diolah menjadi kompos. Kemudian sampah kertas, plastik, kaca dan elektronik bisa dipilah-pilah untuk didaur ulang.

6 dari 6 halaman

Mulai Menanam

cara memulai gaya hidup sustainable yang bisa kamu lakukan dari sekarang

2020 Merdeka.com

Cara mudah terakhir adalah mulai menanam pohon atau tanaman di rumah. Tanaman ini bisa bermacam-macam jenisnya sesuai dengan selera. Misalnya menanam tanaman hias seperti lidah mertua, lidah buaya atau kaktus di dalam rumah sekaligus bisa sebagai interior. Selain itu bisa tanaman sayuran yang bisa ditanam di pot kecil seperti seledri, daun bawang, bayam, sawi hijau dan lain sebagainya. Dengan menanam tanaman di rumah, setidaknya bisa memperbaiki kualitas oksigen di dalam dan sekitar rumah.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini