Cara Mulai Gaya Hidup Sustainable yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang

Selasa, 18 Februari 2020 05:24 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Cara Mulai Gaya Hidup Sustainable yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang Berkebun, salah satu aktivitas menyenangkan dan ramah lingkungan saat Earth Day. ©2012 homegardeninghowto.com

Merdeka.com - Dampak kerusakan lingkungan dan perubahan iklim dunia semakin hari semakin terasa. Berbagai macam kejadian di seluruh penjuru dunia yang terjadi beberapa waktu terakhir ini, seolah menjadi bukti nyata dari kerusakan bumi. Seperti peristiwa kebakaran hutan Amazon dan Australia yang sangat masif telah menghancurkan sekian hektar ekosistem alam. Sedangkan di Indonesia, bencana banjir yang melanda sejumlah kota besar beberapa waktu lalu juga menjadi contoh adanya kerusakan lingkungan.


Peristiwa bencana alam yang di terjadi berbagai belahan dunia tersebut, tidak lain disebabkan karena belum adanya kesadaran penuh manusia dari setiap perilaku yang dilakukan. Di Indonesia contohnya, perilaku hemat energi masih belum dipahami dan diterapkan oleh setiap individu. Seperti mengisi daya baterai smartphone yang terlalu lama, tidak mencabut kabel elektronik dari colokan listrik, semakin banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi, atau mandi dengan air yang berlimpah.


Bahkan Indonesia saat ini masih menghadapi masalah besar yang belum terselesaikan yaitu sampah. Dikatakan bahwa Indonesia merupakan negara terbesar kedua setelah China sebagai penyumbang sampah di dunia. Terutama sampah plastik. Dari segi harga yang murah dan mudah didapatkan, plastik menjadi sampah sekali pakai yang sering terbuang begitu saja setelah digunakan. Walaupun beberapa daerah sudah menerapkan regulasi, namun penggunaan plastik beberapa daerah lain masih digunakan secara bebas.


Ini kemudian menjadi suatu kesadaran bagi sebagian masyarakat untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan. Salah satu yang menawarkan tujuan ini adalah gaya hidup sustainable. Sustainable living merupakan gaya hidup yang penuh kesadaran untuk meminimalisir dampak buruk terhadap lingkungan.


Merdeka.com merangkum beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk memulai gaya hidup berkelanjutan atau sustainable living.

Baca Selanjutnya: Menjadi Conscious Consumer...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini