Cara Claim BPJS Ketenagakerjaan Online, Ketahui Persyaratan dan Tahapannya

Jumat, 18 September 2020 06:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Cara Claim BPJS Ketenagakerjaan Online, Ketahui Persyaratan dan Tahapannya BPJS Ketenagakerjaan. ©bpjsketenagakerjaan.co.id

Merdeka.com - BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu program pemerintah yang diadakan untuk memberikan perlindungan dan hak untuk seluruh tenaga kerja di Indonesia. Dalam hal ini, BPJS Ketenagakerjaan memberikan beberapa jaminan yang dapat memberikan manfaat bagi tenaga kerja, selama masih aktif bekerja hingga ketika sudah berhenti bekerja atau pensiun. Dengan begitu, hak-hak setiap tenaga kerja dapat terlaksanakan dengan baik.

Dalam hal ini, biasanya BPJS Ketenagakerjaan menjadi mitra kerja sama bagi berbagai perusahaan atau industri yang menjalankan bisnis di Indonesia. Bahkan hampir semua perusahaan di Indonesia menggandeng BPJS Ketenagakerjaan sebagai mitra untuk memberikan perlindungan dan hak bagi tenaga kerjanya.

Di sini, perusahaan mendaftarkan seluruh karyawannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian, perusahaan akan membayarkan iuran per bulan kepada BPJS Ketenagakerjaan yang didapat dari potongan gaji setiap karyawannya.

Dalam pelaksanaannya, BPJS Ketenagakerjaan menjalankan 4 program untuk pemenuhan hak dan perlindungan tenaga kerja. Program ini meliputi program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, dan Jaminan Pensiun bagi tenaga kerja beserta keluarganya.

Dari keempat program ini, peserta hanya bisa mendapatkan claim Jaminan Hari Tua saja. Claim program ini dapat dicairkan berupa uang yang kemudian dapat dimanfaatkan oleh tenaga kerja.

Selain dapat dilakukan secara langsung, pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan ini dapat dilakukan secara online. Cara claim BPJS Ketenagakerjaan online pun sangat mudah, yaitu dengan mengakses situs resmi yang telah disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Bagi Anda yang terdaftar sebagai peserta, perlu mengetahui cara claim BPJS Ketenagakerjaan online berikut. Melansir dari situs Indonesia.go.id, berikut kami rangkum beberapa cara claim BPJS Ketenagakerjaan online yang perlu Anda perhatikan.

Baca Selanjutnya: Cara Claim BPJS Ketenagakerjaan Online...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini