Bertambah Jadi 102 Kasus, Ini 5 Fakta Terbaru Perkembangan COVID-19 di Gunung Kidul

Selasa, 28 Juli 2020 21:15 Reporter : Shani Rasyid
Bertambah Jadi 102 Kasus, Ini 5 Fakta Terbaru Perkembangan COVID-19 di Gunung Kidul Pantai Kukup. ©2016 Merdeka.com/isn

Merdeka.com - Kasus COVID-19 di berbagai daerah terus bertambah, tak terkecuali di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada Selasa (28/7), Dinas Kesehatan Gunung Kidul melaporkan bahwa ada penambahan enam kasus COVID-19 sehingga total jumlah kasus di kabupaten itu sebanyak 102 pasien.

“Hari ini di Gunung Kidul ada penambahan kasus yang merupakan pengembangan dari klaster tenaga kesehatan dan Wonosari,” ungkap Kepala Dinkes Gunung Kidul, Dewi Irawaty dikutip dari ANTARA. Berikut selengkapnya:

1 dari 5 halaman

Daftar Kasus Baru

ilustrasi corona

©2020 Merdeka.com/shutterstock

Dewi mengatakan, penambahan kasus baru COVID-19 itu terdiri dari dua klaster, yaitu klaster Wonosari dan klaster tenaga kesehatan. Pada klaster Wonosari, terdapat penambahan pasien positif baru yaitu perempuan berumur 5 tahun dan perempuan 15 tahun. Keduanya merupakan warga Kecamatan Wonosari.

Sementara itu dari klaster tenaga kesehatan, ada perempuan 31 tahun warga Wonosari, laki-laki 35 tahun warga Gedangsari, laki-laki umur 50 tahun warga Kecamatan Ponjong, dan laki-laki 32 tahun warga Kecamatan Semin.

2 dari 5 halaman

Gencarkan Penelusuran

tes swab ibu hamil

©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Dari semakin banyaknya ditemukan kasus positif, Dinkes Gunung Kidul terus melakukan penelusuran di fasilitas-fasilitas kesehatan yang tersebar di 18 kecamatan di kabupaten itu. Tak hanya itu, Dinkes juga melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin, yakni pada pagi hari sebelum pelayanan dan siang sesudah pelayanan.

"Selain itu, ke depan para pegawai fasilitas kesehatan harus meningkatkan imunitas tubuhnya dan lebih ketat melaksanakan protokol kesehatan. Meskipun demikian, penularan bisa saja terjadi dari luar keluarga dan lingkungannya," kata Dewi dikutip dari ANTARA pada Selasa (28/7).

3 dari 5 halaman

Perkembangan Kasus COVID-19 di Gunung Kidul

Berdasarkan data Dinas Kesehatan, perkembangan pasien positif COVID-19 di Gunung Kidul totalnya sampai hari ini sebanyak 102 kasus, dengan rincian 61 pasien sembuh, 39 pasien masih dirawat di rumah sakit, dan dua orang meninggal dunia.

Sementara itu, total spesimen yang sudah diuji per Selasa (28/7) adalah sebanyak 1.879 dengan rincian, hasil negatif sebanyak 1.530 dan kasus positif terkonfirmasi sebanyak 102 kasus. Spesimen yang masih dalam proses sebanyak 247.

4 dari 5 halaman

Ratusan Ribu Wisatawan Kunjungi Objek Wisata di Gunung Kidul

001 tantri setyorini

© Duowallpaper.com/Cungkrink Photography

Sementara itu, sebanyak 100.089 wisatawan mengunjungi objek wisata di Gunung Kidul selama uji coba pembukaan dalam menghadapi era new normal sejak Senin, 22 Juni lalu. Dari total kunjungan wisatawan itu, terkumpul dana Rp842,98 juta. Walaupun mendapatkan dana, tapi dinas pariwisata Gunung Kidul tidak menargetkan apapun dari kunjungan wisata itu.
"Kami tidak menargetkan kunjungan wisatawan pada masa pandemi COVID-19 ini. Kita menyadari kondisi saat ini tidak memungkinkan kami memasang target yang banyak. Kami hanya menekankan supaya pelaku wisata dan jasa usaha pariwisata menerapkan protokol kesehatan secara ketat supaya tidak menyebabkan klaster baru dari pariwisata," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Hary Sukmono dikutip dari ANTARA pada Senin (27/7).

5 dari 5 halaman

Didominasi Wisatawan Pantai

tunggal

© Instagram/irokartotrans

Hary mengatakan setidaknya ada 25 destinasi wisata yang telah diuji coba secara terbatas mulai dari sektor pantai, pegunungan, susur sungai, serta destinasi wisata lain. Seluruh destinasi wisata pantai yang memanjang sejauh 72 kilometer-pun dibuka untuk menghindari penumpukan wisatawan di satu titik.

"Lebih dari 80 persen, kunjungan wisatawan didominasi di kawasan pantai. Wisatawan ingin menikmati suasana pantai untuk menghilangkan kepenatan,"kata Hari.

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini