Diadakan Rutin, Ini Potret Pentas Musik Kraton Jogja di Hari Kebangkitan Nasional

Minggu, 22 Mei 2022 06:08 Reporter : Shani Rasyid
Diadakan Rutin, Ini Potret Pentas Musik Kraton Jogja di Hari Kebangkitan Nasional Pentas Musikan Mandalasana. ©YouTube/Kraton Jogja

Merdeka.com - Setiap 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Pada momen itu, berdirilah organisasi Budi Utomo di mana ada satu tujuan pada organisasi itu untuk mempersatukan bangsa Indonesia demi terwujudkan kemerdekaan.

Setiap instansi maupun individu punya cara masing-masing dalam memperingati hari penting itu. Begitu pula yang dilakukan Kraton Yogyakarta. Mereka mengadakan pertunjukan musik bertajuk “Pentas Musikan Mandalasana” yang digelar Jumat (20/5), pukul 16.00.
Berikut keseruannya:

2 dari 4 halaman

Diadakan Rutin

pentas musikan mandalasana
©YouTube/Kraton Jogja

Pertunjukan musik Mandalasana rutin digelar tiap tahun untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Pada tahun 2021, Kraton Yogyakarta juga menggelar acara serupa.

“Momentum hari ini bertujuan untuk menggugah ingatan kita bahwa Indonesia Raya membuat kita bangkit. Dengan amalan bangunlah jiwanya, bangunlah badannya dapat memperteguh semangat kebangsaan dalam membangun Indonesia yang maju dan bermartabat,” ujar Sri Sultan HB X dalam pidatonya di Hari Kebangkitan Nasional pada tahun 2021.

3 dari 4 halaman

Lagu yang Dibawakan

pentas musikan mandalasana
©YouTube/Kraton Jogja

Dalam pentas kali itu, para abdi dalem yang bermain musik membawakan sembilan buah lagu di antaranya Indonesia Raya, Pambuka: Gati Mardawa, Mars Pancasila, Indonesia Pusaka, Sepasang Mata Bola, Tanah Airku, Medley Lagu Daerah, dan Bagimu Negeri.
Para abdi dalem membawakan lagu itu dengan aransemen khas suara saxophone, terompet, dan drum.

Warganet Meminta Achor

pentas musikan mandalasana
©YouTube/Kraton Jogja

Pentas musik itu disiarkan secara live melalui akun YouTube Kraton Jogja. Saat pentas musik sudah berakhir, para penonton yang hadir secara virtual meminta “achor” melalui kolom komentar. Hal itu ditanggapi dengan para pemain musik dengan memainkan tembang “lir-ilir”.

4 dari 4 halaman

Komentar Warganet

pentas musikan mandalasana
©YouTube/Kraton Jogja

Banyak warganet yang memberikan pujian melalui kolom komentar. Mereka berharap kesenian seperti itu bisa dilestarikan.

“Luar biasa penampilan Kanjeng Albert Wishnu. Lagu keroncong dibawakan dengan style seriosa. Keren abis,” tulis hemster.

“Luar biasa solois bang Albert Wishnu. Sungguh bangga pernah menjadi anak didik panjenengan di PSM UGM. Salam hormat. Proviciat,” tulis BangKu TiMo.

“Bersyukur pada Tuhan. Pementasan baik solo vocalnya mantap. Good job nang,” tulis Indrijati Lukistijah.

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini