Banyak yang Jadi Pejabat, Ini Kisah Kehidupan Keturunan Jawa di Kepulauan Pasifik

Kamis, 1 April 2021 10:05 Reporter : Shani Rasyid
Banyak yang Jadi Pejabat, Ini Kisah Kehidupan Keturunan Jawa di Kepulauan Pasifik Orang Jawa di New Caledonia. ©2021 liputan6.com

Merdeka.com - New Caledonia adalah sebuah negara kepulauan kecil yang terletak di Samudra Pasifik. Kepulauan itu pertama kali ditemukan oleh penjelajah James Cook pada 4 September 1774. Ia menamakan kepulauan ini “Caledonia” karena teringat oleh nama kampung halamannya di Skotlandia. Kini, negara itu masih berstatus jajahan Prancis.

Dilansir dari Wikipedia.com, orang-orang Jawa di negara kepulauan itu dulunya termasuk yang terbesar. Kedatangan orang Jawa di New Caledonia pertama kali terjadi pada 16 Februari 1896 untuk bekerja di tambang nikel. Setelah kontrak mereka habis, sebagian dari mereka ada yang kembali ke Jawa namun ada pula yang memilih menetap di New Caledonia.

Seiring berjalannya waktu, orang-orang Jawa yang memilih tinggal di New Caledonia menikah dan menghasilkan keturunan yang masih bisa ditemukan di negara itu kini. Lantas bagaimana kehidupan para keturunan Jawa di negara kepulauan itu?

Baca Selanjutnya: Banyak yang Jadi Pejabat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini