Banyak Tempat Dilanda Banjir, Pakar UGM Ini Ungkap Penyebabnya

Kamis, 25 Februari 2021 20:46 Reporter : Shani Rasyid
Banyak Tempat Dilanda Banjir, Pakar UGM Ini Ungkap Penyebabnya Banjir Jakarta. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Akhir-akhir ini, banyak daerah di Indonesia yang dilanda banjir. Banjir yang terjadi di negeri ini salah satunya disebabkan oleh curah hujan yang tinggi. Apalagi pada akhir Oktober tahun lalu, fenomena La Nina membuat curah hujan naik ekstrem hingga 40 persen dan membuat gelombang air laut tinggi.

Namun menurut Dr. Ir. Transtoto, rimbawan senior lulusan UGM dan University Of Wisconsin, walaupun curah hujan termasuk besar, namun banjir besar tetap tidaklah boleh terjadi. Hal ini karena faktor utama penyebab banjir bukanlah curah hujan yang tinggi.

“Tidak tepatnya penataan ruang, perilaku manusia terhadap lahan dan sungai, termasuk perilaku menyampah, serta kecurangan dan korupsi di hampir semua pihak yang terlibat dalam proses pengelolaan hutan dan lahan yang menjadi penyebab banjir,” kata Transtoto dikutip dari Kagama.co pada Rabu (24/2).

Akademisi UGM yang juga Ketua Umum Yayasan Peduli Hutan Indonesia (YPHI) itu menyayangkan perilaku manusia dalam memperlakukan lahan hutan maupun nonhutan. Selain itu dia menilai perlakuan terhadap lahan hak milik, sungai, danau, dan rawa sudah sangat tidak terkendali. Berikut selengkapnya:

Baca Selanjutnya: Meluasnya Eksploitasi Hutan...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. DIY
  3. Jateng
  4. Berita
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini