Bangunan Tua di Purworejo Ini Jadi Rumah Masa Kecil Ahmad Yani, Begini Potretnya

Senin, 3 Oktober 2022 16:08 Reporter : Shani Rasyid
Bangunan Tua di Purworejo Ini Jadi Rumah Masa Kecil Ahmad Yani, Begini Potretnya Rumah masa kecil Ahmad Yani. ©YouTube/Liputan6

Merdeka.com - Jenderal Ahmad Yani adalah salah satu Pahlawan Revolusi. Dia merupakan salah satu jenderal yang meninggal saat pecah peristiwa G30S PKI.

Selama perang kemerdekaan, ia ikut berjuang dalam peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949. Setelah itu, dia sempat ikut penumpasan pemberontakan Darul Islam pada tahun 1952. Sempat belajar di Komando Staff Umum College, Kansas, Amerika Serikat, ia meninggal dalam peristiwa G30S PKI 1965.

Semasa kecil, Ahmad Yani tinggal di kampung halamannya di Purworejo. Rumah masa kecilnya itu masih dapat ditemukan sampai sekarang. Bagaimana potretnya? Berikut selengkapnya:

2 dari 5 halaman

Saksi Bisu Sejarah

rumah masa kecil ahmad yani

©YouTube/Liputan6

Bangunan tua sederhana yang berada di Desa Rendeng, Kecamatan Gebang, Purworejo itu menjadi saksi bisu sejarah panjang perjuangan bangsa. Di rumah inilah Jenderal Anumerta Ahmad Yani tinggal bersama kedua orang tuanya dan dua adik perempuannya.

Ahmad Yani lahir di Purworejo pada tahun 1922. Saat itu, keluarganya bekerja di sebuah pabrik gula milik Belanda.

3 dari 5 halaman

Pendidikan Ahmad Yani

rumah masa kecil ahmad yani

©YouTube/Liputan6

Ahmad Yani mengawali pendidikannya di HIS Bogor yang ia selesaikan pada tahun 1935. Ia kemudian melanjutkan sekolah di MULO dan tamat pada tahun 1936.

Setelah tahun 1942, ia mengikuti pendidikan HEIHO di Magelang. Dari sanalah ia bisa masuk ke regu tentara Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor. Dengan terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat (TKR), ia diangkat menjadi komandan di Purwokerto.

4 dari 5 halaman

Punya Jiwa Kepemimpinan

rumah masa kecil ahmad yani

©YouTube/Liputan6

Erna Susilowati, keponakan Almarhum Jenderal Ahmad Yani, mengatakan bahwa pamannya itu sudah memiliki jiwa kepemimpinan sejak kecil. Hal ini terlihat terutama saat ia bermain dengan teman-temannya.

“Pada waktu itu ia selalu ingin menjadi sosok pemimpin. Terus kalau dengan adik-adiknya, dia amat sayang sekali,” kata Erna, mengutip dari YouTube Liputan 6 pada Senin (3/10).

5 dari 5 halaman

Dirikan Sekolah di Desa

rumah masa kecil ahmad yani

©YouTube/Liputan6

Semasa hidupnya, Jenderal Ahmad Yani pernah mendirikan sekolah di desanya. Waktu itu ia tergerak membangun sekolah karena memang tidak ada sekolah lain di desanya. Namun saat peletakan batu pertama, terjadilah peristiwa G30S PKI yang menewaskan dirinya.

Sebagai tanda tempat dia berasal, tak jauh dari rumah itu didirikan Monumen Jenderal Ahmad Yani. Diharapkan dengan adanya monumen itu, semangat Ahmad Yani terus terjaga dalam menjaga NKRI dan Pancasila.

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini