Atasi Krisis Keuangan, Kagama Bahas Legalitas Pembiayaan UMKM dan Start Up

Selasa, 23 Februari 2021 11:02 Reporter : Shani Rasyid
Atasi Krisis Keuangan, Kagama Bahas Legalitas Pembiayaan UMKM dan Start Up Kupas Tuntas Legalitas UMKM. ©YouTube/Kagama TV

Merdeka.com - Di masa pandemi, Indonesia mengalami krisis. Banyak warga yang dirumahkan sehingga tak memperoleh pendapatan. Begitu pula dengan pelaku usaha. Imbauan untuk berada di rumah saja membuat perekonomian lesu. Akibatnya, daya beli masyarakat menurun.

Salah satu sektor yang terdampak dengan adanya pandemi ini adalah sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Daya beli masyarakat yang menurun membuat mereka tak memperoleh penghasilan. Pemerintah berusaha membantu perekonomian. Harapannya dengan pertumbuhan ekonomi UMKM bisa turut memberi sumbangsih dalam pemulihan ekonomi yang terdampak selama pandemi.

Salah satu hal yang disoroti dari UMKM itu adalah aspek legalitas. Menurut Ketua Kagama Bantuan Hukum, Romulo Silaen, adanya aspek legalitas akan membuat UMKM terhindar dari persoalan hukum dan memudahkan dia untuk mendapatkan investor.
Hal itulah yang dibahas dalam acara webinar bertajuk “Kupas Tuntas Aspek Legalitas Pembiayaan Start Up” yang diselenggarakan Kagama UGM pada Sabtu (20/2).

Selain Romulo, dalam acara itu hadir juga perwakilan institusi para pemodal, Ketua Kahgama Otto Hasibuan, Ketua Ikatan Notaris Indonesia Yualita Widyadari, dan juga pendiri Kagama sekaligus Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Lantas apa saja yang dibahas dalam Webinar itu?

Baca Selanjutnya: Pentingnya Legalitas Bagi UMKM dan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini