AMDAL adalah Analisis Dampak Lingkungan, Ketahui Tujuan dan Jenisnya

Kamis, 4 Maret 2021 06:15 Reporter : Ayu Isti Prabandari
AMDAL adalah Analisis Dampak Lingkungan, Ketahui Tujuan dan Jenisnya Ilustrasi polusi air. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Lingkungan menjadi faktor penting dalam menunjang kehidupan manusia. Dalam hal ini, lingkungan menyediakan berbagai macam sumber daya yang bisa dimanfaatkan oleh manusia dalam kebutuhan sehari-hari. Selain untuk pemenuhan kebutuhan pokok, lingkungan juga menyediakan kekayaan alam lain yang sering dimanfaatkan untuk tujuan bisnis.

Meskipun berlimpah dan bisa dimanfaatkan, namun bukan berarti manusia bisa mengambil tanpa aturan. Manusia perlu menjaga lingkungan tetap asri dan stabil agar keseimbangan ekosistem dan kehidupan dapat berjalan dengan baik. Jika tidak hal ini tentu akan menyebabkan berbagai kerusakan yang menimbulkan kerugian bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Dengan begitu, tidak heran jika saat ini berbagai kegiatan bisnis yang memanfaatkan sumber daya alam perlu memperhatikan AMDAL. AMDAL adalah singkatan dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan yang perlu diterapkan dalam setiap pengambilan keputusan suatu usaha atau kegiatan. Hal ini tidak lain untuk mengurangi risiko dan dampak buruk dari kerusakan yang ditimbulkan akibat sikap eksploitasi kekayaan alam.

Dalam hal ini, berbagai perusahaan atau pelaku bisnis harus menyerahkan rencana AMDAL sebelum melakukan kegiatan. Pemerintah juga perlu terus mengawasi berbagai kegiatan pelaku bisnis untuk menjaga kestabilan lingkungan dan kehidupan di Indonesia. Bukan hanya pemerintah, masyarakat juga perlu memahami tentang berbagai analisis dampak lingkungan untuk ikut berpartisipasi dalam melakukan pengawasan.

Dilansir dari situs Guru Pendidikan, kami merangkum pengertian, tujuan, jenis, dan berbagai informasi penting tentang AMDAL adalah sebagai berikut.

Baca Selanjutnya: Mengenal AMDAL...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jateng
  3. Berita Jateng
  4. Ragam
  5. Amdal
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini