9 Manfaat Kesemek, Tingkatkan Sistem Metabolisme Tubuh hingga Turunkan Berat Badan

Senin, 30 Maret 2020 16:30 Reporter : Novi Fuji Astuti
9 Manfaat Kesemek, Tingkatkan Sistem Metabolisme Tubuh hingga Turunkan Berat Badan Ilustrasi kesemek. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/9comeback

Merdeka.com - Buah kesemek merupakan buah yang berasal dari Tiongkok yang telah ditanam sejak ribuan tahun lalu. Buah ini memiliki rasa yang manis seperti madu, meski cenderung berukuran kecil buah ini memiliki banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah kesemek bisa langsung kamu konsumsi ketika matang, atau kamu bisa mengolesi garam terlebih dulu supaya rasa sepat pada buah jadi hilang. Kamu bisa menemukan buah kesemek ini di daerah Sumatera Utara khususnya wilayah Brastagi, atau di Jawa Barat dan Jawa Timur dan beberapa daerah-daerah tinggi seperti pegunungan.

Di bawah ini ada 9 manfaat kesemek yang mampu tingkatkan sistem metabolisme tubuh telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

1 dari 9 halaman

1. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Manfaat buah kesemek yang pertama adalah dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Hal ini tak lain karena di dalam kesemek terdapat vitamin B kompleks seperti asam folat dan tiamin.

Seperti yang kita ketahui kandungan tersebut merupakan sesuatu yang amat penting untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sebab, unsur ini akan memastikan sistem tubuh sudah berfungsi dengan benar, sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

2 dari 9 halaman

2. Menjaga Kesehatan Mata

ilustrasi mata berkerut

thedc.ca

Buah yang berasal dari Tiongkok ini kaya akan vitamin A. seperti yang diketahui bahwa vitamin A sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mata.

Setiap buah kesemek mampu menyediakan 55 persen vitamin A dari kebutuhan harian. Hal ini kemudian menjadi alasan penting kenapa mengonsumsi kesemek sangat dianjurkan.

Selain itu, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun di malam hari, mata kering, dan penyakit kronis mata lainnya. Kamu bisa mengonsumsi buah kesemek secara langsung maupun membuatnya sebagai jus.

3 dari 9 halaman

3. Mengurangi Peradangan

Manfaat buah kesemek berikutnya adalah dapat mengurangi peradangan. Walaupun peradangan merupakan respon imun yang normal, akan tetapi jika terjadi peradangan yang kronis akan menyebabkan terjadinya kanker bahkan jantung koroner.

Siapa sangka bila ternyata buah kesemek ini mengandung tanin (asam tanat), sehingga terbukti dapat membantu meredakan peradangan.

4 dari 9 halaman

4. Menjaga Kesehatan Hati

hati

www.defyinglupus.com

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan juga dapat menjaga kesehatan hati. Manfaat tersebut bersumber dari kandungan antioksidan yang ada dalam bush kesemek bermanfaat untuk menangkal adanya radikal bebas berbahaya dari oksigen.

Antioksidan juga berfungsi dalam menurunkan efek bahan beracun serta mencegah kerusakan sel dalam tubuh, atau detoksifikasi pada hati.

5 dari 9 halaman

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C di dalam buah kesemek membuat buah ini juga baik dikonsumsi untuk membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan pada tubuh. Kesemek ini dikenal memiliki jumlah vitamin C tertinggi, ada sekitar 80 persen dari kebutuhan harian.

Vitamin C atau asam askorbat akan membantu merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih. Sel darah putih ini diperlukan tubuh untuk melindungi dan melawan infeksi.

6 dari 9 halaman

6. Menurunkan Tekanan Darah

darah

2018 Liputan6.com

Manfaat lainnya dari buah kesemek adalah dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini tak lain karena kandungan tanin atau asam tanat yang ditemukan pada buah kesemek dapat membantu menurunkan kadar tekanan darah.

Sudah banyak penelitian menemukan bahwa tanin berguna dalam membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan faktor utama dari penyakit jantung.

7 dari 9 halaman

7. Mengandung Antioksidan yang Baik untuk Tubuh

Buah dengan banyak manfaat ini dikemas dengan antioksidan. Menurut sebuah studi yang sudah dilakukan, jus kesemek kaya akan asam galat dan epicatechin gallate.

Keduanya merupakan senyawa yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas berbahaya, sehingga akan mencegah kerusakan sel dan mengurangi risiko terserang penyakit kronis.

8 dari 9 halaman

8. Turunkan Berat Badan

ukur berat badan

2012 Merdeka.com

Buah kesemek dengan berukuran sedang memiliki berat sekitar 168 gram dan mengandung karbohidrat sekitar 31 gram. Kesemek merupakan buah yang rendah kalori, sehingga manfaat buah kesemek untuk kesehatan sangat cocok dan ideal untuk dijadikan konsumsi ketika kamu sedang diet.

Jangan lupa selain mengonsumsi buah kesemek secara rutin kamu juga tetap harus mengimbanginya dengan olahraga yang rutin dan konsumsi air putih yang cukup sehingga program menurunkan berat badan yang kamu jalani akan lebih maksimal hasilnya.

9 dari 9 halaman

9. Mencegah Penuaan Dini

Bukan hanya mampu menjaga kesehatan tubuh ternyata rajin mengonsumsi buah kesemek juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Buah kesemek ini sangat kaya akan nutrisi penting, seperti beta-karoten, lutein dan masih banyak lagi.

Nutrisi tersebut berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi stres dan mencegah tanda-tanda penuaan dini, gampang lelah, kurang dalam penglihatan, kelemahan otot, serta keriput.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini