8 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan, Menurunkan Berat Badan hingga Cegah Stres

Senin, 30 Maret 2020 15:00 Reporter : Jevi Nugraha
8 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan, Menurunkan Berat Badan hingga Cegah Stres Ilustrasi mandi. Shutterstock/Glaze Image

Merdeka.com - Mandi menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh manusia. Selain untuk menjaga kebersihan tubuh, mandi juga berfungsi menjaga kesehatan tubuh. Sehingga hal ini dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai macam virus akibat penyakit.

Banyak orang yang memilih menggunakan air hangat ketika mandi, khususnya pada musim hujan. Mandi menggunakan air hangat ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ada beberapa manfaat mandi air hangat untuk kesehatan.

Bagi kamu yang suka mandi dengan air hangat, ada beberapa manfaat mandi air hangat yang perlu diketahui. Berikut 8 manfaat mandi air hangat untuk kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (30/3/2020).

1 dari 8 halaman

Mencegah Stres

di tempat kerja

Shutterstock

Untuk kamu yang sedang stres karena pekerjaan dan rutinitas yang membosankan, sebaiknya kamu mandi menggunakan air hangat. Pasalnya, mandi air hangat dapat mengatasi bahkan menghilangkan stres.

Manfaat mandi air hangat dapat menjadikan tubuh terasa lebih rileks dan membuat suasana hati menjadi tenang. Hal ini karena mandi air hangat dapat membantu merangsang otak dalam memproduksi hormon oksitosin yang berfungsi melawan hormon kortisol.

2 dari 8 halaman

Menjaga Kekebalan Tubuh

Manfaat mandi air hangat berikutnya dapat menjaga kekebalan tubuh. Tak terkecuali untuk menjaga kesehatan tulang, otot hingga sendi. Pasalnya saat mandi area tubuh akan jauh lebih bersih dan menghindarkan dari bakteri-bakteri pada kulit.

Selain itu, saat mandi menggunakan air hangat, tubuh yang kaku akan menjadi lebih rileks dan tidak tegang. Hal ini terjadi karena saat mandi menggunakan air hangat bisa melancarkan peredaran darah, sehingga dapat memberi efek kesehatan untuk anggota tubuh.

3 dari 8 halaman

Mengatasi Sakit Kepala

kepala

2015 Merdeka.com/shutterstock

Manfaat mandi air hangat berikutnya dapat mengatasi sakit kepala. Manfaat mandi air hangat dapat membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan membuat peredaran darah menjadi lancar, sehingga akan meminimalisir penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan sakit kepala. Selain itu, mandi air hangat juga dapat menghilangkan semua kepenatan yang kamu rasakan.

4 dari 8 halaman

Mengatasi Gejala Wasir

Manfaat mandi air hangat salah satunya dapat mengatasi gejala wasir. Wasir merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan pembengkakan atau pembesaran dari pembuluh darah di usus besar bagian akhir (rektum) dan dubur. Penyakit ini sering juga ditandai dengan rasa gatal di area anus, pendarahan hingga keluarnya lendir saat melakukan buang air besar.

Penyakit ini dapat dicegah dengan melakukan mandi menggunakan air hangat. Mandi serta berendam menggunakan air hangat dapat mengatasi dan meredakan berbagai macam gejala penyakit wasir, seperti gatal-gatal dan lain sebagainya.

5 dari 8 halaman

Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Manfaat mandi air hangat selanjutnya dapat melepaskan hingga menghilangkan racun-racun di dalam tubuh. Pasalnya saat mandi menggunakan air hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi sistem getah bening yang dapat menyebabkan racun dan bakteri keluar melalui keringat.

Sehingga aktivitas mandi menggunakan air hangat sangat efektif untuk menghilangkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Dengan melakukan mandi air hangat secara teratur dan tidak berlebihan, maka kamu akan memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai ancaman virus dan bakteri.

6 dari 8 halaman

Menurunkan Tekanan Darah

ilustrasi hipertensi

CC0 Public Domain

Mandi air hangat dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini terjadi karena dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Selain itu, lancarnya peredaran darah ini juga turut membantu menjaga kesehatan jantung, salah satunya terhindar dari penyakit stroke dan serangan jantung.

Khusus untuk yang memiliki penyakit jantung sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, agar mendapatkan informasi lebih lanjut terkait mandi menggunakan air hangat ini. Pasalnya selain melancarkan peredaran darah, air hangat diketahui juga dapat meningkatkan denyut jantung.

7 dari 8 halaman

Menurunkan Berat Badan

013 indra cahya

thesun.co.uk

Mandi air hangat juga dapat memberi manfaat buat kamu yang memiliki masalah berat badan. Melakukan aktivitas mandi menggunakan air hangat dapat membantu menurunkan berat.

Saat tubuh berendam di dalam air hangat dapat menurunkan kadar gula darah hingga 10 persen. Hal inilah yang kemudian sangat baik untuk mengatasi permasalahan berat badan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, iringi dengan aktivitas olahraga yang teratur, sehingga pembakaran kalori tidak terhambat dan akan berjalan dengan lancar sesuai keinginan kamu.

8 dari 8 halaman

Mengatasi Gangguan Tidur

012 tantri setyorini

2018 Merdeka.com/Pixabay

Manfaat mandi air hangat dapat mengatasi gangguan tidur. Buat kamu yang memiliki masalah gangguan kesulitan tidur atau insomnia, sebaiknya melakukan aktivitas mandi menggunakan air hangat. Hal ini karena mandi air hangat dapat mengatasi gangguan kesulitan tidur.

Mandi air hangat dapat memberikan efek tenang pada tubuh. Selain itu, pada saat mandi air hangat otot-otot yang kaku dapat lentur kembali, sehingga hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Kalian pun dapat tidur dengan nyenyak dan pulas sepanjang malam.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini