8 Manfaat Ikan Salmon yang Jarang Diketahui, Cegah Depresi

Rabu, 25 Maret 2020 17:00 Reporter : Jevi Nugraha
8 Manfaat Ikan Salmon yang Jarang Diketahui, Cegah Depresi Ilustrasi ikan salmon. Shutterstock/hin255

Merdeka.com - Salmon merupakan jenis ikan yang terkenal karena memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Selain rasanya yang lezat, ikan salmon juga dapat berfungsi mencegah berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Sehingga tak heran apabila ikan salmon sangat digemari oleh penduduk dunia.

Mengonsumsi ikan salmon secara rutin dan teratur dapat memenuhi kebutuhan asam omega 3 yang berfungsi menjaga kesehatan tubuh. Di samping itu, masih banyak manfaat lainnya yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit.

Berikut ini 8 manfaat ikan salmon yang perlu kamu tahu.

1 dari 8 halaman

Mengatasi Obesitas

013 destriyana

2015 Merdeka.com/shutterstock

Bagi Anda yang memiliki masalah berat badan, ikan salmon menjadi salah satu makanan yang wajib dicoba. Pasalnya ikan salmon mengandung protein yang efektif membantu mengurangi nafsu makan.

Dilansir dari laman Medicalnewstoday daging salmon mengandung 18,79 protein dan rendah lemak, sehingga dengan mengonsumsi ikan salmon secara teratur dapat membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh hingga 12-30%. Tentunya mengonsumsi daging salmon secara rutin dapat menghindari obesitas.

2 dari 8 halaman

Mencegah Depresi

020 tantri setyorini

Pexels

Manfaat mengonsumsi ikan salmon selanjutnya yaitu dapat mencegah depresi.

Dilansir dari laman National Institue on Alcohol and Alcoholism, daging salmon mengandung omega 3 yang dapat membantu mengurangi perilaku impulsif, agresif dan mencegah depresi. Sehingga daging salmon sangat baik dikonsumsi sejak usia dini.

3 dari 8 halaman

Memiliki IQ Tinggi

cerdas

gizmodo.com

Daging salmon juga sangat baik di konsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya ikan salmon mengandung omega 3, protein serta vitamin B yang dapat membantu perkembangan motorik dan keterampilan anak.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, anak-anak yang dilahirkan dari wanita yang mengonsumsi daging salmon sebanyak 12 ons dalam satu minggu selama proses kehamilan, akan memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik.

Selain itu, anak-anak juga akan memiliki kemampuan motorik, keterampilan sosial yang menjadikan IQ lebih tinggi daripada yang lain.

4 dari 8 halaman

Mengatasi Gangguan Tiroid

Tiroid merupakan penyakit yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Penyakit tiroid sering ditandai dengan gejala turunnya berat badan, mudah tersinggung hingga jantung berdebar. Jika penyakit ini tidak segera ditangani, maka akan memicu kegagalan fungsi organ tubuh.

Salah satu pencegahan penyakit tiroid yang efektif adalah dengan mengonsumsi ikan salmon. Kandungan daging salmon terdapat 57-59 selenium yang dapat berfungsi untuk mencegah penyakit tiroid. Sehingga mengonsumsi ikan salmon secara teratur dapat mengatasi gangguan tiroid.

5 dari 8 halaman

Mengatasi Penyakit Jantung

ilustrasi penyakit jantung

2013 Merdeka.com/Shutterstock/guoxiangphoto

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Maka dari itu perlu melakukan pencegahan sejak dini.

Salah satunya dengan mengonsumsi ikan salmon. Kandungan omega 3 daging salmon dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung.

6 dari 8 halaman

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat ikan salmon selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Kandungan vitamin D, asam lemak omega 3 berfungsi mencegah terjadinya peradangan pada tulang. Selain itu daging salmon juga mengandung protein yang dapat mencegah cidera tulang.

Mengonsumsi secara rutin ikan salmon disertai dengan pola hidup yang sehat, dapat membantu menjaga kesehatan tulang secara optimal. Sehingga Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam kesehatan tulang.

7 dari 8 halaman

Menurunkan Risiko Peradangan

radang tenggorokan

2020 Merdeka.com

Ikan salmon sangat efektif untuk membantu memerangi peradangan. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa kandungan pada ikan salmon berfungsi meredakan penyakit radang. Seseorang yang mengonsumsi salmon secara rutin dapat meminimalisir terjadinya peradangan.

Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita di china setiap hari mengonsumsi salmon 80 gram dapat mengurangi inflamasi.

Hasil lainnya juga mengungkapkan 12 pria rutin mengonsumsi ikan salmon dalam satu minggu sebanyak 600 gram dapat menurunkan risiko peradangan pada saluran pencernaan.

Di samping itu masih banyak manfaat lainnya untuk mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan peradangan.

8 dari 8 halaman

Mencegah Gangguan Sistem Saraf

Manfaat ikan salmon selanjutnya yaitu dapat mencegah gangguan sistem saraf. Ikan salmon mengandung 100 gram vitamin B, sehingga hal ini dapat berfungsi untuk menurunkan risiko gangguan sistem sarah.

Pasalnya, semua kandungan vitamin B dapat mengoptimalkan serta menjaga fungsi otak dari gangguan saraf.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini