8 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan, Mengatasi Demam Hingga Mengobati Arthritis

Selasa, 30 Juni 2020 19:26 Reporter : Ayu Isti Prabandari
8 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan, Mengatasi Demam Hingga Mengobati Arthritis mengkudu. shutterstock

Merdeka.com - Siapa yang tidak kenal dengan mengkudu. Jenis buah yang satu ini sudah banyak dikenal dengan rasa pahit dan bau menyengat yang dimilikinya.

Tidak heran, jika mengkudu bukan termasuk jenis buah yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Bahkan karena rasa pahit dan bau menyengat, banyak orang yang menghindari buah lonjong satu ini.

Padahal jika diteliti dari segi khasiatnya, buah mengkudu menyimpan berbagai manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Diketahui, konsumsi buah mengkudu sangat bermanfaat untuk mengatasi gejala demam, mengurangi stres, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga dapat mengobati penyakit radang persendian arthritis.

Dengan begitu, meskipun memiliki rasa pahit dan bau menyengat, ternyata terdapat berbagai manfaat buah mengkudu bagi kesehatan yang tidak boleh disepelekan begitu saja.

Bagi sebagian orang, mungkin konsumsi buah mengkudu sudah dilakukan sebagai upaya pengobatan alternatif dalam proses penyembuhan penyakit. Namun bagi Anda yang sehat, juga bisa mengonsumsi buah mengkudu sebagai upaya untuk mencegah berbagai penyakit berat yang bisa mengancam kapan saja.

Dilansir dari Liputan6.com, berikut beberapa manfaat buah mengkudu bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1 dari 8 halaman

Mengatasi Demam

005 siti rutmawati

©www.hindustantimes.com

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan yang pertama adalah dapat mengatasi demam. Dalam hal ini, buah mengkudu mempunyai sifat antivirus yang sangat berguna untuk membantu meredakan demam, nyeri, hingga batuk yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi jus buah mengkudu dengan rutin, terutama saat sedang mengalami sakit. Selain itu, konsumsi jus mengkudu secara rutin juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

2 dari 8 halaman

Menurunkan Risiko Encok

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan selanjutnya adalah menurunkan risiko encok. Di sini, konsumsi jus mengkudu dipercaya mampu mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya encok atau kondisi sendi yang meradang.

Biasanya gangguan peradangan sendi yang satu ini disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada bagian sendi.

3 dari 8 halaman

Mengobati Arthritis

001 destriyana

©2015 Merdeka.com/shutterstock/CLIPAREA l Custom media

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan yang tidak boleh disepelekan berikutnya adalah mampu mengobati arthritis. Arthritis sendiri masih termasuk gangguan persendian yang mengalami peradangan hingga dapat menimbulkan kerusakan pada sendi itu sendiri. Hal ternyata dapat diminimalisir dengan mengonsumsi jus mengkudu.

Manfaat buah mengkudu yang satu ini tidak lain berasal dari sifat analgesic yang ada di dalamnya. Kandungan analgesic alami yang dimiliki mengkudu bahkan dinilai setara dengan obat analgesic yang mampu mengobati rasa sakit pada sendi dalam kondisi parah.

Bukan hanya dikonsumsi, manfaat ini juga bisa didapatkan dengan cara meletakkan daun mengkudu segar pada bagian sendi yang meradang, bengkak, dan terasa sakit akibat penyakit arthritis.

4 dari 8 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan ternyata juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini tidak lain didapatkan dari sifat anti bakteri, anti inflamasi, dan anti histamine yang bekerja meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh dalam kandungan scopoletin.

Bukan hanya itu, kandungan anti bakteri yang dimiliki buah mengkudu juga ampuh dalam melawan bakteri penyebab gangguan pencernaan, infeksi saluran kencing, hingga infeksi pada kulit dan tulang.

5 dari 8 halaman

Mengurangi Stres

012 tantri setyorini

©Ilustrasi stres

Manfaat bauh mengkudu bagi kesehatan berikutnya adalah dapat mengurangi stres. Dikatakan bahwa mengonsumsi jus buah mengkudu secara rutin disertai dengan aktivitas olahraga yang baik bisa membantu mengurangi kondisi stres yang sedang dialami.

Buah mengkudu juga dipercaya dalam mengelola stres dan mengurangi dampak buruk gangguan fungsi kognitif pada otak.

6 dari 8 halaman

Mencegah Kanker

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan ini penting untuk diketahui, bahwa buah mengkudu dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Dalam hal ini, buah mengkudu memiliki kandungan antioksidan tinggi yang ampuh mencegah risiko terserangnya penyakit kanker.

Selain itu, kandungan antioksidan ini juga bermanfaat untuk merangsang kekebalan tubuh dan mampu melawan tumor. Ini menjadi salah satu manfaat buah mengkudu yang tidka boleh dianggap remeh.

7 dari 8 halaman

Mencegah Kerusakan Akibat Stroke

010 siti rutmawati

©www.wikinut.com

Mencegah kerusakan akibat stroke juga termasuk salah satu manfaat buah mengkudu bagi kesehatan. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, ditemukan bahwa konsumsi buah mengkudu terbukti dapat menghindari kerusakan otak akibat terserang stroke.

Hal ini tidak lain berkat kandungan antioksidan dan anti inflamasi yang banyak terdapat dalam buah mengkudu.

Dalam penelitian ini juga dikatakan, bahwa orang yang mengonsumsi jus mengkudu secara teratur memiliki kemungkinan kerusakan otak yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak mengonsumsinya.

Dengan begitu, Anda bisa mencoba konsumsi buah mengkudu untuk menjaga kesehatan otak mulai dari sekarang.

8 dari 8 halaman

Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan yang terakhir yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi jus mengkudu secara rutin.

Dalam hal ini, jus mengkudu sangat berguna untuk meningkatkan kadar lipoprotein kepadatan tinggi atau jenis kolesterol baik yang ada dalam tubuh. Meskipun rasanya pahit, namun dengan mengonsumsi jus mengkudu Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini