8 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Freezer

Kamis, 20 Februari 2020 06:07 Reporter : Ayu Isti Prabandari
8 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Freezer 8 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tidak Disimpan ke Dalam Freezer. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Lemari pendingin atau biasa disebut dengan kulkas memang menjadi tempat favorit untuk menyimpan makanan dan minuman bagi kebanyakan orang. Baik itu sayur-sayuran, buah-buahan, bahkan sisa makanan dan minuman yang belum sempat habis pasti disimpan ke dalam kulkas.

Dapat dikatakan bahwa kulkas merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang dimiliki hampir di setiap rumah. Sekarang pun semakin banyak macam dan keunggulan yang ditawarkan. Dari yang kecil hingga kulkas dua pintu ukuran besar yang dapat menyimpan lebih banyak makanan dan minuman.

Terbukti memang, makanan dan minuman yang disimpan di dalam kulkas mempunyai umur yang lebih panjang atau tidak cepat basi. Tetapi, tahukah anda, ternyata tidak semua makanan dan dan minuman baik disimpan di dalam kulkas apalagi freezer. Melansir dari Brilio.net ini beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya tidak disimpan ke dalam freezer.

1 dari 8 halaman

Susu

Susu menjadi salah satu jenis minuman yang sering disimpan ke dalam freezer oleh kebanyakan orang. Baik itu susu kemasan maupun susu bubuk atau susu kaleng yang sudah diseduh lalu dimasukkan ke dalam freezer agar menjadi minuman dingin. Bahkan banyak orang yang menyimpan persediaan air susu ibu (ASI) ke dalam freezer supaya lebih awet agar dapat diberikan ke anak di kemudian hari.

Ternyata kebiasaan menyimpan susu di dalam freezer, terlebih lagi ASI itu tidak baik dilakukan. Dengan menyimpan susu di dalam freezer dapat mengurangi tekstur creamy yang terdapat pada susu. Selain itu, lemak yang terkandung dalam susu juga dapat terpisah akibat suhu dingin pada freezer.

2 dari 8 halaman

Telur

8 makanan dan minuman yang sebaiknya tidak disimpan ke dalam freezer

2020 Merdeka.com

Telur juga merupakan jenis makanan yang sering kali disimpan dalam kulkas atau freezer. Ternyata kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang ini juga salah. Telur yang disimpan dalam freezer dapat membuat putih telur yang ada di dalamnya membeku dan mengembang akibat suhu dingin dalam freezer. Bahkan ketika telur sudah mengembang bisa menyebabkan retaknya cangkang telur.

Cangkang-cangkang telur yang retak bisa menjadi celah bakteri untuk masuk. Ketika telur ini dimasak dan dikonsumsi, maka akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan.

3 dari 8 halaman

Madu

Madu juga menjadi jenis makanan yang tidak luput disimpan ke dalam freezer. Kebiasaan menyimpan madu ke dalam freezer membuat tekstur madu yang semakin mengental. Bahkan mungkin sekali madu menjadi beku akibat semakin lamanya disimpan di dalam freezer. Padahal jika dibiarkan dalam suhu ruangan, madu akan tetap awet. Hal ini karena madu termasuk jenis makanan yang awet disimpan di dalam suhu ruangan.

4 dari 8 halaman

Yoghurt

8 makanan dan minuman yang sebaiknya tidak disimpan ke dalam freezer

2020 Merdeka.com

Kebiasaan menyimpan yoghurt ke dalam freezer ternyata juga merupakan kebiasaan yang salah. Sama halnya dengan susu, tekstur creamy yang dimiliki yoghurt bisa mengental bahkan mengeras karena disimpan di dalam freezer. Yoghurt yang disimpan ke dalam freezer juga dapat merusak kandungan air di dalamnya. Tidak hanya itu, rasa khas yang dimiliki yoghurt pun akan berubah.

5 dari 8 halaman

Kopi

Menyimpan kopi atau biji kopi di dalam freezer juga sebaiknya tidak dilakukan. Karena suhu dingin di dalam freezer dapat menyebabkan proses kondensasi sehingga dapat merusak kopi. Bahkan ketika memasukkan biji kopi ke dalam freezer, kopi justru akan menyerap bau khas freezer yang tidak sedap.

6 dari 8 halaman

Minuman Soda

8 makanan dan minuman yang sebaiknya tidak disimpan ke dalam freezer

2020 Merdeka.com

Bagi banyak orang sering menyimpan minuman soda kemasan kaleng di dalam freezer bisa membuat minuman tersebut lebih segar ketika diminum. Tetapi sebaiknya kebiasaan ini segera ditinggalkan. Sebab, suhu dingin pada freezer dapat menyebabkan reaksi karbonasi yang bisa mengakibatkan ledakan. Senyawa yang terdalam dalam cairan soda tersebut akan mengembang dan memberikan tekanan tinggi kepada kaleng. Jika kaleng tidak kuat menahan tekanan, maka akan meledak sewaktu-waktu.

7 dari 8 halaman

Timun

Menyimpan timun dan segala jenis sayur dan buah yang banyak mengandung air juga perlu dihindari. Hal ini karena suhu dingin yang terdapat pada freezer akan membuat kandungan air yang ada dalam sayur atau buah menjadi beku. Tidak hanya itu, ketika dikeluarkan dari freezer sayuran dan buah pun akan menjadi lembek dan tidak enak untuk dikonsumsi.

8 dari 8 halaman

Daging Matang

8 makanan dan minuman yang sebaiknya tidak disimpan ke dalam freezer

2020 Merdeka.com

Daging matang atau daging yang telah diolah sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam freezer. Jika dilakukan, daging matang yang sudah dimasak dengan berbagai bumbu ini akan merusak makanan lain yang juga disimpan di dalam freezer. Hal ini disebabkan karena daging yang telah dimasak mempunyai peluang terkena kontaminasi bakteri lebih banyak dibandingkan daging mentah. Sehingga jika tidak ingin makanan lain rusak, sebaiknya menghindari menyimpan daging yang sudah masak ini di dalam freezer. [ayi]

Baca juga:
Berapa Banyak Kalori yang Dikandung oleh Minuman Serba Brown Sugar?
Waspadai, 5 Makanan dan Minuman Ini Bikin Kulit Cepat Tua
Rubbermaid dan Tetap Sehat dengan Terhidrasi di Tempat Kerja

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini