8 Cara Presentasi yang Baik dan Menarik, Mudah Dicoba

Jumat, 24 Juli 2020 15:45 Reporter : Jevi Nugraha
8 Cara Presentasi yang Baik dan Menarik, Mudah Dicoba Ilustrasi presentasi. ©Shutterstock.com/Andresr

Merdeka.com - Setiap orang pasti pernah menyatakan gagasan serta pendapatnya kepada orang lain. Terlebih bagi pelajar atau mahasiswa, saat proses belajar mengajar sering kali diminta untuk presentasi menyampaikan ide dan gagasan di depan umum. Kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan kalangan pelajar saja, namun presentasi juga kerap dilakukan saat wawancara kerja atau tengah menawarkan jasa tertentu.

Secara umum, presentasi merupakan salah satu kegiatan yang berfungsi untuk memaparkan suatu pendapat, hasil kerja, atau informasi kepada orang lain. Biasanya kegiatan ini berfungsi untuk memberi informasi, membujuk, atau meyakinkan kepada pendengar. Keterampilan berbicara ini sangat dibutuhkan seseorang hampir di semua bidang, terutama yang berkaitan dengan dunia pekerjaan.

Dalam pelaksanaannya, melakukan presentasi memang tidak semudah yang kita bayangkan. Banyak kendala yang kerap muncul saat berbicara di depan umum, seperti gugup, takut, bahkan demam panggung. Beberapa kendala tersebut bisa memperburuk saat presentasi dilakukan, oleh karena itu dibutuhkan teknik serta keterampilan sendiri saat ingin melakukan presentasi.

Lantas, bagaimana cara presentasi yang baik dan menarik? Simak ulasannya yang dilansir dari laman Skill You Need berikut ini:

2 dari 5 halaman

1. Percaya Diri

ilustrasi presentasi
©Pixabay

Kepercayaan diri merupakan salah satu bekal penting yang harus dimiliki seseorang ketika akan melakukan presentasi. Dalam beberapa kasus, banyak orang mengalami kegagalan saat berbicara di depan umum karena tidak memiliki rasa percaya diri. Oleh karena itu, sejak dini rasa percaya diri harus senantiasa dilatih seperti memberanikan diri berbicara di depan umum dan tidak takut salah.

Di samping itu, berlatih berbicara di depan cermin juga sangat membantu seseorang memiliki kepercayaan diri. Dengan begitu, Anda akan tahu kelemahan serta kelebihan saat berbicara. Sehingga hal ini bisa menjadi tolok ukur serta mengetahui kapasitas diri saat melakukan presentasi.

2. Memulai Presentasi yang Memukau

Cara presentasi yang baik berikutnya yaitu dengan memulai presentasi yang memukau. Pada tahap ini, Anda harus benar-benar memberi kesan yang baik saat membuka presentasi. Beberapa cara agar saat membuka presentasi terlihat menarik ialah menyapa pendengar dengan ramah, menyampaikan tujuan presentasi, bersikap penuh semangat, dan menghindari melakukan tindakan yang tidak diharapkan.

Banyak presentasi tidak menarik dan membosankan karena dari awal sudah melakukan kesalahan-kesalahan. Oleh karena itu, sebisa mungkin saat membuka presentasi tunjukkan sikap yang baik dan usahakan untuk tidak mengeluarkan kata-kata yang tidak sepantasnya.

3 dari 5 halaman

3. Menguasai Materi

Seseorang bisa dikatakan berhasil presentasi ketika menguasai materi dan disampaikan ke audience dengan baik. Tentunya, hal ini bisa dilihat dari bagaimana caranya dalam menggiring audience untuk hanyut ke dalam materi yang disampaikan. Oleh karena itu, sebelum presentasi dianjurkan untuk belajar terlebih dahulu terkait materi yang akan disampaikan hingga benar-benar menguasainya.

4. Menguasai Teknik Improvisasi

Improvisasi atau menggubah alur teks benang merah sangat dibutuhkan saat presentasi. Hal ini dilakukan untuk menyiasati saat tiba-tiba lupa informasi atau alur cerita yang akan disampaikan ke pendengar.

Teknik ini biasanya sering dilakukan oleh para pemain drama di sebuah pentas teater. Saat lupa dialog melakukan improvisasi, agar kesalahan tidak nampak dan tetap bisa dinikmati penonton. Begitu juga saat Anda melakukan presentasi, di mana teknik improvisasi harus Anda lakukan ketika tiba-tiba lupa apa yang ingin disampaikan.

4 dari 5 halaman

5. Berpikir Positif

ilustrasi rapat karyawan
©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Odua Images

Cara presentasi yang baik dan menarik lainnya yaitu selalu berpikir positif. Sebelum Anda melakukan presentasi, usahakan selalu berpikir positif. Pasalnya, berpikir positif bisa menghindarkan diri dari semua beban pikiran yang bisa melahirkan perasaan cemas, khawatir, atau takut.

6. Menjaga Penampilan

Salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan saat akan presentasi yaitu menjaga penampilan. Sebab, hal pertama yang akan dilihat audience saat menyaksikan seseorang berada di atas panggung adalah penampilan. Oleh karena itu, kenakan pakaian yang membuat Anda nyaman dan percaya diri. Selain membuat percaya diri, berpenampilan menarik juga dapat membuat mood menjadi lebih baik saat presentasi.

5 dari 5 halaman

7. Berani Salah

ilustrasi presentasi
©Shutterstock.com/Andresr

Cara presentasi yang baik lainnya yaitu tidak takut salah. Sebab, banyak orang takut naik ke atas panggung karena takut salah. Perasaan takut salah harus dihilangkan saat akan melakukan presentasi, hal ini bisa memperburuk keadaan saat presentasi berlangsung.

8. Jangan Lupa Berdoa

Berdoa sebelum melakukan presentasi adalah salah satu hal wajib yang tidak boleh Anda lupakan. Berdoa akan membuat Anda jauh merasa lebih tenang saat harus berbicara di hadapan umum. Oleh karena itu, berdoalah kepada Tuhan, sebelum dan sesudah melakukan suatu kegiatan.

[jen]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ragam
  3. Jateng
  4. Pendidikan
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini