8 Cara Membantu Korban KDRT, Perhatikan Cara Komunikasi yang Baik

Jumat, 4 Desember 2020 14:30 Reporter : Ayu Isti Prabandari
8 Cara Membantu Korban KDRT, Perhatikan Cara Komunikasi yang Baik Ilustrasi pasangan bertengkar. ©Gottman.com

Merdeka.com - Dalam membina hubungan keluarga, tentu setiap orang menginginkan kondisi dan suasana yang harmonis dan penuh kasih. Baik suami kepada istri, istri kepada suami, serta orang tua kepada anak dan sebaliknya. Kondisi keluarga yang penuh kasih sayang, positif dan suportif ini tentu menjadi lingkungan yang baik bagi setiap anggotanya untuk berkembang.

Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri terdapat berbagai macam kasus yang menyebabkan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Kekerasan di sini bisa berupa kekerasan terbuka yang melibatkan fisik, kekerasan tertutup yang bisa berupa hinaan verbal, kekerasan seksual, hingga kekerasan finansial. Hal ini pun bisa terjadi pada siapa saja, baik suami ke istri, orang tua ke anak, atau sebaliknya.

Dalam hal ini, anggota keluarga yang menjadi korban KDRT tentu mendapatkan berbagai macam dampak atau efek buruk. Bahkan, jika tindakan kekerasan terus dialaminya maka akan mendapatkan tekanan emosional yang semakin buruk seiring waktu. Dengan begitu, sudah semestinya bagi setiap orang yang dekat dengan korban KDRT perlu membantu dan mendukung korban untuk menghadapi masalah yang ada.

Terdapat beberapa cara membantu korban KDRT yang perlu diperhatikan oleh masyarakat umum. Dalam hal ini, masyarakat perlu menjadi tempat yang baik bagi korban untuk bercerita. Sebab, tidak mudah bagi korban KDRT membuka diri dengan orang lain untuk menceritakan masalahnya. Dengan begitu, masyarakat perlu berhati-hati dalam menjaga cara komunikasi yang baik kepada korban KDRT.

Dilansir dari Verywell Mind, berikut kami merangkum beberapa cara membantu korban KDRT dengan baik yang perlu diketahui:

Baca Selanjutnya: Meluangkan Waktu...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini