7 Menu Masakan Rumahan yang Enak dan Praktis, Wajib Dicoba

Selasa, 30 Juni 2020 11:10 Reporter : Jevi Nugraha
7 Menu Masakan Rumahan yang Enak dan Praktis, Wajib Dicoba Ilustrasi sayur asam. © Khasiat.co.id

Merdeka.com - Setiap negara memiliki keanekaragaman budaya yang berbeda-beda dengan karakteristik serta ciri khasnya masing-masing. Begitu juga dengan jenis makanan di suatu negara, di mana setiap negara memiliki cita rasa khas tersendiri. Bahkan tak jarang beberapa makanan tersebut berhasil mendunia karena memiliki cita rasa yang enak dan lezat.

Di Indonesia sendiri, selain dikenal memiliki kekayaan ragam budaya, juga sering disebut sebagai surganya kuliner. Pasalnya berbagai macam olahan menu makanan rumahan tersedia di Negara Kepulauan ini. Oleh karena itu, tidak heran apabila beberapa khas nusantara terkenal hingga ke mancanegara.

Berbagai macam masakan rumahan berupa sayur mayur, kacang-kacangan, ikan maupun daging, bisa menjadi pilihan Anda untuk dijadikan menu sehari-hari. Apabila Anda bingung menu apa yang harus dimasak, berikut ini beberapa menu masakan rumahan yang bisa Anda jadikan rekomendasi untuk dinikmati bersama keluarga.

1 dari 7 halaman

Bakmi


ilustrasi bakmi godog jawa

©Shutterstock

Menu masakan rumahan yang bisa Anda masak yang pertama ialah bakmi. Bakmi merupakan olahan makanan khas jawa yang dimasak dengan bumbu-bumbu masakan nusantara. Kuliner yang berbahan dasar mi ini biasanya terbagi menjadi dua jenis, yaitu bakmi rebus dan bakmi goreng. Tekstur mi yang lembut dan gurih, menjadikan bakmi cukup digemari oleh semua kalangan.



2 dari 7 halaman

Nasi Goreng

cara membuat nasi goreng sederhana

brilicious.brilio.net

Siapa yang tidak mengenal nasi goreng? Menu masakan rumahan berbahan dasar nasi yang digoreng dengan tambahan berbagai bumbu ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat.
Secara umum, nasi goreng biasanya dimasak dengan berbagai macam bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, kecap manis, asam jawa, dan bumbu lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu, nasi goreng semakin banyak varian rasa, di antaranya nasi goreng telur, ikan asin, ayam, dan lain sebagainya.

Di samping itu, nasi goreng juga sering disebut sebagai makanan nusantara sejati. Hal ini karena nasi goreng dibuat dengan cara yang sederhana, sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan.

3 dari 7 halaman

Semur Jengkol

jengkol

©Cookpad/dapurguna

Menu masakan rumahan yang bisa menjadi rekomendasi untuk dimasak berikutnya ialah semur jengkol. Makanan berbahan dasar jengkol dengan kuah berwarna cokelat ini cocok dinikmati bersama keluarga.

Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan masakan nusantara ini cukup digemari oleh masyarakat. Seringkali semur jengkol dihidangkan dengan nasi hangat atau ketupat. Dengan campuran tempe, telur dan tahu menjadikan semur terasa semakin nikmat.

4 dari 7 halaman

Sego Pecel

pecel

©iStock

Sego pecel atau nasi pecel merupakan salah satu jenis makanan nusantara yang hingga kini masih tetap eksis. Makanan dengan bahan dasar dedaunan yang dicampur dengan urap sambal kacang ini, umumnya disajikan dengan aneka lauk pauk, seperti telur ceplok, tempe, sate telur puyuh, tahu bacem, hingga ayam goreng.

Rasanya yang gurih dan manis menjadikan sego pecel digemari oleh semua kalangan. Masakan nusantara yang mudah ditemui di beberapa daerah, seperti Solo dan Yogyakarta ini cocok untuk menu makanan sehari-hari.

5 dari 7 halaman

Opor Ayam

ayam pedas

© Cookpad/Lisa Lailatannur

Masakan rumahan yang memiliki cita rasa yang lezat berikutnya ialah opor ayam. Makanan berbahan dasar ayam yang diolah menggunakan santan ini sangat populer di Indonesia. Biasanya opor ayam disajikan dengan ketupat dan beragam aneka lalapan.

Cara pembuatan opor ayam cukup mudah, yaitu merebus yang di beri bumbu santan. Setelah itu ditambah menggunakan bumbu lainnya seperti kencur dan serai. Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan opor ayam cocok diolah sebagai menu makanan sehari-hari.

6 dari 7 halaman

Pindang

ilustrasi pindang tulang iga

©Shutterstock

Pindang merupakan salah satu makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari bahan dasar ikan patin yang dimasak dengan berbagai bumbu, seperti cabe merah, cabe rawit, bawang bawang merah dan aneka bumbu lainnya. Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan pindang sangat digemari oleh semua kalangan.

Cara membuat makanan khas Sumatera Selatan ini cukup mudah, Anda hanya perlu memasak ikan patin yang dicampur dengan cabai merah, bawang merah, jeruk nipis, gula jawa dan lain sebagainya.

7 dari 7 halaman

Sayur Lombok Ijo

lodeh

© Cookpad/KikyNovia

Sayur lombok ijo merupakan olahan makanan sayur yang memiliki kuah santan dengan cita rasa pedas. Bahan dasar pembuatan sayur lombok ijo yaitu cabai hijau, tempe kedelai atau tahu. Rasanya yang gurih dan pedas, menjadikan sayur lombok cocok untuk dinikmati bersama keluarga di rumah.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini