7 Manfaat Blueberry bagi Kesehatan Kulit, Efektif Redakan Peradangan Jerawat

Jumat, 31 Juli 2020 14:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari
7 Manfaat Blueberry bagi Kesehatan Kulit, Efektif Redakan Peradangan Jerawat Ilustrasi blueberry. ©Shutterstock/Valentyn Volkov

Merdeka.com - Siapa yang tidak kenal dengan buah blueberry. Jenis buah berry berukuran kecil dan berwarna biru gelap ini sering menjadi bahan tambahan yang disajikan ke dalam salad buah maupun semangkuk smoothies. Rasanya yang manis dan mengandung banyak air, memang sangat pas disantap sebagai camilan sehat yang menyegarkan.

Bukan hanya rasanya yang lezat, buah blueberry juga memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Diketahui, blueberry merupakan jenis buah yang kaya akan vitamin C dan juga serat.

Bukan hanya itu, blueberry juga mempunyai nutrisi lain yang tidak kalah penting. Seperti vitamin A, vitamin K, vitamin B6, mangan, tembaga, zat besi, kalium, serta zinc. Berbagai kandungan yang dimiliki blueberry ini sangat baik untuk asupan tubuh sehari-hari yang mampu menjaga tubuh dari berbagai gangguan penyakit

Bukan hanya berguna untuk kesehatan tubuh, berbagai kandungan blueberry ternyata juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Mulai dari membantu mempercepat penyembuhan luka, mendukung produksi kolagen, hingga mampu meredakan gejala peradangan pada kulit berjerawat. Selain itu, buah blueberry juga dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Dilansir dari situs Healthline, berikut kami telah merangkum beberapa manfaat blueberry bagi kesehatan kulit secara lengkap:

1 dari 7 halaman

Mencegah Penuaan Dini

dini

© huffingtonpost.com

Manfaat blueberry bagi kesehatan kulit yang pertama yaitu mampu bekerja mencegah penuaan dini. Dalam hal ini, blueberry mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang membantu melawan senyawa radikal bebas dalam tubuh.

Dikatakan, blueberry sangat baik dikonsumsi oleh orang dewasa dan orang tua. Sebab, semakin bertambahnya usia, maka kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas yang masuk di dalamnya semakin menurun. Hal inilah yang mampu meningkatkan risiko terserang radikal bebas lebih tinggi.

Jika kadar senyawa radikal bebas semakin meningkat, maka hal ini pun dapat mempengaruhi kerusakan sel-sel kulit. Hingga akhirnya sel-sel kulit akan menunjukkan tanda-tanda penuaan dini. Seperti kerutan, flek hitam, dan terlihat kusam.

Dengan begitu, konsumsi blueberry sangat baik untuk mencukupi asupan antioksidan yang dapat melawan senyawa radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, blueberry juga memiliki nutrisi kolagen dan elastin yang baik untuk memperbaiki sel dan struktur kulit yang rusak.

2 dari 7 halaman

Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat blueberry bagi kesehatan kulit selanjutnya juga dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Bukan tanpa alasan, sirkulasi darah yang berjalan lancar dan kesehatan jantung yang terjaga dengan baik sering dikaitkan dengan kesehatan kulit.

Di sini, jantung akan memompa darah ke seluruh tubuh untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi dengan baik. Oksigen dan nutrisi inilah yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari, polusi, maupun kondisi luka atau memar.

Dengan konsumsi 1 cangkir bluberry per hari, dapat meningkatkan kemampuan tubuh mengirim oksigen dan nutrisi lain ke setiap selnya. Hal ini sangat mendukung pergantian sel baru yang lebih cepat dan efisien. Maka kulit pun menjadi lebih sehat dan terhindari dari berbagai macam kerusakan.

3 dari 7 halaman

Mendukung Produksi Kolagen

ilustrasi kulit sehat

Shutterstock/Piotr Marcinski

Manfaat bluberry bagi kesehatan kulit yang tidak kalah penting adalah dapat mendukung produksi kolagen lebih baik. Manfaat ini tidak lain didapatkan dari kandungan antosianin yang membantu produksi sintesis kolagen dalam tubuh. Kandungan ini juga mampu bekerja mengurangi kerusakan kolagen dan dan meningkatkan produksi kolagen secara keseluruhan.

Selain itu, blueberry juga menyediakan 16 persen dan 9 persen kebutuhan vitamin C harian untuk pria dan wanita. Nutrisi ini sangat berperan penting untuk mendukung produksi kolagen sehingga bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan kuat. Selain itu kandungan vitamin C juga dapat bekerja sebagai antioksidan alami yang melindungi kulit dari berbagai kerusakan.

4 dari 7 halaman

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat blueberry bagi kesehatan kulit berikutnya yaitu dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Dalam hal ini blueberry mempunyai kandungan vitamin C dan K yang sangat baik untuk membantu penyembuhan luka biasa, luka bakar ringan hingga berat. Di sini, blueberry mampu memberikan asupan sekitar 16 persen dan 24 persen dari kebutuhan harian vitamin C dan K bagi tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat berfungsi sebagai antioksidan alami yang mampu melawan senyawa radikal bebas dalam tubuh. Hal ini sangat berguna terutama saat tubuh mengalami peradangan akut dan stress oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Sehingga dengan mengonsumsi blueberry secara rutin mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka yang dialami.

5 dari 7 halaman

Meredakan Peradangan Jerawat

di bibir

©medicalnewstodaycom

Manfaat blueberry bagi kesehatan kulit yang tidak kalah menarik adalah mampu meredakan peradangan jerawat secara efektif. Manfaat ini bisa didapatkan dari kandungan serat alami dan karbohidrat rendah gula yang baik untuk meredakan peradangan pada jerawat.

Berhubungan dengan hal ini, perlu diketahui bahwa pola konsumsi makanan yang mengandung glikemik atau gula tinggi berkaitan erat risiko kulit berjerawat yang lebih tinggi.

Meskipun belum terdapat penelitian langsung yang membuktikan pengaruh konsumsi blueberry pada jerawat. Namun konsumsi makanan yang tinggi antioksidan serta serat, dapat membantu menurunkan peradangan dan mengurangi pembengkakan pada jerawat. Ini bisa menjadi salah satu alasan konsumsi blueberry untuk menjaga kesehatan kulit lebih baik.

6 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan Pencernaan Usus

Manfaat blueberry bagi kesehatan kulit selanjutnya berkaitan dengan kesehatan pencernaan usus. Perlu diketahui, kondisi ketidakseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat dalam usus sering dikaitkan dengan berbagai gangguan kesehatan kulit. Seperti kulit berjerawat, gangguan psoriasis, eksim, rosacea, dan penuaan dini.

Dalam hal ini, blueberry mempunyai sumber serat tinggi, yaitu sekitar 4 gram dalam setiap cangkirnya. Kandungan serat ini dapat membantu produksi jumlah microbiome atau bakteri dalam usus lebih seimbang. Sehingga sangat berguna untuk membantu menjaga kesehatan dan mencegah berbagai gangguan kulit.

7 dari 7 halaman

Mengatasi Psoriasis dan Eksim

002 siti rutmawati

©www.healthxchange.com

Manfaat blueberry bagi kesehatan kulit yang terakhir adalah sebagai bahan alami yang mampu mengatasi masalah psoriasis dan eksim. Psoriasis dan eksim sendiri merupakan gangguan kesehatan kulit yang menimbulkan perubahan warna dan rasa gatal bagi penderitanya. Kondisi ini biasanya sering terjadi pada seseorang yang memiliki kadar antioksidan rendah.

Diketahui, konsumsi blueberry dapat memberikan asupan antioksidan yang cukup bagi tubuh. Hal ini sangat baik dan beguna untuk mengurangi berbagai gejala yang dialami oleh penderita psoriasis maupun eksim. Bukan hanya itu, kandungan antioksidan ini juga dapat mengurangi risiko stres oksidatif dalam tubuh, yang bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini