7 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Sederhana dan Mudah Dilakukan

Minggu, 12 April 2020 15:00 Reporter : Jevi Nugraha
7 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Sederhana dan Mudah Dilakukan Ilustrasi bibir merah. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/petrunjela

Merdeka.com - Memiliki bibir merah merona merupakan dambaan setiap orang, khususnya wanita. Maka tak heran apabila lipstik menjadi salah satu alat makeup yang tak pernah ketinggalan digunakan kaum hawa.

Akan tetapi, menggunakan lipstik yang berlebihan juga dapat menimbulkan efek yang kurang baik untuk bibir, misal membuat bibir pecah-pecah. Ada banyak cara yang dapat dilakukan seseorang yang ingin memiliki bibir merah merona tanpa menimbulkan efek samping, salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Penasaran apa saja bahannya? Berikut 8 cara memerahkan bibir secara alami yang telah merdeka.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (12/4/2020).

2 dari 8 halaman

Daun Ketumbar

ilustrasi daun ketumbar
2019 Merdeka.com/Pixabay

Daun ketumbar juga dapat memberi manfaat untuk kecantikan, salah satunya untuk memerahkan bibir secara alami. Pasalnya, daun ketumbar memiliki kandungan senyawa unbelliferone yang dapat membantu mengurangi pigmentasi. Sehingga hal ini dipercaya dapat membuat bibir nampak merah alami.

Cara menggunakan daun ketumbar untuk memerahkan bibir cukup mudah. Kamu hanya perlu menghancurkan beberapa daun ketumbar hingga lembut dan membentuk pasta. Setelah itu, oleskan pasta daun tumbar tadi ke area bibir, diamkan beberapa menit dan lap dengan kain lembut yang sudah kamu basahi menggunakan air hangat.



3 dari 8 halaman

Jeruk Nipis

ilustrasi jeruk nipis
Unsplash

Cara memerahkan bibir secara alami berikutnya dengan menggunakan jeruk nipis. Buah yang terkenal memiliki kandungan vitamin C ini sangat baik untuk mencerahkan warna bibir. Pasalnya, jeruk nipis dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Sehingga dapat juga membuat regenerasi kulit bibir berjalan dengan baik. Cukup mengoleskan jeruk nipis yang sudah di belah menjadi dua ke area bibir, maka dapat memerahkan bibir kamu secara alami.

4 dari 8 halaman

Kelopak Mawar

Kelopak mawar memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Selain dapat mengatasi masalah jerawat, kelopak mawar juga dapat memerahkan bibir. Pasalnya, kelopak mawar memiliki kandungan yang dapat membantu untuk mencerahkan warna bibir.

Cara menggunakan kelopak mawar untuk mencerahkan warna bibir agar tampak merah merona pun cukup mudah. Kamu hanya perlu membuat pasta gigi dari kelopak mawar dengan campuran sedikit madu dan susu krim. Kemudian oleskan ke area bibir dan diamkan selama 15 menit. Setelah mendiamkan beberapa saat, bilaslah bibir kamu dengan air bersih secukupnya.

5 dari 8 halaman

Lidah Buaya

ilustrasi lidah buaya
2019 Merdeka.com/Pixabay

Selain baik untuk perawatan rambut, lidah buaya juga dapat memberi manfaat untuk membantu memerahkan bibir. Lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengatasi masalah bibir kering, sehingga hal ini dapat menjaga kelembapan bibir dan membuat bibir tidak kehilangan warna alaminya.

Untuk menggunakan lidah buaya untuk memerahkan bibir pun caranya cukup mudah. Kamu tinggal membelah menjadi dua setangkai lidah buaya, kemudian ambil gel di dalamnya dan oleskan ke area bibir. Kamu dapat melakukan aktivitas ini setiap hari, sehingga kamu akan memiliki bibir berwarna merah alami.

6 dari 8 halaman

Timun

ilustrasi timun
Shutterstock


Cara memerahkan bibir secara alami selanjutnya menggunakan timun. Sama seperti fungsi lainnya, kandungan di dalam timun juga dapat menjaga kelembapan bibir. Sehingga bibir akan nampak lebih cerah dan memiliki warna merah yang alami. Jadikan timun sebagai masker di bibir, diamkan beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih. Supaya kamu mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara memerahkan bibir secara alami ini setiap hari.

7 dari 8 halaman

Madu

Madu memiliki kandungan glukosa dan fruktosa yang dapat membantu merangsang epidermis. Hal ini dapat membuat kolagen baru yang akan menjaga kelembapan bibir, sehingga membuat warna bibir nampak nyata dan merah merona.

Caranya juga cukup mudah, kamu bisa mencampur madu dengan sedikit buah strawberry dan minyak zaitun. Kemudian oleskan ke area bibir dan diamkan selama 10- 15 menit. Setelah mendiamkan beberapa saat, kamu hanya tinggal membilas dengan air bersih.

8 dari 8 halaman

Minyak Zaitun

ilustrasi minyak zaitun
Shutterstock

Minyak zaitun memang memiliki segudang manfaat untuk kecantikan, salah satunya untuk memerahkan bibir secara alami. Pasalnya, kandungan vitamin E dan vitamin K di dalam minyak zaitun dapat menjaga kelembapan bibir, sehingga bibir akan nampak lebih cerah dan alami.

Cara menggunakan minyak zaitun ini hampir sama dengan penggunaan madu, kamu bisa mencampurkan minyak zaitun dan gula, kemudian oleskan ke area bibir. Hal ini bisa dilakukan setiap hari, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini