6 Minuman Penurun Berat Badan, Cocok untuk Diet

Sabtu, 13 Maret 2021 14:01 Reporter : Jevi Nugraha
6 Minuman Penurun Berat Badan, Cocok untuk Diet Ilustrasi minuman jeruk. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/ violeta pasat

Merdeka.com - Setiap orang selalu mendambakan memiliki bentuk tubuh yang ideal. Tak heran jika banyak orang melakukan berbagai upaya agar memiliki tubuh yang indah. Salah satu pemicu yang dapat membuat seseorang mengalami kegemukan badan adalah kelebihan lemak.

Lemak merupakan zat negatif pada tubuh yang biasanya tertimbun dalam perut, sehingga bisa bisa membuat badan seseorang mengalami kegemukan. Kelebihan lemak juga dapat mendatangkan berbagai macam penyakit dalam tubuh dan kerap mengakibatkan perut menjadi buncit.

Bagi sebagian orang, memiliki berat badan menjadi masalah yang besar. Selain dapat membuat tubuh menjadi tidak seimbang, hal ini juga dapat menyebabkan obesitas. Namun jangan khawatir, ada beberapa minuman penurun berat badan yang dapat membantu program diet yang sedang Anda lakukan.

Berikut beberapa minuman penurun berat badan terbaik yang merdeka.com lansir dari Healthline:

2 dari 4 halaman

Teh Hijau

ilustrasi teh hijau
©Shutterstock

Minuman penurun berat badan yang pertama adalah teh hijau. Menurut beberapa penelitian, minum teh hijau secara rutin telah terbukti menurunkan berat badan dan lemak tubuh. Pasalnya, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang dapat membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, teh hijau juga mengandung kafein, yang mampu menurunkan berat badan, menjaga daya tahan tubuh, dan meningkatkan kinerja saat berolahraga. Dengan mengonsumsi teh hijau secara teratur, efektif untuk menurunkan risiko obesitas.

Kopi

Kopi menjadi salah satu minuman penurun berat badan karena kandungan kafein di dalamnya. Kandungan ini mampu bertindak sebagai stimulan dalam tubuh dan efektif menurunkan berat badan. Selain itu, kafein juga terbukti mengurangi asupan energi, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membakar lemak jahat.

3 dari 4 halaman

Teh Jahe

ilustrasi teh jahe
©Shutterstock.com/matka_Wariatka

Salah satu jamu yang paling mudah didapatkan adalah wedang jahe. Hampir semua warung makan di Indonesia menyediakan wedang jahe.

Jamu yang menggunakan bahan dasar jahe ini terkenal sebagai minuman yang berfungsi menghangatkan tubuh. Selain itu, struktur jahe mengandung senyawa genarial, lypdis dan protein yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan.

Air Jeruk Nipis

Salah satu minuman penurun berat badan adalah air jeruk nipis. Kandungan vitamin C, vitamin B1, protein, hingga asam askorbat dipercaya efektif untuk menurunkan berat badan. Tak heran, banyak orang menggunakan jeruk nipis untuk membantu program diet.

Kandungan vitamin C tinggi pada jeruk nipis juga dapat meningkatkan sistem pencernaan sekaligus membantu fungsi hati. Selain itu, mengonsumsi jeruk nipis juga berfungsi efektif membakar lemak perut berlebih. Dengan mengonsumsi air jeruk nipis secara rutin dan teratur, mampu menurunkan berat badan secara efektif.

Ketika minum air jeruk nipis untuk diet sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Sebab, saat tubuh belum mengonsumsi apapun, tubuh dapat melakukan proses detoksifikasi dengan minum air jeruk nipis. Sehingga dapat membuat fungsi hati bekerja lebih ringan dan melangsingkan badan secara optimal.

4 dari 4 halaman

Air Lemon

ilustrasi air lemon
©Unsplash/Claudia Crespo

Seperti yang sudah diketahui, lemon merupakan sumber vitamin C yang dapat membantu melangsingkan badan. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan Nutrition and Metabolism, vitamin C berperan penting membakar lemak ketika seseorang sedang berolahraga. Selain itu, mengonsumsi jeruk lemon secara teratur juga dapat membantu proses detoksifikasi dengan membersihkan liver dan memurnikan darah.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, tentu saja air lemon harus disajikan dengan cara yang benar dan tepat. Ketika Anda sedang membuat air lemon, sebaiknya menggunakan air hangat. Sebab, air hangat lebih mudah dicerna oleh tubuh dan dapat membantu mempercepat proses metabolisme sehingga akan mendapatkan hasil yang optimal.

Air Kayu Manis

Minuman penurun berat badan selanjutnya, yaitu ekstrak kayu manis. Pasalnya, kayu manis memiliki sifat antimikroba yang efektif untuk diet. Kandungan tersebut dipercaya berfungsi untuk membantu mengurangi respons negatif tubuh terhadap makanan berlemak tinggi.

Menurut Journal of Diabetes and Technology, kayu manis berperan penting untuk meningkatkan insulin dan menurunkan kadar gula. Sehingga, kayu manis juga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2. Caranya cukup mudah, rebus kayu manis dan minum air rebusan tersebut dengan dicampur madu

Tak hanya itu, air kayu manis juga memiliki kandungan zat antioksidan seperti polifenol dan proanthocyanidins yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, kayu manis juga memiliki sifat antibakteri yang berperan penting untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini