6 Manfaat Kesendirian bagi Kesehatan Mental, Mampu Tingkatkan Produktivitas

Kamis, 21 Januari 2021 13:10 Reporter : Ayu Isti Prabandari
6 Manfaat Kesendirian bagi Kesehatan Mental, Mampu Tingkatkan Produktivitas Ilustrasi sedih. ©2018 Merdeka.com/Pexels

Merdeka.com - Sebagian orang sering kali menganggap bahwa kesendirian merupakan suatu kondisi buruk yang perlu dihindari. Bahkan tidak jarang, orang menyebutnya sebagai kondisi atau pengalaman yang menakutkan dan memberikan perasaan tidak nyaman. Dengan begitu, tidak heran jika banyak orang berusaha untuk menghindari kondisi ini.

Namun kesendirian tidak selamanya memberikan pengaruh buruk dalam kehidupan. Bahkan dikatakan, bahwa dengan menikmati waktu sendiri dapat memungkinkan seseorang untuk membangun konektivitas sosial lebih baik dengan lingkungan sekitar. Bukan hanya itu, terdapat beberapa macam manfaat kesendirian lain yang baik untuk meningkatkan kesehatan mental.

Dengan begitu, jika Anda tidak sedang dalam hubungan romantis dengan pasangan pun bukan suatu hal yang buruk. Justru, kesendirian dapat memberikan banyak waktu untuk diri Anda melakukan berbagai kegiatan yang positif dan menyenangkan. Seperti melakukan berbagai hobi atau mengembangkan minat dan bakat diri. Sehingga jika waktu kesendirian dapat dimanfaat dengan baik tentu dapat meningkatkan kualitas hidup yang semakin baik.

Beberapa manfaat kesendirian bagi kesehatan mental berikut bisa menjadi pertimbangan untuk tidak lagi merasa kesepian. Sebab, menikmati waktu sendiri dengan kesepian merupakan dua hal yang sangat berbeda. Meskipun banyak orang sering kali mengaitkan dua hal ini sebagai satu kesatuan.

Dilansir dari Verywell Mind, berikut kami merangkum beberapa manfaat kesendirian bagi kesehatan mental yang perlu diketahui.

Baca Selanjutnya: Meningkatkan Konsentrasi dan Memori...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini