6 Makanan Bunglon yang Mudah Ditemukan, Jangan Salah Pilih

Rabu, 27 Oktober 2021 10:45 Reporter : Jevi Nugraha
6 Makanan Bunglon yang Mudah Ditemukan, Jangan Salah Pilih Bunglon. © Genius.com

Merdeka.com - Bunglon merupakan salah satu hewan unik yang mudah ditemukan di Indonesia. Hewan yang bisa berubah warna ini, biasa dijumpai di semak-semak dan pepohonan di pinggiran kebun atau pekarangan. Bentuknya yang lucu dan unik, membuat kadal ini kerap dijadikan hewan peliharaan.

Selain warna tubuhnya yang bisa berubah warna, lidah bunglon juga dikenal cepat dalam menangkap mangsanya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ujung lidah bunglon mengalami percepatan 50 g. Tidak hanya itu, keajaiban bunglon lainnya, yaitu lidah bunglon merupakan yang terpanjang di antara binatang lainnya.

Bagi pemelihara bunglon, ada baiknya memilih makanan yang mudah dicernanya. Memberi selingan pada makanan bunglon berupa buah dan sayur dapat membantu melengkapi nutrisi dan vitamin pada bunglon. Berikut beberapa makanan bunglon yang merdeka.com lansir dari Liputan6.com:

BACA JUGA:
{news_title}
2 dari 4 halaman

Jangkrik Kecil

ilustrasi jangkrik
©Shutterstock/ahnhuynh

Makanan bunglon yang paling mudah ditemukan yang pertama, yaitu jangkrik kecil. Mereka juga sering digunakan oleh para peternak burung untuk memberi makanan peliharaannya, tetapi pakan burung biasanya menggunakan ukuran jangkrik yang lebih besar.

BACA JUGA:
{news_title}

Jenis jangkrik sendiri dibagi menjadi tiga, di antaranya jangkrik ladang/hitam, jangkrik rumah, dan jangkrik unta. Masing-masing memiliki tiga jenis bagian tubuh, yaitu kepala, dada, dan perut. Umumnya, jangkrik juga memiliki warna kepala merah dan dua antena di dekat mata.

Belalang Kecil

Salah satu makanan bunglon yang cukup mudah ditemukan adalah belalang kecil. Jenis serangga ini bisa ditemukan di hutan, kebun, persawahan, atau halaman rumah. Biasanya, belalang kecil akan mengeluarkan suara dengan cara menggosokkan femur belakangnya dengan sayap depan atau ketika mengepakkan sayap saat hendak terbang.

BACA JUGA:
{news_title}

Adapun perbedaan antara belalang jantan dan betina terletak pada ukurannya. Belalang betina umumnya memiliki tubuh yang lebih besar dari belalang jantan. Kandungan protein dan kalisum yang cukup besar pada belalang, dipercaya mampu membuat bunglon lebih cepat berkembang.

3 dari 4 halaman

Buah Mangga

buah mangga
©2012 Merdeka.com

BACA JUGA:
{news_title}

Makanan bunglon yang paling disukai selanjutnya, yaitu buah mangga. Buah mangga termasuk dalam kategori buah batu dan berdaging. Pemelihara bisa memberi makan bunglon kecil dengan daging buah mangga yang sudah dirancang kecil-kecil.

Ada banyak sekali kandungan gizi dalam buah mangga yang baik untuk pertumbuhan bunglon. Beberapa kandungan penting pada mangga, antara lain karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, dan lainnya.

Daun Bayam

BACA JUGA:
{news_title}

Daun bayam merupakan salah satu makanan bunglon yang sangat mudah ditemukan. Jenis sayuran satu ini biasa ditemukan di halaman rumah. Selain itu, pemelihara bunglon juga bisa membelinya di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau.

Sebelum memberi makan bunglin dengan daun bayam, akan lebih baik jika dicincang dengan lembut terlebih dahulu. Sehingga bunglon bisa mencernanya dengan mudah.

4 dari 4 halaman

Buah Tomat

tomat

BACA JUGA:
{news_title}

thamstorp.se


Tomat menjadi salah satu buah yang sangat disukai bunglon. Selain mudah ditemukan, buah tomat juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk perkembangan bunglon. Dengan memberikan buah ini secara rutin dan teratur, dapat menjaga pertumbuhan bunglon dengan baik.

Sebelum memberi makan bunglon dengan buah tomat, akan lebih baik jika mencincang dengan lebih lembut agar bunglon lebih mudah mencernanya.

BACA JUGA:
{news_title}

Wortel

Makanan bunglon yang mudah ditemukan berikutnya, yaitu wortel. Jenis sayuran satu ini banyak tumbuh di area pegunungan. Jika ingin memberi makan bunglon secara rutin, dapat membelinya langsung di pegunungan atau bisa juga di pasar tradisional.

Sebelum memberi makan bunglon dengan wortel, ada baiknya jika wortel dimasak terlebih dahulu. Jika tidak dimasak terlebih dahulu, dikhawatirkan bunglon tidak mampu mencernanya dengan baik.

BACA JUGA:
{news_title}

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini