6 Desember: Peringati Hari Konstitusi di Spanyol, Mulainya Era Demokrasi Berkeadilan

Selasa, 6 Desember 2022 05:00 Reporter : Ayu Isti
6 Desember: Peringati Hari Konstitusi di Spanyol, Mulainya Era Demokrasi Berkeadilan Ribuan bendera Spanyol di Pantai Patacona. ©2020 AFP/Jose Jordan

Merdeka.com - Seperti diketahui, konstitusi merupakan suatu hal penting yang ada dan diterapkan dalam berbagai negara. Dalam hal ini, konstitusi merupakan suatu norma sistem politik dan hukum yang memuat dasar-dasar peraturan di suatu negara. Dengan begitu, konstitusi dapat dikatakan sebagai prinsip dasar yang menjadi pegangan dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Dalam perkembangannya, tentu masing-masing negara memiliki sejarah konstitusi yang beragam dan unik. Salah satunya dialami oleh negara Spanyol. Tepat pada 6 Desember 1978, Spanyol membebaskan diri dari pemerintahan otoriter dan menyetujui konstitusi baru untuk mengatur hak-hak rakyat. Ini menjadi puncak keberhasilan yang memberikan harapan bagi masyarakat Spanyol untuk hidup lebih bebas dan adil.

Sebagai peristiwa penting yang harus terus diingat, pemerintah Spanyol menetapkan 6 Desember sebagai Hari Konstitusi Nasional. Hingga kini, peringatan ini terus digelar setiap tahun di mana masyarakat merayakan pemerintahan yang adil dan demokratis. Bukan hanya untuk diingat, peringatan ini juga memiliki beberapa tujuan penting bagi masyarakat Spanyol.

Sebagai negara yang menganut demokrasi, maka penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengetahui sejarah dan perkembangan demokrasi di negara lain. Tentu ini akan menambah wawasan sekaligus meningkatkan pemahaman pentingnya konstitusi bagi suatu negara.

Dilansir dari National Today, berikut kami merangkum sejarah peristiwa 6 Desember Hari Konstitusi Spanyol dan tujuannya, bisa Anda simak.

2 dari 3 halaman

Sejarah Hari Konstitusi Spanyol

Sebelum mengetahui sejarah Hari Konstitusi Spanyol, penting untuk dipahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan konstitusi. Konsitusi adalah prinsip dasar atau hukum suatu negara yang menentukan kekuasaan dan tugas pemerintah. Konstitusi juga berfungsi sebagai dokumen yang menjamin hak-hak tertentu kepada rakyat dan menjamin keselamatan mereka.

Di Spanyol, Dia de la constitucion atau Hari Konstitusi Nasional dibentuk dari upaya masyarakat Spanyol dalam mengakhiri kekuasaan Francisco Franco selama 36 tahun. Ini menjadi momentum bagi masyarakat Spanyol, membentuk kembali konsep pemerintahan yang bebas dan berkeadilan.

Ketika Franco meninggal, pemilihan parlemen baru diadakan pada bulan Juni 1977. Konstitusi disahkan dengan 88% suara dan disetujui oleh Parlemen Spanyol pada tanggal 31 Oktober 1978. Selanjutnya rakyat Spanyol memberikan suara dalam referendum pada tanggal 6 Desember 1978, dan Raja Juan Carlos menandatanganinya pada 27 Desember. Sejak saat itu, 6 Desember diperingati sebagai Hari Konstitusi Nasional

Karena dokumen tersebut dibentuk setelah melalui banyak konsultasi, tujuh anggota panel yang dipilih untuk mengerjakan draf konstitusi disebut 'Los Padres de la Constitución,' artinya 'Bapak Konstitusi.' Setelah melalui proses yang panjang dan rumit, akhirnya rakyat Spanyol dapat merayakan pemerintahan baru yang menjunjung demokrasi.

Pencapaian ini pun dirayakan dengan sangat meriah oleh seluruh masyarakat Spanyol. Bahkan, banyak orang menggunakan momen itu untuk mengadakan pawai protes dan membuat pernyataan politik yang mendukung perubahan baik. Sejak pertama kali dirayakan, 6 Desember menjadi hari libur nasional untuk memberikan kesempatan seluruh rakyat Spanyol untuk merayakan kemenangan.

3 dari 3 halaman

Tujuan Hari Konstitusi Spanyol

Setelah mengetahui sejarah 6 Desember yang diperingati sebagai Hari Konstitusi Nasional, penting juga untuk dipahami berbagai tujuan yang melatarbelakangi peringatan ini. Hari Konstitusi Nasional menjadi hal penting, bukan hanya bagi masyarakat Spanyol, tetapi juga seluruh negara di dunia. Tanpa konstitusi yang adil, tentu kehidupan bernegara tidak akan berjalan dengan adil dan sejahtera. Akan banyak ketimpangan-ketimpangan yang merugikan rakyat dan memberikan keuntungan lebih banyak bagi penguasa.

Kedua, tujuan peringatan Hari Konstitusi Nasional di Spanyol juga memberikan kesempatan bagi rakyat Spanyol untuk menilik kembali sejarah perjuangan yang telah dilakukan pendiri bangsa. Dengan melihat sejarah, maka rakyat akan lebih menghargai setiap perjuangan dan pencapaian yang dilakukan pada masa lalu. Ini akan meningkatkan semangat untuk membangun demokrasi yang lebih baik.

Ketiga, tujuan peringatan Hari Konstitusi Nasional di Spanyol juga memberikan informasi pada seluruh masyarakat Spanyol tentang hak-hak mereka. Bukan hanya itu, konstitusi juga membantu menjamin hak-hak masyarakat terpenuhi dengan baik dan adil secara merata. Sehingga seluruh masyarakat perlu memahami hal ini agar bisa mewujudkan kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang lebih adil dan sejahtera.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini