6 Cara Mengurangi Global Warming, Kelola Sampah hingga Lakukan Advokasi

Kamis, 28 Oktober 2021 16:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
6 Cara Mengurangi Global Warming, Kelola Sampah hingga Lakukan Advokasi Ilustrasi Global Warming. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat berbagai macam bencana alam hebat yang terjadi di beragam belahan bumi. Mulai dari kebakaran hutan yang menyebabkan kepulan asap tebal hingga menjangkau antar negara, tanah longsor akibat penebangan liar, hingga banjir akibat hujan lebat dan buruknya sistem penyerapan air karena banyaknya sampah yang menyumbat.

Sebagian bencana tersebut pun terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Contohnya saja banjir Jakarta dan beberapa wilayah secara bersamaan pada 2020 dan kebakaran hutan di Riau pada tiga tahun lalu. Meskipun dikatakan sebagai suatu bencana, namun hal ini banyak mendapat pengaruh dari berbagai dampak pemanasan global atau global warming.

Global warming atau pemanasan global merupakan suatu kondisi di mana bumi mengalami kenaikan suhu, baik di dataran maupun lautan. Suhu ini dapat terus meningkat seiring waktu yang dapat memicu terjadinya cuaca ekstrem dan berbagai bencana alam lainnya. Dengan begitu, penting bagi masyarakat untuk menyadari dan mulai melakukan aksi untuk mengurangi efek global warming.

Terdapat beberapa cara mengurangi global warming yang bisa Anda praktikkan. Mulai dari menanam pohon, memilih transportasi yang ramah lingkungan, berhenti berinvestasi pada perusahaan batu bara, hingga melakukan advokasi untuk kehidupan bumi yang sehat pada pemimpin-pemimpin negara.

Melansir dari Lemonade, berikut kami merangkum beberapa cara mengurangi global warming yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

2 dari 4 halaman

Cara Mengurangi Global Warming

ilustrasi pohon ek 001

carloweducatetogether.ie

Menanam Pohon

Cara mengurangi global warming yang pertama dengan menanam pohon. Melakukan penanaman pohon kembali atau reboisasi di hutan tropis berbagai negara, termasuk Indonesia. Bukan tanpa alasan, menanam pohon lebih banyak dapat membantu penyerapan karbon dioksida, yang termasuk salah satu bahan kimia pembentuk gas rumah kaca.

Berdasarkan penelitian, menanam pohon di sekitar dapat menghilangkan dua per tiga karbon buatan manusia. Lebih dari itu, menanam lebih banyak pohon akan meningkatkan keanekaragaman hayati, retensi air, kesehatan tanah, ketahanan pangan, dan pembangunan ekonomi masyarakat lokal.

Memilih Transportasi Ramah Lingkungan

Cara mengurangi global warming berikutnya dengan memilih transportasi yang ramah lingkungan. Alih-alih menggunakan transportasi pribadi, Anda bisa memilih transportasi umum untuk mengurangi dampak polusi udara yang Anda.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, bisa berbagi tumpangan dengan orang di sekitar. Lebih baik lagi, jika Anda mulai mengganti mobil bahan bakar fosil dengan mobil listrik. Anda juga bisa memilih kendaraan yang lebih ramah lingkungan seperti bersepeda, atau berjalan untuk menuju tempat yang sekiranya tidak terlalu jauh.

3 dari 4 halaman

Cara Mengurangi Global Warming Mudah

Mengelola Sampah

Cara mengurangi global warming selanjutnya dengan mengelola sampah dengan baik. Perlu diketahui bahwa sampah makanan sehari-hari turut dapat menghasilkan gas metana yang berkontribusi pada peningkatan gas rumah kaca.

Dengan begitu, penting bagi setiap rumah tangga untuk mengelola sampah dengan baik. Anda bisa mulai memisahkan sampah berdasarkan jenisnya, seperti logam, kaca, plastik, hingga organik. Usahakan untuk mendaur ulang beberapa sampah yang masih bisa dipakai atau digunakan dalam hal lain. Untuk sampah organik, Anda bisa mengolahnya menjadi pupuk kompos tanaman.

Berhenti Inventasi pada Perusahaan Batu Bara

Berhenti investasi pada perusahaan batu bara juga bisa menjadi salah satu cara mengurangi global waming. Perlu diketahui bahwa pembangkit listrik berbahan bakar batu bara sejauh ini merupakan penghasil karbon dioksida terbesar di atmosfer bumi.

20% emisi batu bara industri didanai oleh investor publik. Jadi ketika Anda atau perusahaan berhenti berinvestasi, semakin sulit bagi produsen batu bara untuk membiayai lebih banyak produksi batu bara. Sebaliknya, Anda bisa melakukan investasi pada perusahaan yang memproduksi energi berkelanjutan seperti solar system.

4 dari 4 halaman

Cara Mengurangi Global Warming Efektif

ilustrasi daging sapi
tasteofhome.com

BACA JUGA:
{news_title}

Kurangi Konsumsi Daging

Cara mengurangi global warming berikutnya dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi daging sapi. Perlu dipahami bahwa emisi dari peternakan hewan menyumbang sekitar 15% dari semua emisi manusia, dan daging sapi bertanggung jawab atas 41% dari itu. Sehingga ketika Anda mulai mengurangi konsumsi daging sapi, tentu permintaan daging sapi pada produsen akan menurun.

Hal ini secara tidak langsung dapat menjadi langkah nyata untuk mengurangi efek peningkatan emisi gas yang berkontribusi pada pemanasan global. Dalam hal ini, Anda bisa menetapkan aturan pada diri sendiri untuk konsumsi daging hanya di akhir pekan, atau bisa juga dengan mengganti konsumsi daging dengan alternatif lain yang mempunyai nutrisi baik dan cita rasa yang tidak kalah lezat.

BACA JUGA:
{news_title}

Melakukan Advokasi

Cara mengurangi global warming yang terakhir namun tidak kalah penting dengan melakukan advokasi. Perlu diketahui banyak perusahaan atau industri berkontribusi menghasilkan 71% emisi di seluruh dunia. Semakin banyak industri yang berdiri tentu akan meningkatkan risiko pemanasan global.

Cara mengatasi masalah ini bisa ditempuh dengan langkah advokasi pada pemerintah untuk memberikan aturan pengelolaan industri yang lebih ramah lingkungan. Anda bisa menuntut pemerintah untuk melakukan pembatasan jumlah perusahaan karbon yang diizinkan beroperasi, menyediakan sumber daya untuk mencegah kebocoran emisi, dan memberikan subsidi teknologi industri yang lebih efisien dan terjangkau.

BACA JUGA:
{news_title}

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini