5 Kegiatan Malam Takbiran di Rumah, Hangatkan Kebersamaan Bersama Keluarga

Sabtu, 23 Mei 2020 15:03 Reporter : Ayu Isti Prabandari
5 Kegiatan Malam Takbiran di Rumah, Hangatkan Kebersamaan Bersama Keluarga Ilustrasi ketupat. ©Shutterstock/szefei

Merdeka.com - Malam takbiran menjadi salah satu momen khas yang selalu didapatkan oleh seluruh umat muslim, tepat sehari sebelum hari raya Idul Fitri. Biasanya di malam takbiran, masyarakat akan menyerukan kalimat takbir di setiap masjid.

Bukan hanya itu, di Indonesia sendiri malam takbiran juga sering diisi dengan kegiatan takbir keliling yang dilakukan oleh anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Tidak jarang, kegiatan takbir keliling ini menjadi ajang kompetisi yang diikuti setiap masjid di lingkup wilayah tertentu. Kegiatan ini pun menjadi hiburan dan tontonan tersendiri bagi masyarakat sekitar.

Tidak heran jika kegiatan ini sering dilaksanakan untuk menyemarakkan semangat kemenangan menjelang datangnya hari raya Idul Fitri.

Namun sayangnya, kegiatan yang sudah menjadi budaya di masyarakat Indonesia ini harus ditiadakan sementara waktu. Mengingat, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini, sehingga masyarakat diimbau untuk melewati malam takbiran di rumah.

Hal ini tentu saja bertujuan untuk menghindari adanya kerumunan di masyarakat yang bisa meningkatkan risiko penyebaran virus corona yang semakin meluas.

Meskipun begitu, masyarakat masih dapat melakukan kegiatan lain untuk mengisi malam takbiran di rumah. Beberapa kegiatan pun bisa dilakukan bersama keluarga sehingga momen kebersamaan menjelang lebaran bisa semakin terasa.

Dilansir dari Brilio.net, berikut beberapa kegiatan malam takbiran di rumah bersama keluarga.

1 dari 5 halaman

Membuat Kue Lebaran

ilustrasi kue kering

©Shutterstock/Kati Molin

Kegiatan malam takbiran di rumah bersama keluarga yang pertama adalah membuat kue lebaran. Menjelang hari raya Idul Fitri, tentu banyak masyarakat yang menyibukkan diri untuk menyiapkan makanan atau hidangan di hari lebaran esok hari. Salah satunya adalah membuat sajian kue kering.

Anda bisa mencoba membuat kue kering dengan berbagai resep dan kreasi baru bersama keluarga. Hal ini tentu saja menjadi kegiatan seru yang dapat mengisi waktu luang di rumah saat malam takbiran.

Bukan hanya itu, kegiatan membuat kue kering ini juga bisa membangun kebersamaan dan kehangatan keluarga menjelang hari lebaran. Ini bisa menjadi kegiatan malam takbiran yang sayang untuk dilewatkan.

2 dari 5 halaman

Menata Ruang Tamu

Kegiatan malam takbiran di rumah bersama keluarga selanjutnya tentu saja membersihkan rumah dan menata ruang tamu.

Meskipun lebaran tahun ini tidak akan banyak kunjungan dari saudara maupun kerabat, namun tidak ada salahnya untuk tetap melakukan kegiatan membersihkan rumah dan menata tamu seperti sebelumnya.

Rumah dalam keadaan bersih dan tertata rapi tentu bisa menambah kenyamanan di hari lebaran.

Kegiatan ini bisa Anda lakukan saat malam takbiran bersama keluarga di rumah. Selain untuk mengisi waktu luang, kegiatan ini juga bisa memberikan kehangatan dalam kerja sama yang dilakukan antar anggota keluarga. Lebih dari itu, menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keimanan dan kebaikan di bulan Ramadan.

3 dari 5 halaman

Membuat Ketupat

ilustrasi ketupat

©Shutterstock/szefei

Membuat ketupat juga bisa menjadi salah satu kegiatan malam takbiran di rumah  bersama keluarga. Tentu saja, di hari lebaran sajian ketupat dan opor ayam masih menjadi primadona di budaya lebaran masyarakat Indonesia. Bahkan seakan-akan hidangan ini menjadi menu khas yang wajib ada setiap kali perayaan Idul Fitri.

Dengan begitu, Anda juga dapat mengisi waktu luang di malam takbiran untuk membuat ketupat bersama keluarga. Bagi yang mempunyai tradisi berbagai, Anda juga bisa membuat ketupat dalam jumlah banyak untuk dibagikan kepada sanak saudara atau tetangga sekitar.

Hal ini bisa menjadi salah satu upaya berbuat kebaikan untuk mendapatkan berkah di hari raya Idul Fitri.

4 dari 5 halaman

Menyiapkan Pakaian untuk Sholat Idul Fitri

Kegiatan malam takbiran di rumah bersama keluarga berikutnya tidak lain adalah menyiapkan pakaian untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri di keesokan hari.

Seperti diketahui, Allah menyukai setiap hambanya yang berpakain rapi, bersih, dan wangi setiap hendak melaksanakan ibadah. Termasuk ibadah sholat Idul Fitri yang hanya dilaksanakan setiap tahun sekali.

Anda bisa mulai mempersiapkan pakaian yang sopan dan bersih untuk sholat Idul Fitri di malam harinya. Tidak harus baju baru, Anda bisa menggunakan baju lama yang tersimpan di lemari pakaian.

Sebaiknya, pakaian tersebut disetrika agar terlihat rapi, kemudian digantung supaya mudah kenakan di keesokan harinya. Jangan lupa, siapkan wewangian segar yang bisa digunakan saat melaksanakan sholat Idul Fitri.

5 dari 5 halaman

Bermain Kembang Api di Pekarangan

011 tantri setyorini

©2019 Merdeka.com/Pexels

Selain beberapa cara di atas, kegiatan malam takbiran di rumah bersama keluarga adalah bermain kembang api. Bermain kembang api bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang di malam takbiran setelah selesai dengan berbagai kegiatan lain.

Anda bisa melakukan kegiatan ini bersama dengan anak-anak dan anggota keluarga lain di pekarangan rumah. Selain mengisi waktu luang, kegiatan ini juga bisa menyemarakkan semangat hari raya Idul Fitri.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini