5 Fakta Menarik Studio Lokananta, Harta Terpendam Musik Indonesia

Selasa, 20 Oktober 2020 11:45 Reporter : Shani Rasyid
5 Fakta Menarik Studio Lokananta, Harta Terpendam Musik Indonesia Lokananta. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Dunia permusikan di Indonesia terus mengalami kemajuan yang pesat. Berbagai musisi yang berasal dari beragam genre terus bermunculan. Berbagai rekaman musik dibuat dan diproduksi dalam bentuk kepingan CD atau bisa dinikmati lewat saluran Podcast atau YouTube.

Walau begitu, sejarah industri musik di Tanah Air tak boleh dilupakan. Di Indonesia, industri musik telah mengalami beberapa perkembangan teknologi, mulai dari piringan hitam, kaset, CD, sampai dalam bentuk digital. Tak hanya itu, berbagai industri rekaman dan label dibuat dan beberapa di antaranya sukses melahirkan sederet musisi bertalenta.

Namun keberadaan studio rekaman di Indonesia tak boleh lepas dari studio musik bernama Lokananta. Studio yang berlokasi di Solo itu merupakan studio musik pertama di Indonesia yang didirikan atas inisiatif R. Maladi pada 29 Oktober 1956. Pada waktu itu, fungsi utama studio ini sebagai tempat untuk menduplikasi materi siaran dari RRI.

Seiring waktu, studio ini terus mengalami perkembangan dan memproduksi banyak lagu Indonesia hingga sekarang. Bahkan hingga kini, studio itu merupakan studio musik satu-satunya milik negara.

Lalu bagaimana studio itu bertahan dalam arus zaman? Berikut selengkapnya:

Baca Selanjutnya: Harta Terpendam...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini