Jamu 'Jokowi' Diklaim Bisa Cegah Corona dan Laris Manis di Solo, Ini Faktanya

Kamis, 26 Maret 2020 17:30 Reporter : Shani Rasyid
Jamu 'Jokowi' Diklaim Bisa Cegah Corona dan Laris Manis di Solo, Ini Faktanya Jamu Jokowi. ©2020 liputan6.com

Merdeka.com - Merebaknya Virus Corona membuat orang-orang mulai ramai berburu jamu untuk meningkatkan daya tubuh mereka. Salah satu jamu yang ramai diburu adalah Jamu Jokowi.

Salah satu tempat yang menjual resep jamu itu ada di Pasar Gedhe Solo. Di sana, masyarakat berbondong-bondong untuk membeli jamu yang memakai nama Presiden Indonesia ketujuh itu..

Dilansir dari Liputan6.com, Senin (23/3), Maryono, salah satu penjual empon-empon di Pasar Gedhe Solo, mengaku Jamu Jokowi merupakan produk paling populer karena paling banyak dicari konsumen setelah merebaknya Virus Corona.

1 dari 5 halaman

Alasan Dinamakan Jamu Jokowi

jamu jokowi

2020 liputan6.com

Jamu itu diberi nama Jamu Jokowi karena resep jamu yang dibuat merupakan minuman favorit Presiden Jokowi. Sebelumnya, Jokowi memang pernah mengungkapkan rahasia dirinya untuk tetap segar bugar dalam menjalani tugas negara.

Rahasia itu diungkapkan melalui akun Instagram pribadinya pada Selasa, 23 Juli 2019.

"Ingin tahu bagaimana saya menjaga kebugaran tubuh? Tak ada rahasia, tak ada yang istimewa. Hanya ramuan sederhana semata," begitu tulis ayah tiga anak itu.

2 dari 5 halaman

Resep Jamu Jokowi

jamu jokowi

2020 liputan6.com

Jokowi sendiri mengaku telah menikmati ramuan jamu itu sejak 17-18 tahun yang lalu. Dia kemudian membagikan resep jamunya itu. Jamu ini adalah jamu dari campuran temulawak, jahe, dan kunyit, Jelas Jokowi dilansir dari Liputan6.com, Selasa (23/7/2019).

Tak hanya itu, Jokowi juga memberi tahu tahapan-tahapan pembuatan jamu tersebut.

"Pertama, jahe ditumbuk atau dirajang-rajang. Temulawak ditumbuk atau dirajang, kunyit juga. Kemudian diseduh air panas, saring, lalu kemudian diminum," terang Jokowi dikutip dari Liputan6.com, Selasa (23/7/2019).

3 dari 5 halaman

Laris di Pasar Gedhe, Solo

jokowi di pasar gede solo

Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr

Sejak Jokowi mengungkapkan rahasia kebugaran tubuhnya itu, penjualan Jamu Jokowi meningkat tajam. Bahkan Maryono sering kewalahan menghadapi para pembeli yang ingin mendapatkan jamu itu. Agar tidak kehabisan, Maryono biasanya meminta para pembeli untuk memesannya terlebih dahulu.

"Stoknya sering kehabisan. Kalau mau beli harus pesan dahulu karena proses pembuatannya masih manual. Meski permintaan naik, tapi saya tidak naikkan harga. Satu pak berisi 10 kemasan," ujar Maryono dilansir dari Liputan6.com, Senin (23/3).

4 dari 5 halaman

Diyakini Bisa Tangkal Corona

ilustrasi virus corona

2020 Merdeka.com/ cdc

Menurut Maryono, Jamu Jokowi memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu minuman empon-empon itu dapat mengobati pegel linu dan perut kembung.

Karena berfungsi sebagai peningkat daya tahan tubuh, jamu ini menjadi banyak diburu pembeli untuk menguatkan tubuh dari Virus Corona. Mungkin jamu ini bisa mencegah Virus Corona dengan memperkuat antibodi.

"Tapi kalau sudah terpapar virusnya ya tetap harus ke rumah sakit karena jamu ini hanya untuk penangkal bukan mengobati," ujar Maryono dilansir Liputan6.com pada Senin (23/3).

5 dari 5 halaman

Tersedia dalam Satu Kemasan

jamu jokowi

2020 liputan6.com

Di Pasar Gedhe, masyarakat yang hendak membeli jamu itu tidak perlu ribet harus membeli satu per satu bahannya. Para penjual di sana sudah membungkus beragam jenis empon-emponnya dalam satu kemasan plastik sehingga para pembeli tinggal menyeduhnya dengan air panas sesampainya di rumah.

Dilansir dari Liputan6.com pada Senin (23/3), satu kemasan jamu itu berisi empon-empon seperti jahe, kunyit, temulawak, sereh, pekak, kapulaga, dan gula aren.

"Dulu Jamu Jokowi memang dikenal karena kebiasaan Pak Jokowi yang sering minum jamu empon-empon ini. Tapi sekarang jamu ini cukup tenar dan banyak dicari warga untuk diminum," ujar Sugiyarti, salah seorang penjual jamu di Pasar Gedhe dilansir Liputan6.com pada Senin (23/3).

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini