5 Cara Rasulullah Merayakan Idulfitri yang Perlu Diteladani, Peroleh Kebaikan

Selasa, 11 Mei 2021 09:30 Reporter : Ayu Isti Prabandari
5 Cara Rasulullah Merayakan Idulfitri yang Perlu Diteladani, Peroleh Kebaikan ilustrasi lebaran. liputan6.com

Merdeka.com - Hari Raya Idulfitri merupakan salah satu momen perayaan yang selalu dinantikan oleh seluruh umat Muslim. Idulfitri tidak lain adalah perayaan Hari Kemenangan setelah menahan hawa nafsu dan berbagai hal buruk selama bulan Ramadan semata-mata hanya untuk beribadah kepada Allah. Hari Raya Idulfitri ini dirayakan dengan menjalankan ibadah shalat Id bersama-sama di pagi hari.

Selain menunaikan shalat Id, terdapat beberapa amalan lain yang dapat dilakukan saat perayaan Idulfitri. Dalam hal ini, Rasulullah SAW mempunyai kebiasaan baik yang dilakukan setiap kali merayakan Idulfitri. Seperti memperbanyak bacaan takbir menjelang Idulfitri, memakai pakaian bersih dan rapi, makan sebelum shalat Idulfitri, hingga bermaaf-maafan.

Beberapa cara Rasulullah merayakan Idulfitri ini dapat diterapkan dalam setiap perayaan Lebaran. Meskipun terdengar sederhana, beberapa amalan ini tentu dapat mendatangkan pahala bagi siapa pun yang menjalankan. Bukan hanya itu, dengan meneladani beberapa cara Rasulullah merayakan Idulfitri ini, Anda juga bisa mendapatkan kebaikan dan keutamaan.

Meskipun bulan Ramadan telah berlalu yang ditandai dengan perayaan Idulfitri, bukan berarti ibadah yang dilakukan di bulan Ramadan ditinggalkan begitu saja. Momen Idulfitri menjadi lembaran baru bagi seluruh umat Muslim untuk meningkatkan iman dan ibadah yang lebih baik. Dengan menerapkan beberapa cara Rasulullah merayakan Idulfitri berikut bisa menjadi langkah baik untuk memulai lembaran baru.

Melansir dari NU Online, berikut kami rangkum beberapa cara Rasulullah merayakan Idulfitri yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Memperbanyak Bacaan Takbir...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini