Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Cara Menggemukkan Kucing secara Alami, Perhatikan Pola Makan

5 Cara Menggemukkan Kucing secara Alami, Perhatikan Pola Makan Ilustrasi kucing imut. ©Shutterstock.com/ ingret

Merdeka.com - Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang populer di Indonesia. Selain mudah ditemukan, hewan peliharaan ini juga dikenal sangat mudah dirawat. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan, menjadikan hewan ini cukup digemari semua kalangan.

Di samping itu, kucing menjadi hewan yang cukup rentan mengalami kekurangan atau kelebihan berat badan. Maka dari itu, penting berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mengetahui berat badan kucing yang ideal. Sebab, jika kucing kekurangan berat badan bisa menjadi gejala hewan ini memiliki penyakit tertentu.

Menggemukkan kucing tentu membutuhkan penanganan yang khusus. Pasalnya, jika Anda memaksa kucing untuk makan sebanyak-banyaknya, dapat membuat kucing obesitas dan rentan terkena penyakit.

Lantas, bagaimana cara menggemukkan badan secara alami? Simak ulasannya yang merdeka.com lansir dari petmd.com:

Perhatikan Pola Makan

ilustrasi kucing

©2021 Merdeka.com/pexels-fox

Salah satu cara menggemukkan kucing yang pertama adalah memperhatikan pola makan. Kucing yang terlalu kurus membutuhkan lebih banyak makan per hari untuk menambah berat badan. Berikan makanan yang kaya nutrisi agar tubuhnya cepat gemuk.

Selain itu, berikan makanan yang tinggi protein dan mineral. Salah satu minuman kucing anggora yang baik untuk jaga daya tahan tubuh adalah susu. Kandungan nutrisi penting pada susu berperan penting untuk memenuhi kebutuhan harian kucing.

Tambah Makanan secara Bertahap

Menambah makanan secara bertahap menjadi salah satu cara menggemukkan kucing yang cukup efektif. Jika membeli jenis makanan baru, usahakan jumlahnya bertahap untuk memastikan kucing dapat membiasakan diri. Campurkan dengan makanan yang lama terlebih dahulu, lalu mengurangi porsi makanan lamanya secara bertahap sambil menambah porsi makanan baru.

Hal yang perlu diperhatikan saat membeli makanan baru, yaitu cek label dan fakta nutrisi. Sebab, banyak makanan kucing generik yang mengandung bahan pengisi dan pengawet.

Tambahkan Minyak Salmon ke Makanan Kucing

Cara menggemukkan kucing selanjutnya, yaitu menambahkan minyak salmon ke makanan. Umumnya, kucing menyukai cita rasa minyak ikan yang dicampur dengan makanannya.

Selain itu, kandungan minyak ikan juga bisa menambah kalori dan lemak yang dibutuhkan kucing. Dengan begitu, dapat membantu mengembalikan nafsu makannya sekaligus menggemukkan badannya.

Memberikan Madu

Salah satu minuman kucing yang dapat menggemukkan badan, yaitu madu. Minuman ini memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti zat flavonoid dan polifanol. Beberapa kandungan tersebut berfungsi efektif dalam melawan peradangan di dalam tubuh dan menggemukkan kucing.

Manfaat madu untuk menggemukkan kucing ini bisa diperoleh dengan ketentuan yang benar, agar tidak kelebihan. Sebab jika terlalu berlebihan, takutnya hewan peliharaan bisa terkena diabetes.

Berkonsultasi dengan Dokter Hewan

Ada beberapa obat yang tersedia untuk membantu menaikkan berat badan kucing. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan untuk menanyakan obat yang dapat membantu merangsang nafsu makan kucing.

Selain itu, Anda juga dapat menanyakan berapa kisaran berat badan ideal untuk kucing dan tanyakan langkah apa saja yang diperlukan untuk membuat kucing lebih gemuk. Pastikan berat badan yang rendah tersebut tidak disebabkan oleh penyakit.

Cara Merawat Kucing yang Baik dan Benar

ilustrasi kucing

©2021 Merdeka.com/pexels-matteo-petralli

Kucing menjadi salah satu hewan yang cukup mudah perawatannya. Selain mengenal cara menggemukkan kucing, Anda juga perlu menyisir atau menyikat bulu kucing secara rutin setiap minggu. Dengan cara seperti ini, bulu kucing yang panjang dan lebat akan menjadi lebih rapi dan cantik.

Selain itu, penting juga untuk menjaga pola makan dari kucing, karena hewan peliharaan ini sering mengalami obesitas. Oleh karena itu, disarankan untuk memberi si kucing makanan yang tinggi akan protein, yang tak kurang dari 40%.

Tergantung jenis kelaminnya. Untuk kucing betina, asupan ideal seharinya adalah 300 kcal/ hari, sedangkan untuk jantan sebanyak 400 kcal/hari. Beri mereka makan dua kali sehari, pagi dan sore. Hal ini untuk mengimbangi keaktifannya, tanpa membuatnya kekenyangan.

Selain itu, Anda juga bisa memotong kuku dan menyeka sudut mata dengan kain. Kuku kucing yang tumbuh dengan cepat, harus rutin dipotong agar tidak memanjang dan mengganggu aktivitasnya. Sedangkan bagian sudut mata juga harus dibersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel di sekitarnya.

Cara Mengatasi Kucing yang Keracunan

Seperti yang sudah diketahui, kucing merupakan salah satu hewan yang rentan terkena racun. Beberapa racun yang kerap menyerang kucing seperti insektisida atau racun yang biasa digunakan untuk tikus. Racun tersebut bekerja cepat menempel pada sel darah yang mengakibatkan penyebaran ke tubuh kucing.

Selain itu, racun juga akan menyerang sel-sel darah merah yang menyebabkan pendarahan internal dan menyerang sistem saraf pusat, sehingga memengaruhi otak dan jantung. Keracunan pada kucing adalah situasi darurat yang harus ditangani dengan cepat.

Salah satu cara mengatasi kucing keracunan adalah dengan membawa kucing ke area udara yang baik. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan untuk melindungi diri dari bahan beracun. Setelah itu, bawa kucing ke tempat yang aman seperti dapur atau kamar mandi.Jika Anda melihat racun ada di sekitar kucing, sebaiknya segera singkirkan. Selanjutnya, segera menghubungi dokter hewan terdekat. (mdk/jen)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
6 Tips Menggemukkan Badan Kucing dengan Efektif, Lakukan Hal Ini
6 Tips Menggemukkan Badan Kucing dengan Efektif, Lakukan Hal Ini

Pencinta kucing pasti ingin peliharaannya itu tampak gemuk dan sehat. Namun jangan sampai salah cara ya!

Baca Selengkapnya
Makanan Kucing Umur 2 Bulan, Ketahui Aturan Pemberian Makannya
Makanan Kucing Umur 2 Bulan, Ketahui Aturan Pemberian Makannya

Memberikan makan kucing harus memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
Penyebab Abses Kucing dan Cara Mengatasinya, Jangan Diabaikan
Penyebab Abses Kucing dan Cara Mengatasinya, Jangan Diabaikan

Kucing biasanya menderita abses setelah berkelahi. Mulut dan cakar kucing secara alami mengandung banyak bakteri yang mudah berpindah ke luka.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kucing Muntah Makanan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
Kucing Muntah Makanan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kucing muntah makanan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Oleh karena itu, penting untuk tahu penyebab dan cara mencegahnya.

Baca Selengkapnya
12 Cara Melebatkan Bulu Kucing dengan Alami, Lakukan Hal Ini
12 Cara Melebatkan Bulu Kucing dengan Alami, Lakukan Hal Ini

Langkah alami ini juga merupakan cara memperlakukan kucing secara baik dan benar.

Baca Selengkapnya
10 Makanan Kucing Menyusui Buatan Sendiri, Berkualitas dan Kaya Nutrisi
10 Makanan Kucing Menyusui Buatan Sendiri, Berkualitas dan Kaya Nutrisi

Makanan kucing, terutama jenis makanan basah sangat penting untuk diberikan pada kucing peliharaan.

Baca Selengkapnya
Kutu Kucing adalah Masalah Kesehatan yang Harus Segera Dibasmi, Begini Cara Mengilangkannya
Kutu Kucing adalah Masalah Kesehatan yang Harus Segera Dibasmi, Begini Cara Mengilangkannya

Kutu kucing menjadi salah satu masalah kesehatan untuk hewan peliharan kesayanganmu. Berikut cara menghilangkannya.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Makanan Musang yang Paling Disukai, Ampuh Bikin Hewan Peliharaan Jadi Gemuk
Rekomendasi Makanan Musang yang Paling Disukai, Ampuh Bikin Hewan Peliharaan Jadi Gemuk

Merdeka.com merangkum informasi tentang rekomendasi makanan musang yang paling disukai, dan ampuh bikin hewan peliharaan jadi gemuk.

Baca Selengkapnya
10 Penyakit Kulit yang Mengintai Kucing Kesayanganmu, Waspada!
10 Penyakit Kulit yang Mengintai Kucing Kesayanganmu, Waspada!

Seperti manusia, kucing juga rentan terhadap berbagai jenis penyakit kulit yang dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatannya.

Baca Selengkapnya