4 Cara Menenangkan Pikiran dengan Mudah, Lakukan Meditasi hingga Relaksasi Otot

Senin, 29 Juni 2020 13:03 Reporter : Ayu Isti Prabandari
4 Cara Menenangkan Pikiran dengan Mudah, Lakukan Meditasi hingga Relaksasi Otot ilustrasi yoga. ©2012 expressivefit.com

Merdeka.com - Seperti diketahui, kesadaran akan kesehatan mental saat ini sudah mulai diperhatikan oleh masyarakat. Banyak yang mulai sadar jika bukan hanya kesehatan fisik, kesehatan mental dan pikiran juga memberikan banyak pengaruh ke berbagai hal dalam kehidupan. Dengan begitu, kesehatan mental atau psikis juga perlu diusahakan seperti halnya menjaga kesehatan fisik.

Terlebih lagi, memasuki zaman yang semakin canggih membuat berbagai macam gangguan bisa didapatkan dari mana saja, baik itu dari mobilitas pekerjaan dan segala hal yang menuntut serba cepat, banyaknya informasi di internet yang tidak terkendali, hingga kehadiran media sosial yang dapat memberikan ketidaknyamanan, kecemasan, dan perasaan yang mengganggu lainnya. Beberapa hal ini tentu saja menjadi pemicu utama pikiran yang mudah cemas dan tidak tenang di dunia modern seperti saat ini.

Jika kecemasan atau perasaan tidak tenang yang mengganggu pikiran tidak segera diatasi, maka bisa berbuntut semakin panjang. Bahkan dalam kondisi yang lebih parah, hal ini bisa menimbulkan pikiran stres yang kemudian bisa mengganggu aktivitas keseharian. Dengan begitu, cara menenangkan pikiran perlu dipahami oleh setiap orang.

Cara menenangkan pikiran yang dilakukan masing-masing orang bisa jadi berbeda. Mulai dari melakukan hal-hal yang disukai, melakukan pola hidup yang sehat dengan berolahraga, hingga berlatih meditasi.

Bagi Anda yang sedang mencari cara menenangkan pikiran dari pikiran cemas ataupun stres, bisa mencoba beberapa cara berikut. Dilansir dari situs Wikihow, merdeka.com telah merangkum beberapa cara menenangkan pikiran dengan mudah untuk Anda.

1 dari 4 halaman

Melakukan Latihan Napas

ilustrasi meditasi

©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Yuri Arcurs

Cara menenangkan pikiran pertama yang bisa dilakukan adalah dengan latihan napas. Seperti diketahui, melakukan latihan napas memang sangat berguna untuk menciptakan pikiran yang tenang dan tubuh yang rileks. Bahkan dikatakan bahwa melakukan latihan napas bisa membantu mengurangi perasaan cemas dan stres yang mengganggu.

Dalam hal ini, Anda bisa berlatih napas melalui hidung dengan kondisi mulut tertutup. Kemudian ambil napas dalam selama 4 detik, lalu tahan selama 7 detik. Setelah itu embuskan perlahan selama 8 detik.

Bagi Anda yang masih pemula, tentu cara ini terasa sedikit susah. Dengan begitu, hitungan setiap mengambil dan mengembuskan napas bisa dikurangi. Misalnya 3 detik menghirup napas, 5 detik tahan napas, dan mengembuskan napas dalam 6 detik. Pastikan hitungan mengembuskan napas adalah 2 kali dari waktu menghirup napas.

2 dari 4 halaman

Berlatih Meditasi

ilustrasi meditasi

©Shutterstock/Aleksandar Todorovic

Cara menenangkan pikiran selanjutnya juga bisa didapatkan dari latihan meditasi. Tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, bahwa dengan melakukan latihan meditasi sangat bermanfaat untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang. Meditasi ini juga dilakukan dengan melibatkan latihan pernapasan, namun ditambah bantuan imajinasi untuk memfokuskan pikiran.

Cara ini bisa Anda lakukan dalam posisi duduk maupun berbaring, sesuai dengan kenyamanan yang diinginkan. Setelah memilih posisi yang nyaman, meditasi dimulai dengan memejamkan mata untuk membantu memfokuskan pikiran. Kemudian, bayangkan suatu hal yang spesifik seperti sebuah tempat yang nyaman dengan detail yang bisa terlihat dalam bayangan Anda.

Anda juga bisa berdoa atau melakukan fokus pada satu hal spesifik. Lalu rasakan dengan seksama perasaan yang dialami saat membayangkan imajinasi tersebut. Lakukan hingga pikiran mulai terfokus dan merasa lebih tenang.

Setelah berhasil memfokuskan pikiran saat bermeditasi, Anda bisa beristirahat minimal sekitar 10 menit. Maka perasaan dan pikiran yang lebih tenang, serta tubuh yang menjadi rileks bisa didapatkan. Jika cara ini dilakukan rutin, maka pikiran stres dan kecemasan yang dialami akibat pekerjaan atau aktivitas sehari-hari dapat teratasi dengan baik.

3 dari 4 halaman

Melakukan Visualisasi

ilustrasi meditasi

©Shutterstock/Michelangelo Gratton

Cara menenangkan pikiran yang tidak kalah penting berikutnya adalah dengan melakukan visualisasi. Visualisasi ini penting dilakukan saat sedang melakukan meditasi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa membayangkan berbagai macam hal dengan suasana damai yang bisa menyejukkan hati dan pikiran.

Selain itu, bisa juga dengan membayangkan sesuatu hal yang disukai, sehingga ketika memikirkannya hati dan pikiran terasa senang. Kemudian fokuskan semua pikiran dan energi dalam visualisasi yang dibangun, hingga pikiran menjadi lebih fokus dan tenang.

4 dari 4 halaman

Relaksasi Otot secara Progresif

pose reclining goddess

©www.huffingtonpost.com

Cara menenangkan pikiran yang terakhir adalah dengan melakukan relaksasi otot secara progresif. Cara ini bisa dilakukan dengan menegangkan bagian tubuh terlebih dahulu kemudian merelaksasi semua otot yang telah dibuat menegang. Anda bisa mulai menegangkan otot satu per satu.

Misalnya, mengerutkan kening, kemudian alis, dahi, hingga mengeraskan rahang. Kemudian saat satu per satu bagian tubuh menegang, Anda bisa menahan 5 – 10 detik lalu lakukan relaksasi.

Sebaiknya cara ini dilakukan satu demi satu pada setiap bagian tubuh dari atas hingga ke bawah. Jika semuanya sudah dilakukan relaksasi, rasakan perubahan tubuh yang semakin rileks dan meregang. Hal ini secara tidak langsung dapat memberikan pengaruh pada pikiran yang menjadi lebih tenang.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini