4 Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak, Tidak Terbaca hingga Terkena Air

Kamis, 16 April 2020 20:04 Reporter : Ayu Isti Prabandari
4 Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak, Tidak Terbaca hingga Terkena Air Flashdisk. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Flashdisk merupakan benda berukuran kecil namun sangat berguna di era teknologi seperti sekarang ini. Dengan benda ini, dokumen berbagai format dan ukuran dapat disimpan dengan baik.

Bukan hanya itu, flashdisk sering digunakan untuk memindah file dari satu komputer ke komputer lainnya. Tidak dapat dipungkiri, keberadaan benda kecil ini sangat memudahkan segala pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen elektronik.

Saat ini flashdisk berkembang semakin canggih. Teknologi penyimpanan data ini dapat ditemukan dengan berbagai merk dan kapasitas ukuran yang bisa digunakan. Harganya pun beragam.

Biasanya semakin besar kapasitas ukuran yang ditawarkan, harganya juga semakin mahal. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar, tentu saja akan semakin banyak memuat dokumen atau file yang dibutuhkan.

Namun sayangnya, alat elektronik yang satu ini rentan mengalami berbagai masalah, jika penggunaannya tidak dilakukan secara berhati-hati. Mulai dari kondisi corrupt, tidak terbaca di komputer, hingga terjatuh ke dalam air sehingga rusak dan tidak bisa digunakan.

Bagi orang awam, tentu ini menjadi masalah yang cukup meresahkan dan tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya.

Tidak perlu khawatir, bagi Anda yang mendapati masalah kerusakan pada flashdisk bisa menyimak beberapa cara berikut.

Dilansir dari Liputan6.com, berikut beberapa cara memperbaiki flashdisk rusak, tidak terbaca, hingga terkena air yang bisa dipraktikkan.

2 dari 5 halaman

Menginstal Ulang Driver USB

flashdisk
2020 Merdeka.com

Cara memperbaiki flasdisk rusak yang pertama adalah dengan menginstal ulang driver USB. Langkah in bisa kamu lakukan ketika mendapati masalah flashdisk yang tidak terbaca pada komputer. Untuk melakukan instal ulang, bisa mengikuti beberapa cara berikut :

  1. Hubungkan flashdisk pada komputer atau laptop.
  2. Selanjutnya buka menu Control Panel pada komputer, lalu pilih menu Hardware and Sound.
  3. Setelah itu, pilih menu Driver Manager dan cari Universal Serial Bus Controller.
  4. Lalu buka menu dropdown dan cari perangkat USB Mass Storage Device yang semestinya diberi tanda peringatan berupa warna kuning.
  5. Kemudian klik kanan dan pilih menu Uninstall. Setelah itu, cabut flashdisk dan hubungkan kembali pda komputer atau laptop yang kamu pakai.
3 dari 5 halaman

Menggunakan Write Protected

windows 72018 Merdeka.com

Cara memperbaiki flashdisk yang kedua bisa dengan menggunakan White Protected. Cara memperbaiki flashdisk dengan write protected ini memerlukan command prompt atau CMD. Untuk cara ini, berikut beberapa langkah yang bisa kamu praktikkan :

  1. Buka Command Prompt dengan cara klik kanan pada logo Windows, kemudian pilih menu Command Prompt.
  2. Setelah itu akan muncul jendela Command Prompt, ketik perintah diskpart dan tekan tombol enter. Maka jendela baru akan muncul
  3. Berikutnya, ketik list disk untuk melihat daftar media penyimpanan yang tersedia. Selanjutnya pilih perintah Select Disk 2 (hal ini tergantung pada posisi flashdisk diletakkan pada nomor berapa di komputer).
  4. Kemudian, ketik perintah attributes disk clear readonly. Setelah itu klik clean, lalu create participation primary.
  5. Terakhir, ketik perintah format fs=fat32 (fat32 bisa diubah dengan ntfs). Selesai melakukan hal tersebut, tinggal ketik exit.
4 dari 5 halaman

Menggunakan HDD Low Level Format

flashdisk2020 Merdeka.com

Ketiga, cara memperbaiki flashdisk rusak juga bisa dengan menggunakan HDD Low Level Format. Melalui cara ini, flashdisk akan menjadi lebih mudah diperbaiki. Berikut adalah lagkah-langkah yang bisa kamu lakukan :

  1. Hubungkan flashdisk pada komputer atau laptop.
  2. Download software HDDGURU Low Level Format.
  3. Kemudian, intal program tersebut dengan cara klik kanan dan pilih menu Run as Administrator.
  4. Pilih USB lalu klik menu Continue, dan selesai.
  5. Selanjutnya kamu bisa melakukan format ulang flashdisk dengan cara format seperti biasanya.
5 dari 5 halaman

Cara Memperbaiki Flasdisk yang Terkena Air

flashdisk Organizeyourstuffnow.com

Apabila kamu mendapati masalah flashdisk yang terkena atau tercelup air, tidak perlu khawatir. Masalah yang satu ini masih dapat ditangani dengan baik sehingga dapat mencegah flashdisk dari kerusakan. Hal yang harus dilakukan tentu saja mengeringkan flashdisk yang basah akibat terkena air.

Kamu bisa mengeringkan flasdisk dengan menjemur langsung di bawah matahari hingga benar-benar kering. Setelah dipastikan kondisi flashdisk kering secara total, kamu bisa segera mencobanya ke komputer atau laptop. Biasanya setelah dijemur hingga kering, flashdisk secara otomatis dapat digunakan kembali.

Selama flashdisk masih dalam keadaan basah, kamu tidak boleh mencolokkannya ke komputer atau laptop. Bila kamu menggunakannya, maka flashdisk akan rentan korslet dan akan mengalami kerusakan karena arus listrik. Kamu harus bersabar menunggu sampai flashdisk benar-benar kering.

Jika semua dokumen masih tersimpan di dalam flashdisk, sangat disarankan untuk segera memindah dokumen-dokumen penting tersebut pada komputer atau flashdisk lain. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika flashdisk kembali rusak di kemudian hari.

Itulah beberapa cara memperbaiki flashdisk rusak karena tidak terbaca, hingga akibat terkena air. Bagi setiap pengguna perlu untuk mengetahui cara-cara ini, agar tidak boros membeli flashdisk baru ketika mengalami masalah kerusakan. Dengan memperbaikinya, flashdisk bisa kembali digunakan tanpa perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini