4 Alasan Makan Sambil Berdiri Dilarang dalam Ajaran Islam, Buruk Bagi Kesehatan

Senin, 4 Mei 2020 18:30 Reporter : Ayu Isti Prabandari
4 Alasan Makan Sambil Berdiri Dilarang dalam Ajaran Islam, Buruk Bagi Kesehatan Ilustrasi makan sayur. Shutterstock/LoloStock

Merdeka.com - Seperti sudah sering didengar, makan sambil berdiri merupakan sikap yang tidak sopan untuk dilakukan. Bagitu juga dalam ajaran Islam, larangan ini sudah menjadi imbauan dari Nabi Muhammad SAW. Dikatakan dalam Hadist Riwayat Muslim, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda bahwa makan sambil berdiri itu lebih parah dan lebih jelek.

Dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di mana beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), “Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?” Anas menjawab, “Itu lebih parah dan lebih jelek.” (HR. Muslim no. 2024).

Selain itu, dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah juga bersabda bahwa jika seseorang secara tidak sengaja minum sambil berdiri, maka minuman yang sudah masuk mulut tersebut lebih baik segera dimuntahkan. “Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan.” (HR. Muslim no. 2026)

Dari kedua hadist tersebut, sangat jelas bahwa dalam agama Islam makan sambil berdiri merupakan tindakan yang harus dihindari. Bukan tanpa alasan, ternyata secara medis makan sambil berdiri ternyata membawa dampak buruk bagi kesehatan. Mulai dari efek makan menjadi lebih banyak hingga gangguan perut kembung.

Lebih lagi jika makan sambil berdiri dilakukan saat berbuka puasa maupun sahur. Tentu gangguan-gangguan kesehatan tersebut menjadi ancaman tersendiri bagi tubuh, yang dapat mempengaruhi kegiatan beribadah di bulan Ramadan.

Lalu apa saja dan bagaimana penjelasan medis yang menunjukkan bahaya makan sambil berdiri? Berikut kami telah merangkum beberapa alasan makan sambil berdiri dilarang dalam ajaran Islam serta dampaknya bagi kesehatan.

Baca Selanjutnya: Menyebabkan Rasa Lapar Berlebih...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini