35 Kata-kata Mutiara Baltasar Gracian, Penuh Makna Mendalam

Jumat, 29 Juli 2022 15:51 Reporter : Jevi Nugraha
35 Kata-kata Mutiara Baltasar Gracian, Penuh Makna Mendalam Baltasar Gracian 1. azquotes.com

Merdeka.com - Kata-kata mutiara Baltasar Gracian bisa dijadikan inspirasi dan motivasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Baltasar Gracian adalah salah seorang penulis dan filsuf yang terkenal di dunia. Penulis asal Spanyol ini dikenal karena novelnya yang bertema filosofis dan menggembirakan.

Pria kelahiran Spanyol, 8 Januari 1601 ini, telah melahirkan banyak karya. Beberapa bukunya yang terkenal antara lain The Hero (1637), The Compleat Gentleman (1646), The Art of Worldly Wisdom: A Pocket Oracle (1647), dan masih banyak lagi. Sebagian karya Gracian berisi tentang etika kehidupan sehari-hari.

Kata-kata mutiara Baltasar Gracian cocok dijadikan penyemangat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut kata-kata mutiara Baltasar Gracian yang merdeka.com lansir dari Good Reads:

2 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Baltasar Gracian yang Inspiratif

ilustrasi baltasar graciaacuten

cervantesvirtual.com

1. Jangan pernah membuka pintu untuk kejahatan yang lebih kecil, karena yang lain dan yang lebih besar selalu menyelinap setelahnya.

2. Orang bijak mendapat lebih banyak manfaat dari musuh-musuhnya daripada orang bodoh dari teman-temannya.

3. Jangan pernah bersaing dengan seseorang yang tidak akan rugi apa-apa.

4. Dua jenis orang yang pandai meramalkan bahaya: mereka yang belajar dengan biaya sendiri, dan orang pintar yang belajar banyak dengan mengorbankan orang lain.

5. Karena nasehat dalam sebuah lelucon terkadang lebih bermanfaat daripada pengajaran yang paling serius.

6. Lebih baik gila dengan seluruh dunia daripada menjadi bijak sendirian.

7. Tahu cara bertanya. Tidak ada yang lebih sulit bagi sebagian orang, atau bagi orang lain, lebih mudah.

8. Cobalah tugas-tugas yang mudah seolah-olah itu sulit, dan yang sulit seolah-olah itu mudah; dalam satu kasus kepercayaan itu mungkin tidak tertidur, di lain hal itu mungkin tidak kecewa.

9. Semua orang bisa menjadi unggulan dalam sesuatu, jika mereka menyadari kualitas terbaik mereka.

10. Hal-hal yang dilakukan cukup cepat jika dilakukan dengan baik. Jika dilakukan dengan cepat, mereka dapat dengan cepat dibatalkan.

3 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Baltasar Gracian tentang Kehidupan

11. Ketahuilah hari-hari sialmu, untuk yang ada. Tidak ada yang akan berhasil dengan baik dan, meskipun Anda mengubah permainan Anda, nasib buruk Anda akan tetap ada.

12. Jangan mengambil sisi yang salah dari sebuah argumen hanya karena lawanmu telah mengambil sisi yang benar.

13. Hindari mengungguli tuannya. Semua superioritas itu menjijikkan, tetapi superioritas subjek atas pangerannya tidak hanya bodoh, itu fatal. Ini adalah pelajaran yang diajarkan bintang-bintang di langit kepada kita - mereka mungkin terkait dengan matahari, dan sama cemerlangnya, tetapi mereka tidak pernah muncul bersamanya.

14. Bersikaplah terbuka terhadap saran, tidak ada orang yang begitu sempurna sehingga mereka mungkin tidak membutuhkan nasihat dari waktu ke waktu.

15. Jadilah luar biasa dalam keunggulan Anda, jika Anda suka, tetapi jadilah biasa dalam penampilan Anda.

16. Kami memiliki kelopak mata tetapi tidak memiliki kelopak mata, karena telinga adalah portal pembelajaran, dan Alam ingin membuatnya tetap terbuka lebar.

17. Kita juga tidak boleh berkecil hati jika sesuatu tidak menyenangkan seseorang, karena akan selalu ada orang lain yang melakukannya.

18. Untuk menjadi berguna dan untuk mengetahui bagaimana menunjukkan diri Anda berguna, berarti menjadi dua kali lebih berguna.

19. Ingatan tidak hanya sulit diatur, meninggalkan kita dalam kesulitan saat paling dibutuhkan, tetapi juga bodoh, menempatkan hidungnya ke tempat-tempat yang tidak diinginkan.

20. Dibutuhkan banyak kehati-hatian untuk mengatakan yang sebenarnya dan menyembunyikannya.

4 dari 4 halaman
baltasar gracian 1
azquote

21. Ketika Anda menasihati seseorang, Anda seharusnya mengingatkannya tentang sesuatu yang telah dia lupakan, bukan cahaya yang tidak dapat dia lihat.

22. Yang bahagia adalah pengecualian yang menikmati kebahagiaan sederhana mereka dengan polos.

23. Segala sesuatu memiliki waktunya, bahkan yang mulia tunduk pada ketepatan waktu.

24. Jangan pernah melakukan apa pun ketika Anda sedang marah, karena Anda akan melakukan segala sesuatu yang salah.

25. Setiap orang bodoh berdiri dengan keyakinan; dan semua orang yang yakin adalah orang bodoh. Semakin salah penilaian seseorang, semakin kuat keyakinan mereka.

26. Ada aturan untuk keberuntungan, tidak semuanya adalah kesempatan bagi orang bijak; keberuntungan bisa dibantu dengan skill.

27. Mimpi tidak akan membawamu kemana-mana, tendangan yang bagus di celana akan membawamu jauh.

28. Seni besar memberi terdiri dalam hal ini hadiah harus sangat sedikit tetapi sangat didambakan, sehingga mungkin lebih dihargai.

29. Seorang wanita cantik harus memecahkan cerminnya lebih awal.

30. Lebih baik tidur pada hal-hal sebelumnya daripada tetap terjaga setelahnya.

31. Seseorang harus memupuk kebiasaan ingatan yang baik, karena ia mampu menjadikan keberadaan sebagai Surga atau Neraka.

32. Jadilah yang pertama menjadi tuan bagi diri Anda sendiri.

33. Seluruh hidup harus menjadi proses musyawarah untuk memilih jalan yang benar. Refleksi dan pandangan ke depan menyediakan sarana untuk hidup dalam antisipasi.

34. Tidak ada hutan belantara seperti kehidupan tanpa teman.

35. Sebagian besar dan terbaik dari kita bergantung pada orang lain; kita harus hidup di antara teman atau di antara musuh.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini