3 Panduan Pemeriksaan Kehamilan Selama Pandemi Covid-19, Ketahui Setiap Trimesternya

Selasa, 2 Juni 2020 14:04 Reporter : Ayu Isti Prabandari
3 Panduan Pemeriksaan Kehamilan Selama Pandemi Covid-19, Ketahui Setiap Trimesternya Ilustrasi hamil. ©shutterstock.com/elesuc

Merdeka.com - Seperti diketahui, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia memberikan berbagai macam pengaruh di masyarakat. Mulai dari laju perekonomian yang semakin melemah, sektor hiburan dan pariwisata, hingga pengaruh sosial dan budaya di tengah masyarakat itu sendiri.

Pengaruh-pengaruh ini tidak lain berkaitan dengan kebijakan pembatasan sosial dan mobilitas di masyarakat. Tidak jarang, di tengah kondisi pandemi ini muncul beberapa fenomena baru di masyarakat. Salah satunya adalah tingkat kehamilan yang meningkat selama pandemi Covid-19.

Hal ini pun juga terjadi di Indonesia. Seperti dilansir dari Liputan6.com, angka kehamilan di Kabupaten Gorontalo mengalami peningkatan yang cukup tajam selama pandemi Covid-19. Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo pun menyebutkan setidaknya ada 10/137 perempuan hamil dalam selang waktu Januari – Maret 2020.

Sayangnya, bagi perempuan yang sedang menjalani masa kehamilan di tengah pandemi ini tidak bisa mendapatkan layanan kesehatan normal seperti sebelumnya. Mengingat saat ini fasilitas layanan kesehatan mulai dibatasi, guna mencegah penularan virus corona di masyarakat. Meskipun begitu, bagi ibu atau wanita hamil harus tetap memeriksakan kondisi kehamilan secara rutin.

Dengan adanya pandemi Covid-19, setiap pasangan yang sedang menantikan kelahiran sang bayi harus bisa menyesuaikan kondisi yang ada. Pemeriksaan kehamilan pun harus bisa dilakukan dengan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19.

Dilansir dari situs Alodokter, berikut kami telah merangkum beberapa panduan pemeriksaan kehamilan selama pandemi Covid-19 pada setiap trimester yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Panduan Pemeriksaan Kehamilan Trimester I...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini