25 Kata-kata Valentino Rossi tentang Perjuangan Hidup, Inspiratif dan Penuh Makna

Jumat, 31 Juli 2020 11:15 Reporter : Jevi Nugraha
25 Kata-kata Valentino Rossi tentang Perjuangan Hidup, Inspiratif dan Penuh Makna Valentino Rossi. © Dailymail.co.uk

Merdeka.com - Valentino Rossi merupakan seorang pembalap di kejuaraan grand prix motor dunia tersukses setelah era Michael Doohan. Ayah dari Valentino Rossi, Graziano Rossi, adalah seorang mantan pembalap GP 250 cc yang pernah menjadi juara III pada Kejuaraan Dunia Balap Motor di Sirkuit Morbidelli.

Bakat sang ayah rupanya cukup memiliki andil besar karena Rossi telah berhasil mengantongi gelar juara dunia di empat kelas yang berbeda yang diraihnya dalam waktu tujuh tahun berkarier.

Pria kelahiran Italia, 16 Februari 1979 yang dijuluki sebagai The Doctor ini menyukai balap sejak kecil. Rossi mengenal dunia balap dengan mengikuti perlombaan gokar di kotanya ketika dia masih berusia 6 tahun (1985).

Empat tahun kemudian, ia mengawali debutnya di lomba balap karting 60cc. Tahun berikutnya Rossi telah menjadi juara karting regional 60cc dengan memenangi sembilan seri balapan.

Meskipun usia sudah tidak lagi muda, namun hingga saat ini semangat Rossi di dunia balap seolah tak pernah padam. Tak heran, jika Rossi memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia. Berikut ini kata-kata Valentino Rossi yang merdeka.com rangkum dari Inspiring Quote.

1 dari 3 halaman

Kata-kata Valentino Rossi Tentang Perjuangan Hidup

aksi valentino rossi

©Reuters

1. Saya rasa rahasia sukses adalah memahami bahwa Anda masih mau menjadi bagian dari 'permainan'. Untuk melakukannya, Anda harus melupakan semua kemenangan yang pernah Anda raih pada tahun-tahun sebelumnya dan terus bersikap rendah hati.

2. Anda harus menyadari bahwa, jika Anda ingin melanjutkan karier, Anda harus bekerja keras.

3. Jika Anda terlalu membanggakan kesuksesan di masa lalu dan berkata, 'Aku punya 9 gelar dunia dan lebih dari 100 kemenangan', lebih baik Anda tinggal di rumah saja.

4. Jika saya menjajal sebuah mobil selama setahun, saya bisa kompetitif pada tahun berikutnya.

5. Impian saya adalah memenangi balapan, meraih gelar dunia. Tapi jujur saja, saya dulu bahkan tak tahu apa yang harus saya harapkan. Pada akhirnya, saya justru meraih lebih banyak hal ketimbang yang pernah saya duga. Saya sangat senang.

6. Saya tak pernah balapan untuk mengejar rekor-rekor. Motivasi untuk mematahkan rekor tidaklah cukup untuk melanjutkan karier. Anda harus menikmatinya juga.

7. Saya tak suka menjadi terkenal. Rasanya seperti penjara. Dan berkendara untuk Ferrari (di Formula 1) akan membuatnya jauh lebih buruk lagi.

8. Saya balapan untuk menang. Entah saya di atas motor atau di dalam mobil, akan selalu sama.

9. Mungkin saja saya bakal suka mencuri mobil, itu akan memberi saya pacuan adrenalin yang setara dengan balapan.

2 dari 3 halaman

Kata-kata Valentino Rossi yang Penuh Makna

015 dwi zain musofa

Motorsport.com

10. Saya adalah Valentino Rossi, dan saya ingin menjadi manusia biasa, bukan sebuah ikon.

11. Mungkin jika Graziano (sang ayah) punya pekerjaan lain atau turun di ajang olahraga lain, saya takkan punya motivasi untuk menjadi pebalap motor.

12. Hal yang paling penting adalah memiliki hubungan yang baik dengan motor. Anda harus memahami apa maunya. Saya menganggap motor sebagai wanita, dan saya tahu ini terdengar konyol, tapi itu memang benar.

13. Untuk menjadi pebalap motor yang hebat, hal yang paling penting adalah memiliki rasa cinta pada motor.

14. Mengendarai motor balap adalah seni, yakni hal yang Anda lakukan karena Anda merasakan sesuatu di dalam hati Anda.

15. Saya mencoba memiliki hubungan yang berbeda dengan motor. Saya tak memberinya nama, tapi saya selalu mengobrol dengannya. Entah apakah rider lain melakukan hal yang sama. Motor bukan sekadar seonggok logam, ada jiwa di dalamnya. Motor juga bisa bicara dengan Anda. Tapi bukan dengan suara, melainkan dengan komponennya.

16. Untungnya, sepanjang berkarier, saya memenangkan kurang lebih segalanya, jadi saya harus menikmatinya demi mendapatkan motivasi yang tepat.

17. Mungkin motor lebih berbahaya, tapi rasa cinta saya pada mobil ada di urutan kedua setelah pada motor.

3 dari 3 halaman

Kata-kata Valentino Rossi yang Inspiratif

017 yoga tri priyanto

©2016 Merdeka.com

18. Saya beruntung karena saya tak merasakan tekanan yang terlalu besar. Tekanan hanya ada pada satu jam terakhir sebelum balapan dimulai, dan itu adalah tekanan yang positif.

19. Saya mampu mengendarai motor sembari berpikir jernih soal strategi dan ban. Saya juga punya pikiran yang positif. Saya sangat suka memberi kritik membangun pada diri sendiri.

20. Ketika situasinya sulit dalam balapan, maka sensasi kemenangan terasa lebih menyenangkan.

21. Saya tak yakin ada kelompok anti-Rossi. Tapi ada kelompok orang yang berpikir dingin soal pro dan kontra.

22. Insiden tragis Luis Salom (2016) mengingatkan kita bahwa olahraga kami, renjana kami, sangat berbahaya. Kami mengetahuinya, tapi di sisi lain, kami tak memikirkannya.

23. Pertarungan-pertarungan hebat dengan para rival terkuat Anda selalu menjadi motivasi terbesar. Ketika Anda menang mudah, rasanya takkan sama.

24. Saya beruntung. Ayah saya dulu pebalap motor. Ia memberi saya renjana ini sejak dini. Saya mendapatkan motor pertama saya saat saya masih berusia 3-4 tahun.

25. Kehidupan normal saya adalah seperti sedang liburan.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini