25 Kata-kata Bijak Tacitus tentang Kehidupan, Penuh Makna Mendalam

Jumat, 12 Agustus 2022 12:10 Reporter : Jevi Nugraha
25 Kata-kata Bijak Tacitus tentang Kehidupan, Penuh Makna Mendalam Tacitus 1. azquotes.com

Merdeka.com - Kata-kata bijak Tacitus tentang kehidupan bisa dijadikan motivasi dan inspirasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Cornelius Tacitus adalah seorang penulis sejarah Kerajaan Romawi. Dalam karya-karyanya, ia banyak menyelipkan kata-kata bijak yang inspiratif dan penuh makna mendalam.

Sepanjang hidupnya, Tacitus telah melahirkan karya-karya fenomenal. Salah satu tulisannya yang terkenal adalah Annals dan Histories. Melalui karya ini, Tacitus meliput zaman pemerintahan Kaisar Romawi Tiberius, Claudius, dan Nero.

Ada banyak kata-kata bijak Tacitus yang cocok dijadikan status media sosial. Berikut kata-kata bijak Tacitus yang Merdeka.com lansir dari Good Reads:

2 dari 3 halaman

Kata-kata Bijak Tacitus tentang Kehidupan

010 yoga tri priyanto

© TheRichest.com

1. Banyak orang yang tampaknya bergumul dengan kesengsaraan merasa bahagia; banyak, di tengah kemakmuran yang besar, benar-benar sengsara.

2. Ini adalah sifat manusia untuk membenci orang-orang yang telah kita lukai.

3. Anak cucu akan membayar semua orang karena mereka.

4. Sebuah kejahatan yang mengejutkan dilakukan atas inisiatif tidak bermoral dari beberapa individu, dengan restu dari lebih banyak orang, dan di tengah persetujuan pasif dari semua orang.

5. Tidak ada yang akan meragukan kemampuannya untuk memerintah jika dia tidak pernah menjadi kaisar.

6. Tidak ada yang tahu beberapa penyair yang baik dari peringkat menengah.

7. Untuk merusak, membantai, mencuri, ini mereka memberi nama palsu kekaisaran; dan di mana mereka menciptakan gurun, mereka menyebutnya perdamaian.

8. Semua sejarah kuno ditulis dengan objek moral; kepentingan etis mendominasi hampir dengan mengesampingkan semua yang lain.

9. Selangkah demi selangkah mereka dituntun ke hal-hal yang merugikan, ruang santai, kamar mandi, jamuan makan yang elegan. Semua ini dalam ketidaktahuan mereka, mereka sebut peradaban, padahal itu hanyalah bagian dari perbudakan mereka.

10. Begitu kaburnya peristiwa-peristiwa terbesar, karena beberapa menerima begitu saja desas-desus, apa pun sumbernya, yang lain mengubah kebenaran menjadi kepalsuan, dan kedua kesalahan itu mendapat dorongan dari anak cucu.

3 dari 3 halaman

Kata-kata Bijak Tacitus yang Penuh Makna Mendalam

tacitus 1
azquotes.com

11. Jarang sekali dua atau tiga suku berunding untuk mengusir bahaya bersama. Karenanya mereka bertarung secara individu dan secara kolektif ditaklukkan.

12. Ini adalah keberuntungan langka hari ini bahwa seseorang dapat berpikir apa yang disukai dan mengatakan apa yang dipikirkannya.

13. Menunjukkan kebencian pada celaan berarti mengakui bahwa seseorang mungkin pantas mendapatkannya.

14. Laki-laki lebih siap untuk membalas luka daripada manfaat, karena rasa syukur adalah beban dan balas dendam adalah kesenangan.

15. Keberanian tidak ada gunanya, aturan kebetulan semua, dan yang paling berani sering jatuh ke tangan pengecut.

16. Untuk menjarah, membantai, mencuri, hal-hal ini mereka salah menyebut kerajaan; dan di mana mereka membuat hutan belantara, mereka menyebutnya kedamaian.

17. Ketenangan bangsa-bangsa tidak dapat aman tanpa senjata. Tentara tidak dapat dipertahankan tanpa bayaran, begitu pula bayaran tidak dapat dihasilkan tanpa pajak.

18. Lebih mudah menanggung kemalangan daripada tetap tidak dirusak oleh kesenangan.

19. Berusahalah untuk membuat seseorang malu karena kesalahannya daripada menumpahkan darahnya.

20. Hal-hal tidak boleh dinilai baik atau buruk hanya karena publik berpikir begitu.

21. Hal-hal yang lebih besar diyakini dari mereka yang tidak hadir.

22. Bahkan pria paling berani pun takut dengan teror yang mendadak.

23. Banyak orang yang tampaknya bergumul dengan kesengsaraan merasa bahagia; banyak, di tengah kemakmuran yang besar, benar-benar sengsara.

24. Karakter yang mulia paling dihargai adalah pada masa-masa di mana ia paling mudah berkembang.

25. Kematian yang terhormat lebih baik daripada kehidupan menanggung malu.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini