12 Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina, Kenali Ciri Fisik dan Perilakunya

Jumat, 15 Oktober 2021 15:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari
12 Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina, Kenali Ciri Fisik dan Perilakunya Lovebird. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Salah satu burung yang cukup populer ialah burung lovebird. Lovebird populer bagi para pecinta burung sebagai hewan peliharaan yang cantik. Burung lovebird ini dikenal dengan berbagai macam warna bulu yang indah dan menarik. Selain itu, lovebird termasuk burung yang hidup berpasangan, sehingga harus dipelihara secara sepasang, yaitu jantan dan betina.

Namun, terkadang perbedaan loverbird jantan dan betina seringkali membingungkan bagi para penggemar burung ini. Jika Anda tertarik untuk memelihara burung ini, penting untuk mengetahui perbedaan lovebird jantan dan betina. Dengan begitu, Anda bisa memasangkan burung lovebird dengan tepat, dan burung dapat berkembang biak dengan baik.

Perbedaan lovebird jantan dan betina ini dapat dilihat dari beberapa hal. Mulai dari bentuk tubuh, bentuk paruh, bentuk ekor, hingga tulang tubis. Bukan hanya itu, Anda juga bisa melihat perbedaan lovebird jantan dan betina dari perilakunya.

Dilansir dari situs Burungnya.com, berikut kami merangkum beberapa perbedaan lovebird jantan dan betina yang perlu Anda ketahui.

2 dari 4 halaman

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina : Ciri Fisik

ilustrasi lovebird
©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Bentuk Paruh

Perbedaan lovebird jantan dan betina yang pertama dapat dilihat dari bentuk paruh. Lovebird jantan biasanya mempunyai bentuk paruh yang lebih runcing dan lebih kecil. Sedangkan lovebird betina mempunyai bentuk paruh yang lebih tumpul, lebar dan besar. Ini merupakan salah satu ciri umum yang bisa Anda perhatikan ketika menentukan lovebird jantan atau betina.

Bentuk Tubuh

Perbedaan lovebird jantan dan betina berikutnya dilihat dari bentuk tubuh. Lovebird jantan mempunyai bentuk tubuh yang lebih kecil dibandingkan lovebird betina. Selain itu, lovebird jantan juga memiliki bagian kepala yang lebih rata dan cepak, sedangkan lovebird betina cenderung memiliki kepala yang lebih cekung atau melengkung.

Bentuk Sayap

Perbedaan lovebird jantan dan betina selanjutnya adalah bentuk sayapnya. Lovebird jantan memiliki bentuk sayap yang menyilang di bagian ujung atau saling bertemu. Sebaliknya, lovebird betina mempunyai bentuk sayap yang tidak menyilang di bagian ujung. Ciri ini bisa Anda perhatikan ketika burung sedang bertengger dan dalam kondisi diam.

Bentuk Ekor

Perbedaan lovebird jantan dan betina juga bisa Anda perhatikan melalui bentuk ekor. Bentuk ekor lovebird jantan biasanya runcing atau kecil dan mengerucut di bagian ujung, sedangkan lovebird betina memiliki bentuk ekor yang lebih rata dan besar. Ciri ini juga bisa Anda perhatikan ketika burung sedang bertengger dan dalam kondisi diam atau stabil.

3 dari 4 halaman

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina : Ciri Fisik Lainnya

Tulang Pubis

Bentuk tulang pubis juga termasuk salah salah satu ciri umum untuk mengetahui perbedaan lovebird jantan dan betina. Lovebird jantan mempunyai dua tulang pubis dengan jarak yang menyempit jika diraba. Sebaliknya, lovebird betina mempunyai tulang pubis yang lebih elastis dan jarak antara kedua tulang pubis lebih lebar dibandingkan lovebird jantan. Biasanya jarak tulang pubis lovebird betina seukuran jari tangan manusia.

Selain itu, saat Anda meraba tulang pubis lovebird betina, biasanya akan terasa lebih lunak dan jika ditekan tulang tersebut seperti bergerak terbuka. Sedangkan pada lovebird jantan, saat tulang pubis ditekan akan terasa runcing, rapat dan keras. Anda bisa memeriksa bagian tulang pubis ini dengan membalik tubuh lovebird dan merabanya di bagian bawah peruh hampir mendekati ekor.

Lubang Hidung

Perbedaan lovebird jantan dan betina selanjutnya dapat diketahui melalui lubang hidung. Lovebird jantan biasanya mempunyai lubang hidung yang berbentuk lonjong atau oval. Sedangkan lovebird betina mempunyai bentuk lubang hidung yang lebih bulat dan lebar. Anda bisa memeriksa lubang hidung ini dengan memegang lovebird kemudian tiup bagian hidung hingga bentuknya akan terlihat.

Lingkar Kacamata

Lingkar kacamata juga termasuk ciri perbedaan lovebird jantan dan betina yang perlu Anda perhatikan. Lovebird jantan biasanya memiliki lingkar kacamata yang lebih lonjong atau oval. Sedangkan betina memiliki klep atau lingkar mata yang lebih bulat. Ciri ini memang sulit untuk dibedakan, namun terkadang perbedaan klep mata ini bisa terlihat dengan jelas.

Anus

Cara melihat perbedaan lovebird jantan dan betina selanjutnya yaitu melalui anus. Lovebird jantan biasanya mempunyai bentuk anus yang lebih kecil dan terlihat menonjol atau lebih panjang. Sedangkan pada betina, anus bisanya berbentuk lebih lebar dan terlihat lebih rata dibandingkan lovebird jantan.

Selain itu, anus pada lovebird jantan saat diraba akan terasa keras. Sebaliknya, anus lovebird betina jika diraba akan terasa lebih empuk. Untuk melihat bagian ini, basahi dulu bagian anus kemudian buka bulu secara perlahan dan raba.

Suara Lovebird

Perbedaan lovebird jantan dan betina berikutnya dapat diketahui melalui suara lovebird. Biasanya lovebird jantan memiliki suara yang lebih keras saat berkicau. Selain itu, lovebird jantan juga sering mengeluarkan suara ngekek panjang saat sendirian. Sedangkan lovebird betina mempunyai suara yang lebih keras dibandingkan lovebird jantan.

Saat mengeluarkan suara kicau yang lebih keras, lovebird jantan biasanya terlihat birahi. Saat dijadikan satu kandang, suara lovebird jantan perlahan akan menurun, bahkan jarang berbunyi karena birahinya sudah dilampiaskan ke lovebird betina.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina dari Perilakunya

jenis lovebird©2020 Merdeka.com

Cara Bertengger

Cara mengetahui perbedaan lovebird jantan dan betina selanjutnya bisa dilihat dari cara lovebird bertengger. Jika diperhatikan, lovebird jantan akan bertengger dengan kaki yang merapat. Sedangkan lovebird betina akan bertengger dengan kaki yang sedikit melebar. Ini terjadi karena jarak tulang pubis betina lebih lebar dan berjauhan, sehingga ketika bertengger kakinya juga akan melebar.

Cincin Emas atau Jarum

Perbedaan lovebird jantan dan betina juga dapat dilihat dari gerakan cincin. Caranya cukup mudah, siapkan cincin emas dengan tali sepanjang 15-20 cm. Ikat tali pada cincin tersebut, lalu pegang lovebird dengan tangan kiri usahakan bagian kepala jauh dari genggaman tangan.

Setelah itu tempatkan cincin emas di atas kepala lovebird sekitar 3-5 cm, lalu perhatikan gerakan cincin.Jika cincin bergerak searah maju mundur, maka bisa dikatakan itu adalah lovebird jantan. Sedangkan ketika cincin bergerak memutar berarti lovebird yang dipegang adalah betina.

Perilaku Birahi

Perbedaan lovebird jantan dan betina selanjutnya dapat diketahui melalui perilaku birahinya. Umumnya saat birahi, lovebird jantan berdiri di dekat lovebird betina sambil menggerakkan kepala manggut manggut. Selain itu, lovebird jantan juga akan mengeluarkan suara tek tek tek atau cit cit cit.

Saat si jantan birahi, biasanya mondar-mandir memanggil pasangan, meloloh betina, menggesek-gesek tangkringan, dan menaiki tubuh betina. Sementara itu, saat lovebird betina birahi biasanya akan merunduk dan membuka sayapnya selebar mungkin. Selain itu, lovebird betina juga sering menggigit benda di sekitarnya ketika birahi dan ingin kawin.

Cara Membangun Sarang

Terakhir, cara mengetahui perbedaan lovebird jantan dan betina yaitu dengan memperhatikan perilaku burung saat membangun sarang. Dibandingkan jantan, lovebird betina memang paling aktif membangun sarang.

Biasanya lovebird betina akan mengambil kulit kayu dan mengumpulkannya untuk membuat sarang. Sedangkan lovebird jantan hanya memberikan kulit kayu kepada betina dan membiarkannya membangun sarang.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini