10 Buah Penghilang Mual yang Aman, Ampuh dan Mudah Didapatkan

Senin, 18 Oktober 2021 15:15 Reporter : Ibrahim Hasan
10 Buah Penghilang Mual yang Aman, Ampuh dan Mudah Didapatkan Buah-buahan. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Buah penghilang mual bisa menjadi solusi praktis saat merasakan perut mual. Perut mual memang tak mengenakkan. Kondisi terparah akan menyebabkan muntah yang membuat tubuh terasa lemas. Penyebab perut mual paling sering terjadi karena faktor masalah saluran pencernaan.

Bisa dikatakan, perut mual merupakan tanda sistem pencernaan bermasalah. Contohnya bisa saja asam lambung naik, luka, peradangan, alergi, infeksi, gangguan hormon, alergi, kehamilan, keracunan, dan masih banyak penyebab mual lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui buah penghilang mual.

Rasa mual dimulai dari otak, pemicu mual akan menstimulasi sistem saraf dan membuat otot perut merasa ingin muntah. Saat merasakan mual, ada kemungkinan perut akan sulit menerima makanan. Padahal, makanan dan minuman sangat penting untuk menghidrasi, menggantikan energi yang hilang, dan menenangkan perut. Namun tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan saat merasakan mual.

Makanan tertentu juga dapat menjadi obat alami menghilangkan mual, misalnya buah. Beberapa buah penghilang mual ini dapat dengan mudah didapatkan di sekitar rumah. Buah yang penghilang mual yang ampuh ini dipengaruhi oleh kandungannya.

Buah penghilang mual ini dapat dicoba saat merasakan mual. Untuk itu, berikut ulasan 10 buah penghilang mual melansir dari Everyday Health dan Healthline.

2 dari 3 halaman

Buah Penghilang Mual yang Aman dan Mudah Didapatkan

buahan

©2014 Merdeka.com/www.all-visualdesigns.com

1. Apel

Buah populer ini ternyata dapat menjadi buah penghilang mual yang aman. Kandungan nutrisi dalam buah apel menjadi salah satu alasan buah satu ini cocok dikonsumsi saat tubuh merasakan mual. Melansir Healthline, bersumber sebuah penelitian mengungkap bahwa saus apel dapat menghasilkan peningkatan asupan makanan serta mengurangi mual dan muntah.

Sedangkan mengutip dari Everyday Health, apel dapat membantu meredakan gejala mual. Karena kandungan buah apel memiliki serat yang menyehatkan kondisi pencernaan tubuh. Konsumsi jus apel ataupun membuatnya menjadi saus apel saat mengalami rasa mual dan diare bisa menjadi pilihan tepat.

2. Lemon

Lemon menjadi deretan buah penghilang mual bersama deretan bahan alami lainnya seperti jahe, peppermint, hingga lavender. Lemon dapat meredakan rasa mual yang ampuh. Kandungan lemon mampu menghilangkan racun dari dalam tubuh. Cara mengonsumsinya juga beragam, mulai dari membuatnya jus, memeras air lemon, hingga mencampurkannya dengan bahan makanan atau minuman lainnya.

Sebagaimana mengutip Byrdie.com, sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa hanya dengan menghirup aroma lemon segar, ibu hamil dapat mengurangi mual dan muntah.

3. Pisang

Buah penghilang mual selanjutnya adalah pisang. Buah pisang sendiri juga menawarkan cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan nutrisi di dalamnya. Selain kaya vitamin dan karbohidrat, buah pisang juga dapat menjadi salah satu rekomendasi makanan pereda rasa mual tubuh.

Salah satu alasan buah pisang jadi makanan yang tepat dikonsumsi saat mual adalah karena kandungan potasium pisang dapat memberi manfaat tubuh. Di mana saat mual hingga mengalami muntah, tubuh akan kehilangan cukup banyak kalium dan elektrolit. Untuk itu dengan konsumsi buah pisang ini bisa membantu mempertahankan energi tubuh sekaligus mengganti nutrisi yang hilang selama muntah ataupun diare.

4. Buah Ara

Buah ara juga baik untuk pencernaan, khususnya dalam mengurangi gejala asam lambung hingga rasa mual. Buah ara mengandung gula alami, mineral, kalium, kalsium, dan zat besi. Kandungan seratnya membantu pergerakan usus sehingga berguna mengobati gangguan pencernaan. Selain mengurangi gejala mual, buah ara juga berguna untuk mencegah sembelit.

5. Jahe

Jahe menjadi bahan alami yang cukup sering dan efektif meredakan rasa mual yang timbul pada tubuh. Selain itu jahe digunakan sebagai obat tradisional mengatasi sejumlah penyakit karena kandungan nutrisi di dalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan.

Di dalam jahe diketahui mengandung senyawa bioaktif seperti gingerol, paradol, dan shogaol yang bisa mencegah gejala mual. Jahe efektif sebagai bahan mengatasi mual karena penyebab tertentu seperti mabuk perjalanan hingga awal kehamilan. Para peneliti menyebut konsumsi jahe seberat 0,5 - 1,5 gram jahe kering setiap hari dapat menimbulkan efek terapeutik bagi tubuh. Jahe tersebut bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman hangat seperti teh agar meredakan rasa mual.

3 dari 3 halaman

Buah Penghilang Mual Ampuh

ilustrasi buah buahan©Shutterstock/Efired

6. Melon

Seperti pisang, melon adalah buah lain yang mengandung basa. Melon merupakan jenis buah penghilang mual yang ampuh meredakan masalah pencernaan. Kamu bisa memakannya langsung atau diolah menjadi jus. Selain melon, blewah dan semangka juga baik dikonsumsi pengidap asam lambung.

7. Semangka

Semangka dapat menetralkan keasaman di dalam lambung, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita mual. Selain, memiliki kandungan air yang melimpah, semangka juga kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino.

Kandungan air buah semangka yang tinggi juga membantu pencernaan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain buah semangka, buah melon dan blewah juga bisa dijadikan pilihan sebagai buah penghilang mual. 

8. Pepaya

Buah pepaya memiliki khasiat yang ampuh meredakan mual karena asam lambung. Pepaya mengandung vitamin K, beta-karoten, dan kalsium. Pepaya mengandung enzim papain yang membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi sensasi terbakar di dada.

9. Kentang

Melansir dari Everyday Health, makanan bertepung seperti kentang adalah pilihan baik saat mual. Kentang mudah disiapkan, tinggi kalori dan membantu menenangkan perut. Kentang juga punya rasa hambar, tidak berwarna, dan tidak berbau seringkali lebih mudah ditoleransi. Ini membuat kentang lebih sedikit memicu mual daripada makanan beraroma kuat.

Kentang bisa direbus, dikukus, dipanggang atau dihaluskan dengan sedikit mentega dan susu untuk kalori ekstra.

10. Kacang

Sebagaimana mengutip dari Everyday Health, Kurangnya protein dapat membuat mual terasa lebih buruk. Maka dari itu, carilah makanan yang mengandung protein seperti kacang bahkan selai kacang. Jenis kacang memang aman dikonsumsi bersama deretan buah penghilang mual selama tidak terjadi alergi. Kacang akan dengan cepat mengisi kembali energi yang terkuras dan membantu mencegah mual Anda. 

Menurut Palinski Wade, Mual akibat kelaparan berlebihan, gula darah rendah, atau kehamilan dapat merespon dengan baik protein dan lemak dalam kacang-kacangan. Mengonsumsi makanan rendah lemak dan rendah protein, dalam bentuk makanan bertepung adalah solusi terbaik untuk mengobati mual.

Hal ini, lantaran protein dan lemak dicerna dengan lambat, namun takaran dalam jumlah besar dapat meningkatkan mual.

[Ibr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini