James Mooney

Foto:

James Mooney


Nama Lengkap : James Mooney

Alias : No Alias

Profesi : Penulis

Agama : Katolik

Tempat Lahir : Richmond-Indiana

Tanggal Lahir : Minggu, 10 Februari 1861

Zodiac : Aquarius

Warga Negara : Amerika


Saudara : Paul Mooney
Istri : Lee Gau
BIOGRAFI

Sosok James Mooney dikenal di kalangan akademik sebagai salah satu pakar etnografi yang banyak meneliti tentang kehidupan penduduk asli Amerika, khususnya suku Indian Cherokee. Lahir pada 10 Februari 1861 di Richmond, Indiana, Mooney sendiri merupakan keturunan pendatang atau imigran asal Irlandia. Semasa mengenyam pendidikan formal di sebuah sekolah umum di Indiana, etnografer pada masa pasca-kolonial Amerika ini banyak berteman dengan anak-anak dari berbagai latar suku yang beragam. Kedekatan semasa kanak-kanak inilah yang nanti akan memicu ketertarikan Mooney untuk melakukan observasi atas keragaman budaya dan penduduk asli Amerika sekaligus mengantarnya menjadi salah satu pakar bidang Antropologi suku Indian Amerika.

Pada 1885, Mooney bekerja di Kantor Birokrasi Etnologi Amerika di Washington D.C, saat itu di bawah pimpinan John Wesley Powell. Semasa bekerja di kantor ini, Mooney menghasilkan daftar kompilasi penduduk asli Indian Amerika yang berisikan kurang lebih 3000 nama suku. Sayangnya proyek tersebut terpaksa dihentikan akibat kejadian tragis yang hingga saat ini, dan mungkin seterusnya, menjadi catatan kelam sejarah panjang kolonialisasi Amerika: pembunuhan massal yang dilakukan tentara Amerika terhadap suku Lakota yang tinggal di wilayah Wounded Knee, Dakota Selatan.

Semasa karirnya sebagai etnografer, James Mooney berhasil menerbitkan beberapa buku yang menjadi best-seller masa itu. Salah satu buah karya Mooney yang paling dikenal adalah 'Ghost Dance' yang bercerita tentang penyebaran agama di kalangan suku Indian pada sekitar abad ke-19. Karya Mooney lain, Cherokee: The Sacred Formula of Cherokees, diterbitkan pada 1891, menyusul 'Myths of Cherokees' pada sekitar 1900. Semua karya Mooney diterbitkan melalui kantor tempatnya bekerja, Birokrasi Etnologi Amerika.

Pada 28 September 1897, James Mooney menikah dengan Ione Lee Gaut dan dikaruniai 6 orang anak. Salah satunya, Paul Looney, juga nanti akan dikenal sebagai salaj seorang seorang penulis besar di Amerika. James Mooney tutup usia pada 22 Desember 1921 di Washington D.C. akibat serangan jantung.

Riset dan analisis: Diela Kurnia - Mochamad Nasrul Chotib

PENDIDIKAN
  •  Sekolah Umum di Indiana
KARIR
  •  Etnologi Birokrasi Amerika
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
    Data Kosong

Sebelumnya