Warga Pesisir Jakarta Diminta Waspadai Banjir Hingga 17 Juni 2022

Minggu, 12 Juni 2022 05:00 Reporter : Fikri Faqih
Warga Pesisir Jakarta Diminta Waspadai Banjir Hingga 17 Juni 2022 Banjir Rob Kali Adem di Muara Angke. ©2022 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta meminta masyarakat untuk mewaspadai peringatan dari BMKG Maritim Tanjung Priok tentang peringatan potensi banjir pesisir (rob) tanggal 11-17 Juni 2022.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan selama periode tersebut, menurut keterangan dari BMKG, bumi memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) yang berpotensi mengakibatkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum.

"Kami mengimbau masyarakat di wilayah pesisir DKI Jakarta untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir khususnya di Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Kepulauan Seribu," katanya di Jakarta, Sabtu (11/6).

Dia menambahkan agar masyarakat senantiasa memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut melalui laman: bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

"Apabila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112," ucapnya.

Masyarakat juga diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut dan memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim dari BMKG.

Masyarakat bisa mendapatkan peringatan dini itu melalui: Call Center BMKG Maritim Tanjung Priok: 0813 1676 0711; Facebook: Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Priok; Instagram: @bmkgpriok @infobmkg @bmkgmaritim; Twitter: @bmkgpriok @infobmkg; serta Website: maritim.bmkg.go.id. [fik]

Baca juga:
Warga Jaksel & Jaktim Waspada, Kali Ciliwung Meluap Puluhan RT Dikepung Banjir
Katulampa Siaga II, Pintu Air di Jakarta Masih Relatif Aman
Bendung Katulampa Siaga II, Warga Jakarta Diharapkan Waspada Banjir
Antisipasi Banjir, Kali Induk Kramat Jati Akan Direvitalisasi
Cegah Banjir, Pemprov DKI Ingin Permukiman Punya Embung untuk Kurangi Air ke Sungai
Warga Jakarta Diminta Siaga, Bendung Katulampa Siaga 3
LBH DKI Ungkap Sembilan Masalah Krusial yang Belum Tuntas di Jakarta

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini