Warga Jangan Panik, Ini Dugaan Sementara Buat Ratusan Ikan Terdampar di Pantai DKI

Kamis, 1 Desember 2022 15:45 Reporter : Lydia Fransisca
Warga Jangan Panik, Ini Dugaan Sementara Buat Ratusan Ikan Terdampar di Pantai DKI Fenomena Ikan Naik ke Permukaan di Pulau Seribu Bikin Heboh, Ini Penampakannya. ©2022 Merdeka.com/tiktok @hijiwanci

Merdeka.com - Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Utara telah meninjau lokasi dan mengambil sampel air laut untuk memastikan fenomena penyebab ratusan ikan naik ke permukaan pantai di wilayah Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara.

Kepala Sudin KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto meminta masyarakat untuk tidak panik terkait fenomena ikan naik ke daratan teluk Jakarta tersebut. Dia meminta masyarakat lebih dulu menunggu kepastian penyebab ratusan ikan itu terdampar di pantai Jakarta.

Unang menuturkan, penyebab ikan naik ke darat itu bisa diakibatkan proses oksigenisasi. Hal itu mengakibatkan ikan berenang mencari oksigen ke kawasan pesisir.

Selain itu menurut Ujang, fenomena ikan naik ke darat tersebut bisa disebabkan oleh pertumbuhan alga. Sebab, saat tim melakukan pemantauan ke lokasi ditemukan kondisi air tampak berwarna hijau yang diperkirakan sudah berlangsung sejak Minggu (27/11).

"Tapi untuk kepastiannya kita tunggu hasil penelitian laboratorium dari sampel yang sudah diambil," kata Unang dikutip dari rilis resminya, Kamis (1/11).

2 dari 4 halaman

Tak Ditemukan Ikan Mati

Unang menambahkan, petugas Sudin KPKP juga telah memantau lapangan di kawasan Pulau Onrust, Pulau Cipir, Pulau G, Pulau N, dan wilayah Penjaringan Jakarta Utara. Hasil penelusuran dilakukan petugas Sudin KPKP tak ditemukan kumpulan ikan mati di lokasi tersebut.

"Dari hasil peninjauan diketahui kebanyakan ikan tersebut merupakan jenis ikan tembang," kata dia.

Namun Unang belum dapat memastikan penyebab fenomena ikan naik ke permukaan tersebut. Menurut dia, kesimpulan pemicu terjadinya fenomena ini baru bisa diketahui setelah adanya hasil penelitian lebih lanjut.

"Kami belum bisa memastikan penyebabnya. Tim gabungan sudah mengecek ke lokasi dan mengambil sampel air serta ikan,” ujar Unang.

3 dari 4 halaman

Fenomena Ikan Naik ke Daratan Bukan Tanda Terjadi Gempa

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan fenomena segerombolan ikan yang naik ke daratan bukan tanda terjadinya gempa.

"Masyarakat tidak perlu panik. Ini bukan karena adanya gempa," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo, dikutip Kamis (1/12).

Dia menduga, fenomena tersebut disebabkan oleh perbedaan kadar oksigen dari laut atau tingkat kesuburan air laut.

"Bisa disebabkan oleh perbedaan kadar oksigen dari laut yang lebih tengah ke pesisir atau garis pantai. Juga bisa disebabkan oleh tingkat kesuburan air laut yang merupakan bagian dari rantai makanan tempat berkumpulnya ikan dan kemudian terdorong oleh arus laut atau dorongan dari energi gelombang menuju ke pesisir kemudian segerombolan ikan ini bisa naik ke daratan," ujar dia.

Meskipun demikian, Eko menegaskan, perlu penelitian lebih lanjut terkait fenomena ini.

"Ini para peneliti masih menduga perlu penelitian lebih lanjut. Perlu penelitian lebih lanjut dan ini bukan tersebab oleh terjadinya gempa," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Sample Air Masih Diteliti

Sebelumnya, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta telah mengambil sampel air laut dan ikan untuk diteliti lebih lanjut di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu pada Rabu (30/11) pagi. Hal tersebut merespons adanya ikan-ikan yang naik ke permukaan di dermaga Pulau Onrust.

“Tadi pagi kami ke lapangan dan mengambil sampel dimaksud (untuk) uji laboratorium. Sampel yang diambil adalah air laut dan ikannya,” kata Kepala Dinas KPKP DKI Suharini Eliawat kepada merdeka.com saat dikonfirmasi.

Meskipun demikian, Eli mengatakan bahwa pengujian di laboratorium belum usai sehingga hasilnya belum dapat diumumkan.

“Hasilnya nanti saya konfirmasi kembali ya,” tambah Eli. [gil]

Baca juga:
Ikan Terdampar di Pantai Utara Hilang, Ini Kata Saksi Mata
BMKG Sebut Fenomena Ikan Naik ke Daratan Bukan Tanda Terjadi Gempa
Bacaan Doa Petir Saat Menggelegar & Penjelasan Fenomena Alam Ini dari Sisi Islam
Fenomena Ikan Naik ke Permukaan di Pulau Seribu Bikin Heboh, Ini Penampakannya
Polisi Soal Fenomena Ikan Naik ke Permukaan di Pulau Seribu: Bukan karena Limbah
Penyebab Ratusan Ikan Naik ke Permukaan di Pantai Ancol

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini