Wali Kota Jakpus Akan Gusur PKL di Bawah Skybridge Tanah Abang Pekan Depan

Jumat, 7 Desember 2018 11:43 Reporter : Merdeka
Wali Kota Jakpus Akan Gusur PKL di Bawah Skybridge Tanah Abang Pekan Depan Skybridge Tanah Abang. ©Liputan6.com/Delvira Hutabarat

Merdeka.com - Skybridge atau Jembatan Penyebrangan Multiguna (JPM) Tanah Abang sudah selesai dibangun. Ujicoba dilakukan hari ini sampai pekan depan.

Rencananya, mulai Senin (9/12), sebanyak 446 PKL bisa berjualan di atas skybridge. Namun jumlah PKL di bawah skybridge mencapai ribuan atau lebih banyak dari jumlah lapak tersedia.

"Jumlahnya seribuan lebih itu," kata Wakil Walikota Jakarta Pusat, Irwandi di Tanah Abang, Jumat (7/12).

Irwandi mengatakan, sebanyak 446 PKL yang sudah terdata akan direlokasi keskybridge Tanah Abang, sebanyak 200 PKL akan dipindah ke Blok F. Sedangkan sisa PKL yang tidak terdaftar akan digusur.

"Nah itu tugas saya nanti nyapu sisanya PKL di bawah," katanya.

Tak tanggung-tanggung, Irwandi akan menurunkan 500 personel Satpol PP untuk membersihkan bawah JPM Tanah Abang dari PKL. "Senin kita akan turunin 500 satpol PP, jadi 300 dari provinsi, 200 wilayah," ucapnya.

Mantan Kadis UMKM itu tak mau ambil pusing soal relokasi PKL yang akan digusur. "Kita enggak mau tahu (jualan di mana) karena ini tidak terdaftar," ucapnya.

Baginya, PKL Tanah Abang bagai jamur yang terus bertumbuh. Apabila ada yang pindah maka sudah ada PKL yang siap menggantikan tempat yang kosong seperti di trotoar bawah skybridge Tanah Abang.

"Jadi gini PKL itu kalau ada gusuran naik 446 ini yang lain siap-siap nih mau gantiin. Itu sudah sifatnya PKL. Gua gantiin dagang di bawah dong, kan lu pergi. Nah itu enggak boleh, kita usahakan bersih (dari PKL)," ucapnya.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini