Wagub Riza Soal Rencana Pergantian Nama Jalan di DKI: Sudah Disusun Secara Internal

Minggu, 25 September 2022 18:03 Reporter : Lydia Fransisca
Wagub Riza Soal Rencana Pergantian Nama Jalan di DKI: Sudah Disusun Secara Internal Jakarta lengang. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengeluarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) No. 565 Tahun 2022 tentang Penetapan Nama Jalan, Gedung dan Zona Dengan Nama Tokoh Betawi dan Jakarta pada Juni lalu. Kepgub tersebut mengatur tentang perubahan 22 nama jalan di Ibu Kota. Anies mengatakan, penerapan aturan ini masih dalam kajian.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, rencana pergantian nama sudah disusun secara internal dan akan segera diumumkan. Dia berharap bisa segera terealisasi sebelum masa jabatannya berakhir pada 16 Oktober mendatang.

"Ini kan sudah disusun di internal, cuma memang belum diumumkan secara terbuka. Nanti akan disampaikan," kata Riza saat ditemui di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (25/9).

2 dari 3 halaman

Sebelumnya, Anies menyebut pergantian nama beberapa jalan untuk mencerminkan banyak pribadi yang berjasa untuk Jakarta.

"Ini adalah kota di mana perjuangan dilakukan dan berkumpul begitu banyak pahlawan dan pribadi berjasa," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (27/6) lalu.

Maka dari itu, Anies ingin menghormati, mengenang dan memberi inspirasi dengan mengabadikan tokoh-tokoh Betawi menjadi nama jalan di Jakarta. Dia menyatakan bakal meneruskan perubahan nama jalan di Ibu Kota.

3 dari 3 halaman

"Ini dilakukan serempak supaya memudahkan administrasinya. Tapi ini tidak selesai di sini, ini gelombang satu, nanti kita akan teruskan sampai tuntas," ucapnya.

Anies menegaskan, perubahan nama ini tidak akan merepotkan data kependudukan maupun lainnya bagi warga Jakarta. Data sekarang yang masih belum diganti masih berlaku.

"Semua yang tercatat di KTP, KK, dokumen tanah, kendaraan bermotor semuanya masih sahih, bersamaan dengan masa berakhirnya validitas dokumen, dan ganti dokumen baru, baru lah nama baru itu dimasukkan. Kecuali mau proaktif mendatangi dan mengubahnya. Intinya seperti itu," jelasnya. [lia]

Baca juga:
Nama Ali Sadikin Direncanakan Masuk Daftar Penamaan Jalan di Jakarta
Perubahan Nama Jalan, Disbud DKI: Kami Mengikuti Arahan dari Anies Baswedan
Wagub DKI Respons Pansus Nama Jalan: Perbedaan Bisa Dibahas, Tidak Selalu Pansus
Komisi A DPRD DKI Bentuk Pansus Perubahan 22 Nama Jalan
Wagub DKI Tegaskan Perubahan 22 Nama Jalan Sudah Final
Pengurusan Perubahan Nama Jalan dalam Sertifikat di BPN Jakpus, Gratis

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini