Wagub DKI Ungkap Upaya Memastikan Hewan Kurban Masuk Jakarta Bebas PMK

Kamis, 30 Juni 2022 09:16 Reporter : Merdeka
Wagub DKI Ungkap Upaya Memastikan Hewan Kurban Masuk Jakarta Bebas PMK Upaya pencegahan penyakit mulut dan kuku pada sapi. ©2022 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan pihaknya sudah melakukan banyak cara untuk memastikan sapi yang masuk ke Jakarta melalui proses karantina. Hal tersebut guna mencegah penularan penyakit kuku dan mulut (PMK) pada hewan ternak jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

"Jadi memang kami sudah mengupayakan berbagai cara dan memastikan semua sapi-sapi yang masuk di Jakarta harus di karantina melalui proses sebagainya agar tidak terjangkit PMK," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu 29 Juni 2022 malam.

Namun, Riza menjelaskan pihaknya akan menyiapkan vaksin PMK sebagai langkah penanganan apabila ditemukan sapi yang terkena PMK.

"Disiapkan vaksin nanti kalau memang ditemukan ada satu dua yang terkena tertular PMK tersebut nanti akan kita tangani," kata Riza.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Pemerintah Pusat telah mengadakan Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) Pembahasan Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Hewan Ternak, Rabu 29 Juni 2022.

Rapat tersebut membahas perkembangan terkini upaya penanganan penyakit PMK. Selain itu, Rakortas tersebut juga membahas mengenai penyiapan anggaran untuk penanganan penyakit PMK.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan sampai dengan 29 Juni 2022, tercatat di data Kementerian Pertanian bahwa penyakit PMK ini telah menyebar ke 19 Provinsi dan 221 Kabupaten/ Kota.

Dengan jumlah kasus yang Sakit sebanyak 289.430 ekor, Sembuh 94.575 ekor, Pemotongan Bersyarat 2.940 ekor, Kematian 1.722 ekor, dan yang sudah divaksinasi sebanyak 91.716 ekor.

“Sudah ada 3 juta dosis vaksin di Indonesia dengan anggaran yang sudah disiapkan, sehingga vaksin yang sudah ada harus segera disuntikkan,” ujar Airlangga.

Reporter: Winda Nelfira [ray]

Baca juga:
Pedagang Hewan Kurban di Tasik Jual Sapi di Kafe Cegah PMK, Begini Cara Belinya
Antisipasi PMK, Sapi-Sapi di Kota Bogor Disuntik Vaksin
Wali Kota Kediri Minta Warga Tak Takut Makan Daging Kurban, Ini Penjelasannya
Geliat Penjualan Hewan Kurban di Tengah Wabah Virus PMK
Terjangkit PMK, 68 Hewan Ternak di DIY Mati

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini