Volume Kendaraan Meningkat 2 Persen, Pemprov DKI Belum akan Terapkan Ganjil-Genap

Selasa, 27 April 2021 22:45 Reporter : Yunita Amalia
Volume Kendaraan Meningkat 2 Persen, Pemprov DKI Belum akan Terapkan Ganjil-Genap Ganjil genap ditiadakan dan transportasi umum dibatasi. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan kepadatan volume lalu lintas mengalami peningkatan sekitar 2 persen. Lonjakan volume mulai terjadi periode Maret-April.

"Lonjakan traffic dibandingkan masa Maret-April ini ada lonjakan kecil 1-2 persen," ucap Syafrin, Selasa (27/4).

Meski terjadi lonjakan, Syafrin mengatakan belum bisa menerapkan kebijakan ganjil-genap, dengan pertimbangan pembatasan kapasitas maksimal transportasi publik di masa pandemi Covid-19.

Khusus pada bulan Ramadan, ujar Syafrin, kepadatan dapat dipastikan terjadi pada jam 07.00 WIB. Mayoritas perkantoran, disebut membuka absensi pagi pukul 08.00 WIB.

"Sekarang semuanya berangkat jam 7 sehingga terjadi kepadatan yang serentak, tidak terjadi distribusi arus lalu lintas pada jam 5 ke jam 7, jadi semunya numpuk di waktu yang hampir sama karena masuk jam 8," jelasnya.

Dalam kesempatan terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengamini peningkatan volume lalu lintas kendaraan di masa pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro. Namun demikian, kebijakan sistem ganjil genap belum menjadi pertimbangan untuk menekan volume kendaraan.

Politikus Gerindra itu berpendapat, kepadatan lalu lintas saat ini masih dalam kondisi wajar.

"Memang ada peningkatan intensitas kepadatan lalu lintas. Namun masih dalam kondisi wajar terkendali, aman," ujar Riza di Balai Kota, Selasa (20/4). [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. PPKM
  3. Lalu Lintas
  4. Ganjil Genap
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini