Vaksinasi Booster Ke-2 Digelar di 44 Puskesmas Jakarta, Simak Jadwal & Syaratnya

Selasa, 24 Januari 2023 11:46 Reporter : Nur Habibie
Vaksinasi Booster Ke-2 Digelar di 44 Puskesmas Jakarta, Simak Jadwal & Syaratnya Vaksinasi booster Covid-19 di GOR Ciracas. ©2022 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - DKI Jakarta telah menyiapkan 300 layanan vaksinasi untuk masyarakat yang ingin melakukan vaksin booster ke-2 atau dosis ke-4. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ngabila Salamap.

"DKI Jakarta sudah menyiapkan sekitar 300 layanan vaksinasi per hari Senin-Minggu dan bahkan sore dan malam hari jam 16.00-20.00 Wib, hari Senin-Jumat di 44 Puskesmas Kecamatan," kata Ngabila saat dihubungi, Selasa (24/1).

Vaksinasi booster ini dapat dilakukan oleh masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas. Lalu, untuk jenis vaksin yang disediakan itu yakni Pfizer dan Zifivax.

"Langsung saja datang ke lokasi, berlaku untuk KTP seluruh Indonesi," jelasnya.

Ngabila mengatakan cara untuk dapat vaksinasi booster ke-3 dan ke-4 ini sudah mendapatkan dosis ke-1 dan ke-2 minimal tiga bulan sebelumnya.

"Ketentuan, jarak dosis 2 ke dosis 3, minimal 3 bulan. Jarak dosis 3 ke dosis 4, minimal 6 bulan (tanpa harus menunggu tiket di pedulilindungi terbut sudah bisa disuntikkan). Jarak vaksin dosis berapa pun dari sembuh Covid-19 minimal 1 bulan. Jarak vaksin dosis berapa pun dari merk vaksin lain minimal 14 hari," paparnya.

Tak hanya melayani vaksinasi booster, pihaknya akan melayani masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi dosis pertama dan kedua.

"Dapat melayani dosis 1 dan 2, usia 12 tahun ke atas. Dosis 3 dan 4, usia 18 tahun ke atas," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Terkait dengan vaksinasi terhadap anak, masyarakat diminta terlebih dahulu menghubungi Puskesmas Kecamatan yang melayani vaksinasi tersebut.

"Terkait vaksinasi anak dan Covid-19 atau penyakit menular wabah dan info lainnya, dapat menghubungi no. HP / wa center 44 puskesmas kecamatan berikut ini atau DM akun instagram masing-masing Puskesmas," ucapnya.

"Simak instagram @dinkesdki dan fasilitas kesehatan terdekat melalui daftar akun instagram Puskesmas, RSUD/RSKD, dan Suku Dinas Kesehatan berikut ini ya," pungkasnya. [ray]

Baca juga:
BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Vaksin Pfizer untuk Anak, Diberikan Tiga Dosis
Update Vaksinasi Covid-19 Dosis Ketiga per 23 Desember 2022: Sebanyak 68,2 Juta Orang
Ingin Liburan Natal dan Tahun Baru, Masyarakat Wajib Vaksin Booster

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini